PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 35 Menit 10 Detik 

Kursus Belajar Bahasa R Selama PPKM? Mulai Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 18-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6ab8af54c16b658b3f8eef9cb3166136_x_Thumbnail800.jpg

R adalah bahasa sekaligus software untuk komputasi serta grafik statistik. Ini merupakan proyek GNU yang mirip dengan bahasa dan environment yang dikembangkan oleh bell laboratories. R dianggap sebagai implementasi S yang memiliki beberapa perbedaan penting, tetapi tidak banyak kode yang ditulis. Karena R menyediakan berbagai macam model statistik(pemodelan linear, non linear, tes statistik klasik, analisis time series, klasifikasi, juga klasterisasi. Tak heran jika banyak orang yang ingin kursus belajar bahasa R. Selain itu, berbeda dengan python ketika kita mengunduh R maka secara otomatis akan mengunduh aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi kamu seperti Windows, Linux dan Mac OS.


Sebagai bahasa pemrograman sekaligus softwarenya, R bahasa yang cukup powerful untuk berbagai fungsi seperti manipulasi data, pemodelan statistik dan grafik. Untuk belajar bahasa R kamu bisa belajar secara otodidak, ataupun mengikuti kursus belajar bahasa R. Saat ini sudah banyak lembaga kursus baik online ataupun offline yang menyediakan kursus data science yang menggunakan bahasa R selain python. Salah satu rekomendasi lembaga kursus data science adalah DQLab. Artikel ini akan membahas modul R apa saja yang akan kita pelajari bersama DQLab.


1. R Fundamental for Data Science

Modul ini merupakan kelas pembuka yang ada di DQLab dari rangkaian topik pengolahan data menggunakan bahasa pemrograman R. Pada modul ini kamu akan mempelajari mengenai apa dan kenapa R digunakan oleh para data scientist dan dicari oleh perusahaan besar di dunia, menguasai dasar bahasa R seperti penggunaan sintaks dan rumus, belajar tentang bagaimana pengimplementasian tipe data, function, variable, vektor, list, cara akses data frame berdasarkan konsep dasar R, bagaimana cara mengimport dan mengeksport file excel, package untuk menampilkan grafik di R. Jadi, bagi kamu yang masih pemula dan belum memiliki pengalaman menggunakan bahasa pemrograman R jangan khawatir karena DQLab akan memberikan materi-materi yang paling dasar hingga advanced.


Baca Juga: Kursus Belajar Data dengan Bahasa R Untuk Pemula


2. Data Preparation with R

Pada modul ini kamu akan mempelajari tentang proses pembersihan dan transformasi data mentah sebelum pemrosesan dan analisis data menggunakan bahasa R. Ini merupakan langkah yang penting sebelum melakukan proses analisis data, dan menggabungkan dataset untuk memperkaya data kita. Dalam data preparation kamu akan mempelajari tentang apa dan kenapa missing value. Pelajari mengenai representasi missing value ini dalam bentuk NA, NaN, NULL dengan variasi dan perilakunya. Dan bagaimana cara mengelola missing value di R. Selain itu, pada modul ini kamu akan belajar tentang factor yaitu suatu variabel yang intensif digunakan di R. Setelah menguasai penanganan data dengan Factor dan missing values. Saatnya kita langsung membaca data asli untuk diolah. Untuk pembacaan data pada course ini, DQLab membagi ke dalam dua bab. Bab ini dikhususkan untuk membaca data dari file teks dan Excel, pengolahan data hasil pembacaan file seperti pemisahan, penggabungan kolom, dan normalisasi - sehingga lebih siap digunakan untuk tahap analisa


3. Data Visualization with R

Modul ini akan memperkenalkan tentang package ggplot2 untuk menghasilkan data visualisasi dengan menggunakan bahasa R. Mulai dari membuat canvas untuk membangun plot dengan ggplot2, menampilkan plot hasil mapping yang aesthetic tersebut, memetakan x, y dan color dengan menggunakan fungsi aes. Setelah itu membuat layer pada grafik serta menambahkan judul dan label pada grafik. Penggunaan aesthetic fill, visualisasi tren dengan line chart dengan menggunakan pengelompokan data (grouping), memperbaiki urutan bulan dengan factoring, kemudian plotting ulang dengan hasil factoring tersebut.


4. Real Case untuk Membangun Portfolio

Setelah kamu mempelajari materi-materi dasar di kelas persiapan dan kelas fundamental, kamu bisa memulai kelas penerapan industri dan mencoba project-project real case yang menarik dan menantang. Jika Kelas R, Python dan SQL yang lengkap dapat membantu kamu untuk memahami semua materi dasar hingga advance dengan mengakses kelas penerapan industri yang terdiri dari modul-modul yang bisa kamu tambahkan sebagai portfolio data kamu. Di kelas ini kamu akan mendapatkan beberapa contoh kasus nyata seperti Analisis Data COVID19 di Indonesia, Data Science in Retail: Market Basket Data Analysis, Customer Segmentation with Python, Customer Churn Prediction using Machine Learning, Business Decision Research dan project menarik lainnya yang bisa memperkaya dan membuat portfolio data kamu lebih outstanding. 


Baca Juga: Belajar Data Science: Bahasa Pemrograman R Cocok untuk Pemula


5. Kursus Belajar Bahasa R Selama PPKM Lebih Terstruktur Bersama DQLab!

Sekarang apa kamu salah satu orang yang ingin berkarir sebagai seorang Data Scientist ? Tapi kamu bukan dari background ilmu komputer dan statistik? Bingung harus mulai belajar dari mana ? Sudah coba belajar otodidak, malah overdosis informasi?Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 

Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 




Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!