DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 17 Jam : 18 Menit : 53 Detik

Pahami 3 Hardskill Data Analyst untuk Langkah Awal Berkarir Sebagai Praktisi Data

Belajar Data Science di Rumah 18-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f33b2a669f2d59b1bb4e08f8396b11f2_x_Thumbnail800.jpg

Hardskill data analyst sangat menjadi penentu untuk keberlangsungan pekerjaan sebagai seorang praktisi data. Apalagi di era big data seperti ini, lonjakan terhadap kebutuhan peran sebagai praktisi data mengharuskan setiap orang yang menginginkannya memenuhi kebutuhan yang dipersyaratkan. Salah satunya menjadi praktisi data sebagai data analyst. Data Analyst adalah profesi yang berperan sebagai pemberi insight sesuai dengan kebutuhan bisnis sehingga mampu memenuhi goals perusahaan. 


Kemampuan analisis yang baik bagi seorang data analyst ternyata tidak cukup untuk menunjang profesi ini. Nah, untuk menunjang profesi ini maka dibutuhkan hardskill yang harus terpenuhi sehingga menunjang kamu berkarir di bidang data. Bersama DQLab, yuk pahami 3 hal yang merupakan hardskill data analyst. Namun, sebelum pembahasan lebih rinci yuk perhatikan mind mapping artikel berikut ini. 


Mind Mapping Artikel


1. Bahasa Pemrograman : R, Python, dan SQL Wajib Kamu Kuasai !

R sangat populer saat ini karena memiliki jumlah fitur yang sangat besar - mencapai puluhan ribu fitur. Mulai dari membaca file teks, membaca database, menghasilkan berbagai grafik, menghasilkan dashboard yang menarik, sampai ke penggunaan machine learning - semuanya tersedia di R. Selain itu, R bersifat gratis dan open source. Artinya, dengan R kita tidak perlu biaya lisensi macam-macam untuk menggunakannya secara bebas dan luas.


Python merupakan bahasa pemrograman yang termasuk ke dalam high level programming atau bahasa pemrograman tingkat tinggi. Python dapat digunakan pada banyak kondisi seperti digunakan untuk scripting, data science, big data, data mining bahkan hingga computer vision, machine learning, pemrograman android bahkan pada artificial intelligence. 


Tidak hanya itu, sebagai bahasa yang opensource python sangat cocok bagi pemula. Hal ini disebabkan karena python tidak membutuhkan biaya dalam penggunaannya. Bahasa yang dirancang dengan konsep mudah dibaca ini, memiliki dua jenis python yaitu python 2 dan python 3. Saat ini, python 3 sedang dalam proses developing atau perkembangan. 


SQL telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas dan memungkinkan berbagai aplikasi yang dibangun dapat "berkomunikasi" dengan baik ke database. SQL bahkan diterapkan di dunia Big Data, sehingga pengadopsian bahasa ini meningkat. Ini artinya jika kamu ingin berkarir di ranah data, SQL adalah syarat mutlak yang harus dikuasai.

 

Baca Juga : Yuk, Belajar Data Analyst dengan Tiga Bahasa Pemrograman Ini Bersama DQLab!

 

2. Statistika dan Matematika : Modelling Data Kamu Makin Bermakna

Tiga tahapan pemrosesan data yang senantiasa kita kenal, yaitu capture, clean, dan consume. Ternyata dari ketiga tahapan ini proses statistika dan matematika dibutuhkan pada tahapan consume dimana kita dapat mengimplementasikan banyak hal seperti misalnya menghitung overall performance dari revenue yang didapatkan hingga melakukan forecasting atau peramalan terhadap trafic penjualan masa depan yang dilakukan.

 

3. Visualisasi Data : Buat Data Lebih Menarik

Ternyata, visualisasi data merupakan satu dari ketiga hardskill yang harus dikuasai. Hal ini disebabkan karena dalam melakukan analisis data maka insight yang didapatkan bisa divisualisasikan dengan banyak diagram yang sesuai. Misalnya untuk menggambarkan suatu tren maka grafik line bisa menjadi pilihan yang tepat atau menggambarkan proporsi terhadap suatu nilai kamu bisa menggunakan diagram doughnut. Sehingga data yang kamu miliki beserta insight yang kamu miliki bisa dibaca dengan sangat menarik. 


Baca Juga : Yuk, Belajar Data Analyst dengan Tiga Bahasa Pemrograman Ini Bersama DQLab!


4. Dapatkan ketiga komponen hardskill tersebut bersama DQLab, Sekarang !!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 


Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.


Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.


Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab


Penulis : Tantut Wahyu

Editor : Annissa Widya 




Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!