Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Kuasai Deretan Skill Ini & Siap Jadi Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 16-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9737ffddbbadb1e238aaf47189c8f379_x_Thumbnail800.jpeg

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin hari semakin canggih, membuat banyak sekali profesi yang berkaitan dengan teknologi salah satunya di bidang pengolahan data. Profesi ini ada beberapa jenisnya seperti Data Engineer, Data Scientist, dan juga Data Analyst.


Disini kita akan membahas tentang Data Engineer, karena masih banyak orang yang belum memahami dan mengerti dengan apa itu Data Engineer, tugas, tanggung jawabnya, dan juga macam-macam skill Data Engineer yang perlu diketahui.


Definisi dari Data Engineer adalah salah satu profesi yang bergerak dalam bidang data yang bertanggung jawab dalam infrastruktur data, mengumpulkan data, mengembangkan data dan juga memelihara data.


Nantinya Data Engineer akan bekerja sama dengan beberapa profesi lain seperti bekerja sama dengan Data Scientist dan Data Analyst. Untuk bisa memaksimalkan tugas dan juga tanggung jawabnya, seorang Data Engineer harus memiliki berbagai macam kemampuan yang perlu diketahui dan dikuasai.


Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang apa saja skill yang perlu diketahui Data Engineer!


1. SQL

Kemampuan untuk menulis dan memahami kueri SQL sangat penting bagi seorang Data Engineer. Hal ini karena sebagian besar data disimpan dalam database relasional, dan SQL adalah bahasa yang digunakan untuk berinteraksi dengan database tersebut.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Pemrograman

Data Engineer harus memiliki kemampuan pemrograman untuk membuat script untuk mengambil, membersihkan, dan mengelola data. Bahasa pemrograman yang paling sering digunakan oleh Data Engineer adalah Python, namun seorang Data Engineer juga harus menguasai salah satu bahasa pemrograman seperti Java atau Scala


3. Pengelolaan Infrastruktur

Seorang Data Engineer juga harus memahami pengelolaan infrastruktur yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi yang memproses data. Ini termasuk pengelolaan server, database, dan lingkungan pemrosesan data.


4. Pemrosesan Data Terdistribusi

Seorang Data Engineer harus menguasai teknologi pemrosesan data terdistribusi seperti Apache Spark atau Apache Hadoop. Ini membantu mereka memproses data dalam skala besar dan dengan cepat.


5. Pengetahuan tentang Algoritma Machine Learning

Seorang Data Engineer harus memahami konsep dasar algoritma Machine Learning dan mampu menerapkan algoritma ini untuk memproses data dan membuat model.


6. Keterampilan Berpikir Logis

Keterampilan berpikir logis sangat penting bagi seorang Data Engineer karena mereka harus mampu memecahkan masalah dan memahami konsep-konsep seperti arsitektur sistem, skema database, dan model data.


7. Kerjasama Tim

Data Engineer sering bekerja dengan tim Data Scientist, tim bisnis, dan tim teknologi. Oleh karena itu, keterampilan kerjasama tim sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang efektif dan produktif.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Kombinasi dari keterampilan di atas adalah dasar yang dibutuhkan oleh seorang Data Engineer untuk membangun, mengelola, dan memproses data dengan efektif. Namun, penting untuk diingat bahwa skillset seorang Data Engineer terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, sehingga selalu penting untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru dalam industri ini.


Yuk, pelajari lebih lanjut mengenai Data Science & Artificial Intelligence (AI) bersama DQLab menggunakan bahasa pemrograman populer, serta fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based yang ramah pemula! Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif! Tunggu apa lagi? sign up sekarang di DQLab.id.

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :