MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 2 Jam 51 Menit 28 Detik 

Kuasai Rumus Excel untuk Mulai Karir Sebagai Praktisi Data

Belajar Data Science di Rumah 06-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/455270fb83055de430bd5eda7027f166_x_Thumbnail800.png

Sebagai software yang mungkin sudah tidak asing lagi di dunia kerja, Excel menjadi salah satu aplikasi yang bisa membantu berbagai kebutuhanmu dalam mengolah data. Banyak dari praktisi data yang telah memulai karirnya terlebih dahulu mengungkapkan bahwa software satu ini merupakan hal yang mutlak atau wajib dikuasai. Beberapa fungsi Excel yang sering dimanfaatkan oleh para praktisi data adalah membantu dalam mengolah, menganalisis, meringkas data, melakukan perhitungan seperti aritmatika ataupun matematika, membuat catatan keuangan dan anggaran serta banyak manfaat lainnya.


Bagi kamu yang tertarik untuk memulai karir sebagai praktisi data, sangat perlu untuk mempelajari Excel dan mengetahui rumus dasar yang sering digunakan dalam dunia kerja. Tenang aja sahabat data, DQLab sudah merangkum informasi seputar rumus dasar Excel yang pastinya bisa membantumu. Yuk, langsung simak dan pahami penjelasan dibawah ini!


1. Fungsi Penggunaan Rumus Pada Excel

Penggunaan rumus pada Excel tentu akan mempermudah pekerjaan sahabat data. Proses pengolahan data akan lebih mudah, cepat dan praktis jika kamu menggunakan serta menguasai rumus Excel. Rumus-rumus di Excel sangatlah beragam, sesuai dengan kebutuhan yang kamu perlukan dalam mengolah data. Ada rumus untuk menjumlahkan, menghitung rata-rata, mencari nilai terkecil, menampilkan data dan sebagainya. Jadi, rumus Excel sangat penting serta memiliki banyak fungsi. Pastikan untuk memahaminya ya sahabat data!


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Formula dan Kegunaan Rumus Dasar SUM, Average, Max, Min, Count

SUM, Average, Max, Min dan Count merupakan lima rumus paling dasar di Excel yang wajib untuk kamu kuasai sebagai pemula. Rumus-rumus tersebut tersedia pada tombol perintah Autosum tab formula bagian Ribbon Excel. SUM merupakan rumus untuk mencari penjumlahan, Average adalah rumus untuk mencari atau menghitung rata-rata, Max adalah rumus untuk mencari nilai tertinggi atau angka maksimum, kemudian Min merupakan rumus yang fungsinya kebalikan dari Max dan yang terakhir Count sebagai rumus yang berfungsi untuk menghitung banyaknya sel pada range. Berikut adalah formula yang digunakan pada kelima rumus tesebut :


  • SUM : =SUM(sel awal:sel akhir)

  • Average : =AVERAGE(sel awal:sel Akhir)

  • Max : =MAX(sel awal:sel Akhir)

  • Min : =MIN(sel awal:sel akhir)

  • Count : =COUNT(sel awal:sel akhir)


Yuk, mulai aplikasikan dan ingat rumus-rumus diatas sahabat data!


3. Rumus Vlookup, Hlookup dan Logical IF

Vlookup merupakan salah satu rumus yang digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel. Data tersebut disusun dalam format vertikal. Huruf V pada kata Vlookup menandakan kata Vertikal. Penggunaan Vlookup dapat dilakukan dengan Rentang tempat nilai pencarian berada. Perlu diingat bahwa nilai yang ingin sahabat data cari nantinya harus selalu berada di kolom pertama dalam rentang agar VLOOKUP berfungsi dengan benar. Sebagai contoh, jika nilai pencarian berada dalam sel D2, rentang Anda harus dimulai dengan D. sedangkan Hlookup, digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel dalam susunan dengan format horizontal. Awalan H pada kata Hlookup menandakan kata horizontal. Berikut adalah formula yang digunakan pada rumus Vlookup dan Hlookup :


  • Vlookup :  =VLOOKUP(Nilai atau data data yang ingin Anda temukan; rentang cell yang ingin ditemukan nilainya; nomor kolom yang akan mengembalikan nilai yang cocok;FALSE/TRUE)

  • Hlookup :  =HLOOKUP(lookup_value, tabel_array, row_index_num, [range_lookup])



4. Berani Mencoba dan Jangan Takut Gagal!

Sahabat data yang baru akan mulai untuk mempelajari Excel tidak perlu takut ataupun merasa tertinggal dari mereka yang sudah memperoleh bekal Excel sebelumnya. Kunci untuk belajar segala hal yang baru adalah berani mencoba dan jangan pernah takut untuk gagal. Proses setiap orang tentu berbeda, termasuk dalam belajar. Excel sebagai software dasar dalam mengolah data tentu akan membantu berbagai aktivitasmu sebagai praktisi data nantinya. Beranilah mencoba untuk mengaplikasikan rumus-rumus dasar Excel terlebih dahulu pada data-data atau studi kasus sederhana. Pastikan untuk melakukan review pada apa yang telah kamu pelajari dan perlahan tapi pasti, kamu bisa mengingat rumus-rumus tanpa bantuan textbook. Semangat belajar sahabat data!


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Persiapkan Karir Menjadi Praktisi Data Dengan Menguasai Excel!

Sebagai salah satu software yang sangat penting dan dibutuhkan dalam mengolah data. Penting banget untuk sahabat data yang ingin memulai karir menjadi sahabat data untuk mempelajari dan menguasai software satu ini!


Sahabat data bisa belajar bersama DQLab dan akses Mini Quiz tentang basic Excel secara GRATIS. Caranya tinggal sign up aja di DQLab.id. Yuk, berani mencoba dan persiapkan karirmu segera sahabat data!

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!