GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 16 Menit 6 Detik 

Konversi Excel ke PDF Tanpa Software Anti Ribet

Belajar Data Science di Rumah 24-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/312e46dc520f734d399994230720ed84_x_Thumbnail800.png

Dengan menggunakan file excel urusan pengolahan data kita jadi terbantu dan lebih terorganisir. Melakukan konversi excel ke pdf dapat memudahkan kita dalam proses sharing atau pencetakan hasil pekerjaan kepada orang lain. Selain lebih mudah, juga lebih cepat, karena file PDF bisa dibuka di platform apa saja bahkan di gawai tanpa harus menginstall microsoft office terlebih dahulu. Mengkonversi file excel ke pdf memudahkan orang untuk membuka dan melihat file di berbagai platform bahkan jika mereka tidak memiliki microsoft excel, kamu dengan mudah mengonversi spreadsheet kamu ke pdf dengna menyimpan atau mengekspornya dalam aplikasi. Jika kamu tidak memiliki excel, kamu juga dapat menggunakan google sheets, alat di google drive, untuk membuat konversi secara gratis.


Pdf atau portable document format merupakan suatu format yang sering digunakan untuk mengirimkan dokumen melalui email dan platform lainnya. Alasan menggunakan format ini selain ukurannya relatif kecil. Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk mengkonversi excel ke pdf dengan mudah tanpa software dan anti ribet. Simak artikel dibawah ini, ya!


1. Mengubah Excel ke PDF Melalui Microsoft Excel

Kamu dapat mengubah format file dari dokumen Excel menjadi PDF dengan menggunakan software Microsoft Excel. Maka dari itu, untuk bisa mengubahnya kamu harus membuka terlebih dahulu dokumen excel yang akan kamu ubah formatnya menjadi format dokumen PDF. Dan berikut ini adalah beberapa langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan membuka dokumen Excel terlebih dahulu dan kemudian kamu harus klik menu FIle yang terletak di sudut kiri atas dari lembar kerja Excel.

  • Setelah itu, akan muncul berbagai menu pilihan dari menu FIle. Dan kamu hanya perlu klik menu Save & Send seperti gambar berikut ini. Pada menu Save & Send, kamu harus klik button Create PDF/XPS Document.

  • Kemudian kamu akan dibawa ke menu Create a PDF/XPS Document. Setelahnya kamu harus klik menu Create PDF/XPS.

  • Setelah itu kamu dapat menamai dokumen tersebut dengan nama sesuai dengan yang kamu inginkan dan kemudian klik tombol Publish.

  • Tunggu beberapa saat sampai dokumen tersebut di simpan menjadi format PDF dan kamu dapat mengeceknya seperti pada gambar dibawah ini.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Mengubah Excel ke PDF Secara Online

Jika kamu tidak menginstall software lainnya, alternatif paling mudah dan cepat adalah dengan melakukan konversi secara online melalui situs-situs gratis. Terdapat banyak situs yang menawarkan fitur konversi excel ke pdf ataupun sebaliknya. Adapun rekomendasi situs konversi excel ke pdf seperti, ilovepdf.com, smallpdf.com, dan pdfcandy.com. Untuk cara menggunakan dari contoh situs tersebut proses penggunaannya sama saja dan cukup mudah, yaitu kamu cukup menyiapkan file excel yang ingin dikonversi setelah itu kamu bisa drag and drop file tersebut ke kolom yang telah disediakan.


3. Mengubah Excel ke PDF dengan Google Spreadsheet

Adapun alternatif lain yang termasuk lebih mudah dan praktis, terutama bagi kamu yang tidak memiliki aplikasi microsoft excel di pc/laptop. Kamu bisa menggunakan google spreadsheet. Untuk menggunakannya sebagai berikut:

  • Langkah pertama, buka aplikasi Google Spreadsheets dan buat dokumen baru.

  • Klik menu File kemudian klik buka File (CTRL+O) atau klik menu Import.

  • Jika dokumen Excel yang akan dikonversi ke PDF tersimpan di PC/Laptop, maka pilih ‘Upload File’ lalu tunggu hingga proses upload selesai.

  • Setelah file terbuka, klik menu File lalu pilih menu cetak, atau bisa juga dengan mengklik ikon bergambar printer pada bar atau menggunakan shortcut CTRL+P.

  • Selanjutnya kamu akan menuju halaman setelah cetak. Pada halaman ini, kamu bisa mengatur sheets mana yang akan dikonversi ke dalam PDF, margin dan juga ukuran kertas.

  • Jika semua sudah sesuai dengan keinginan, klik tombol next lalu akan muncul jendela preview print.

  • Pada bagian destination, kamu bisa memilih opsi Save as PDF dan klik tombol save, maka file akan langsung didownload ke PC/Laptop. Atau kamu juga bisa menyimpan hasil PDF ke dalam akun Google Drive dengan memilih opsi Save as to Google Drive dan klik tombol Save.


4. Mengubah Excel ke PDF dengan Cloud Converter

Jangan khawatir karena masih ada alternatif terakhir, kamu bisa menggunakan langkah-langkah berikut: 

  • Buka browser dan ketikkan cloudconvert.com

  • Klik Select File

  • Klik Select Format -> pilih dokumen -> pilih format PDF

  • Klik Start Conversion untuk mulai konversi

  • Dokumen dapat langsung diunduh setelah selesai dikonversi

 

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Pelajari Rumus Vlookup Excel dan Lainnya Bersama DQLab! 

Selain itu juga di modul excel kamu juga dapat menikmati materi data cleaning menggunakan microsoft excel juga. Bersama DQLab kamu tidak perlu bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

 

 

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!