PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 8 Jam 7 Menit 37 Detik

Kupas Tuntas Fakta Menarik Azure Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 10-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2522ee72ad849e52790102071cd9822e_x_Thumbnail800.jpeg

Azure Machine Learning merupakan environment yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi Machine Learning. Dengan menggunakan Azure Machine Learning kita dapat bereksperimen dengan banyak data dan memilih spek komputasi untuk membangun model Machine Learning.


Secara khusus, Azure Machine Learning ini sudah didukung untuk framework Artificial Intelligence seperti Facebook PyTorch, Google TensorFlow, dan scikit-learn, sebagai pendukung pengubah hyperparameter otomatis.


Azure Machine Learning merupakan layanan yang diberikan di dalam Microsoft Azure Cloud Computing yang berguna untuk memprediksi hasil dari sekumpulan data dan menganalisis keseluruhan data guna memberikan kesimpulan.


Oleh karena itu, memilih Azure Machine Learning sebagai layangan cloud computing merupakan pilihan yang tepat. Mengapa?


Nah, berikut ini beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui ketika menggunakan Azure Machine Learning. Yuk, kita simak!

 

1. Platform Azure Machine Learning

Microsoft Azure Machine Learning merupakan salah satu layanan yang diberikan di dalam Microsoft Azure Cloud Computing yang berguna dalam mengolah dan menganalisis data dalam kuantitas yang besar melalui jaringan global.


Selain itu, layanan ini juga dapat memberikan kesimpulan dengan menggunakan berbagai algoritma untuk memprediksi hasil dari sekumpulan data yang ada.


Azure Machine Learning berfungsi untuk membantu mengolah data dengan berbagai transformasi data dan berbagai fungsi statistik yang terdapat dalam algoritma Machine Learning.


Contoh penggunaannya dapat dilihat pada sebuah supermarket yang memiliki beberapa cabang di beberapa kota dan negara dan menyimpan data konsumen yang sangat banyak.


Transaksi meliputi pembelian barang dan jumlah barang serta total harga tersimpan dalam data mereka. Data ini akan berguna setelah dilakukan analisa untuk keperluan tertentu, misalnya melakukan prediksi.

 

Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!

 

2. Solusi Untuk Membuat Keputusan

Microsoft Azure adalah solusi yang menawarkan kamu untuk mengambil keputusan terbaik karena telah dipercaya oleh lebih dari 66% dari Fortune 500 Companies.


Selain itu, Microsoft Azure memiliki fitur Analytics Services yang di dalamnya termasuk Machine Learning, Cortana Analytics, dan Stream Analytics. Fitur tersebut disebut pula Business Intelligence, yang bisa membuat kamu untuk mengambil keputusan yang lebih cerdas, meningkatkan customer service, dan lain sebagainya.


Microsoft Azure selain dapat diandalkan, juga memungkinkan untuk migrasi data secara step-by-step, menampilkan opsi enkripsi, serta terintegrasi dengan Microsoft Stack. Dengan kemungkinan tanpa batas, Microsoft Azure jelas merupakan solusi untuk manajemen infrastruktur IT yang lebih sederhana.


3. Microsoft Azure Menerapkan Sistem Keamanan yang Terpercaya

Tidak perlu khawatir soal proteksi dan privasi atau takut akan kehilangan data dalam jumlah besar. Microsoft Azure memiliki standar cyber security yang baik dengan sertifikasi ISO 27018. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir akan keamanan datamu.


Data center yang dimiliki oleh Microsoft sudah melewati berbagai uji coba, dan telah terbukti dalam memberikan keamanan data yang terpercaya.  Microsoft Azure berjalan menggunakan data center Microsoft yang disebut Worldwide Network of Microsoft Managed Datacenters, yang tersebar di 22 wilayah.


Ketatnya kontrol keamanan dan SLA (Service Level Agreement) 99.95%, atau setara dengan downtime maksimum 22 menit dalam sebulan, memastikan kemampuan Microsoft Azure dalam memberikan layanan infrastruktur IT berbasis cloud yang optimal untuk berbagai industri.

 

4. Microsoft Azure Membutuhkan Keahlian dalam Bidang Platform

Berbeda dengan server local, Microsoft Azure membutuhkan user dengan keahlian dalam mengoperasikannya. Sehingga semua bagian yang diperlukan dapat bekerja secara fungsional. 


Penyediaan layanan cloud yang berlebihan merupakan salah satu kesalahan umum yang dilakukan oleh administrator bisnis. Kesalahan sederhana bahkan tidak mudah diidentifikasi di cloud, sehingga menelan biaya ribuan dolar per tahun untuk bisnis. 


Dengan sistem server dengan kemungkinan yang tinggi, kamu mendapatkan jaminan uptime 99,95% dengan perjanjian hukum. Ini artinya, dalam real time kamu bisa mendapatkan sekitar 4,5 jam waktu henti sepanjang tahun.


Layanan yang serupa dapat memberikan ketersediaan maksimum 98% dalam kisaran biaya yang sama.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Ternyata Microsoft Azure memiliki manfaat yang sangat membantu mengefisienkan proses analisis data yang menggunakan Machine Learning.


Nah, sebelum mahir menggunakan Microsoft Azure, tentu saja Sahabat DQ perlu memahami Machine Learning terlebih dahulu. Sehingga nantinya lebih mudah dalam mengaplikasikannya menggunakan Microsoft Azure.


Mempelajari Machine Learning akan lebih matang jika dilengkapi dengan metode pembelajaran yang tepat.


Nah, DQLab adalah solusi bagi kalian yang ingin belajar secara dasar sampai penerapan Machine Learning di beragam studi kasus. DQLab juga dilengkapi dengan Live Code Editor sehingga praktis tanpa harus install aplikasi lagi untuk praktik menuliskan code.


Yuk, segera daftar dengan Sign Up. Siapkan diri untuk mahir mengaplikasikan Machine Learning bersama DQLab!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login