MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 56 Menit : 32 Detik

Kurikulum Kursus Data Analyst yang Wajib Diketahui

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1f085e3acd348a55533a5d6fd6b8b4ce_x_Thumbnail800.jpg

Di tahun 2020 profesi Data Analyst merupakan profesi paling favorit di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia profesi ini pun sedang berkembang pesat. Yang mana tugas dari seorang Data Analyst adalah mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data. Kemudian hasilnya akan disampaikan pada pihak terkait sebagai suatu pendukung keputusan. Akan tetapi, untuk menjadi seorang Data Analyst itu tidak mudah dan cepat. Dengan adanya kursus Data Analyst, dapat membantu kamu untuk mengasah sekaligus meningkatkan keahlian kamu terkait Data Analyst.


Selain softskill, hardskill juga sangat penting untuk menjadi seorang Data Analyst. Secara garis besar apa saja keahlian yang akan dipelajari ketika kamu mengikuti kursus Data Analyst ? Bersama DQLab, kamu berkesempatan untuk mempelajari mengenai keahlian penting yang wajib diketahui. Untuk itu simak terus artikel ini sampai selesai !


1. Pemahaman Metode Statistik

Statistik merupakan dasar Data Analyst, dengan statistik dapat membantu kita untuk melihat data secara ilmiah dan dapat membantu mendapatkan “fakta” dibalik data secara bertahap. Kunci mempelajari statistik adalah dengan menerapkan pembelajaran terstruktur. Jika Machine Learning lebih menekankan kepada kemampuan prediktif dan pengaplikasian algoritma, maka statistik lebih menekankan kepada tingkat pemahamannya. Jadi, kamu perlu memahami fundamental dibalik data.


Baca juga : Data Science: Belajar Analisa Data


2. Pemahaman Penggunaan Bahasa Pemrograman 

Memahami bahasa pemrograman dengan baik akan sangat bermanfaat bagi seorang Data Analyst karena dapat membuat pekerjaan kamu menjadi fleksibel. Sedangkan untuk pemilihan bahasa pemrograman yang cocok digunkaan itu tergantung situasi. Jika kamu ingin melakukan proses eksplorasi untuk hampir semua jenis data pilihlah bahasa pemrograman R karena memiliki banyak jenis packages, test, dan tools yang mudah diatur serta bahasa R memiliki IDE yaitu RStudio sehingga memudahkan dalam proses compile. 


Tetapi, jika kamu ingin mendeploy analisis data kamu ke sebuah web statis Python merupakan pilihan terbaik karena lebih fleksibel. Tidak seperti R, Python tidak memiliki IDE yang jelas, karena dapat digunakan di beberapa environment seperti Spyder, Jupyter, dan IPython Notebook. Kemudian jika kamu mendeploy hasil analisis data ke web statis kamu perlu menghubungkannya dengan database maka dari itu bahasa SQL juga diperlukan.


3. Pemahaman Melakukan Visualisasi Data yang Komuikatif

Visualisasi data merupakan cara untuk merepresentasikan data untuk membantu pihak terkait memahami fakta dan informasi dibalik suatu data. Dengan visualisasi data yang menarik dan komunikatif memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi pola suatu data. Selain itu secara psikologis manusia jauh lebih mudah untuk memahami gambar atau grafik dari pada tulisan atau angka. Sehingga dalam penyajian visualisasi data akan lebih mudah melihat tren yang muncul.


Lalu bagaimana caranya agar dapat melakukan visualisasi data ? kamu bisa memulainya dari yang paling dasar seperti menggunakan Excel. Atau kamu bisa menggunakan software profesional seperti Tableau, Power BI dan D3.js yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Kamu bahkan bisa menggunakan Python untuk melakukan visualisasi data, karena Python sudah menyediakan library yang dapat digunakan untuk visualisasi data seperti matplotlib.


Baca juga : Ingin Menjadi Data Analyst? Yuk, Simak 3 Tipsnya dari Senior Praktisi Data Langsung


4. Yuk, Belajar Data Science Gratis Sekarang 

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Akses module Introduction to Data Science

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!