SAVETEMBER HEMAT MAKSIMAL! DISC. 95%
Belajar Data 6 Bulan HANYA Rp. 149K!
0 Hari 1 Jam 22 Menit 49 Detik

Kuasai Roadmap Data Engineer, Pemula Yuk Pelajari!

Belajar Data Science di Rumah 28-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-04-2023-08-30-144418_x_Thumbnail800.jpg

Data engineer adalah profesi praktisi data yang saat ini sangatlah dibutuhkan oleh banyak perusahaan, karena profesi ini memiliki tanggung jawab yang cukup besar dalam memproses pengolahan data dalam suatu perusahan. Salah satu tugasnya adalah membangun infrastruktur data yang akan diakses oleh tim lain dan juga pihak lain dari perusahaan. Inilah alasan mengapa data engineer memerlukan skill khusus yang berbeda dibandingkan dengan profesi data lainnya. 


Untuk menjadi seorang data engineer yang hebat, tentunya diperlukan roadmap agar mempermudah untuk mempelajari hal-hal penting apa saja yang dibutuhkan. Dengan adanya roadmap ini akan membantu seorang calon data engineer untuk mengetahui skill apa saja yang harus dikuasai. Akan membingungkan jika calon data engineer tidak memulai dari dasar yang kuat dan langsung mempelajari skill tingkat menengah. Lalu bagaimana sih cara belajar dengan roadmap ini? DQLab sudah merangkum roadmap apa saja yang akan membantu calon data engineer menjadi seorang data engineer yang hebat, simak pembahasannya dibawah ini ya!


1. Menguasai Skill dan Tools yang Diperlukan

Hal pertama adalah dengan menguasai skill dan juga tools yang digunakan data engineer dalam mengolah data. Kalian sebagai calon data engineer perlu menguasai ilmu komputer paling dasar seperti matematika, statistika, bagaimana struktur data dan algoritma di dalamnya, dan sebagainya. Jika kalian memiliki latar belakang pendidikan yang relevan dengan data, mungkin kalian sudah menguasai hal-hal tersebut. Selain itu tools yang digunakan pun harus kalian kuasai juga seperti bahasa pemrograman, sistem Database seperti SQL, data pipeline monitoring, visualisasi data, machine learning, dan sebagainya. 


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Mengasah Soft Skills

Setelah kalian menguasai hard skill yang diperlukan, kalian tidak boleh lupa untuk mengasah soft skill kalian juga. Karena banyak sekali perusahaan yang mewajibkan soft skill sebagai kriteria utama untuk para kandidatnya sebelum tes skil teknis. Kemampuan yang diperlukan yaitu seperti bekerjasama dan juga kolaborasi dengan praktisi data lainnya, jujur dan tanggung jawab, memiliki skill komunikasi yang baik, dan juga memiliki kemampuan untuk berpikir secara kritis. Kriteria tersebut penting karena mengingat profesi data engineer ini adalah bukan kerja secara individu melainkan secara tim. Karena kalian akan berkolaborasi dengan praktisi data yang lainnya seperti data analyst dan juga data scientist. 


3. Membangun Portofolio

Salah satu faktor pendukung kalian untuk menjadi seorang data engineer yang hebat adalah dengan membangun portofolio kalian sendiri. Karena bagi seorang data engineer, portofolio memiliki tujuan untuk menunjukkan bahwa kalian memiliki skill dan juga pengetahuan yang relevan terkait dengan data. Biasanya portofolio data engineer ini berupa simulasi proyek pekerjaan yang menjadi sebuah bukti nyata penerapan skill kalian terkait end-to-end data process. Ada banyak sekali ide project portofolio yang bisa kalian bangun seperti data cleaning, data modeling, dan juga visualisasi data. 


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Pemahaman akan Cloud Computing

Cloud computing ini adalah sebuah wadah penyimpanan data dan juga tempat pemrosesan data yang menggunakan infrastruktur jaringan internet. Cloud computing ini dapat memungkinkan data engineer untuk menyimpan data dan juga memproses data dalam jumlah yang besar dengan lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan menggunakan sistem lokal. Cloud computing juga sudah dipakai oleh banyak perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan juga storage dengan kapasitas yang lebih besar tanpa harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk membeli hardware, software, dan juga pemeliharaan sistem. Cloud computing ini berbeda dengan server konvensional yang memaksa perusahaan untuk mengeluarkan sejumlah besar dana untuk membeli server sendiri, router, dan juga mempekerjakan SDM untuk memelihara infrastruktur data ini.


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :