DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 17 Jam : 4 Menit : 31 Detik

Kursus Belajar Data dengan Bahasa R Untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 10-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5d46403f2d31354670c401f8f725709e_x_Thumbnail800.jpg

R merupakan bahasa pemrograman yang di desain untuk pengolahan data statistik. Dahulu R biasa digunakan oleh kalangan akademis tapi, kini R juga sering digunakan oleh kalangan pebisnis. Sebenarnya, bahasa R mirip-mirip dengan bahasa S atau yang biasa dikenal software SPSS. Tapi, bahasa R merupakan versi gratis dari bahasa S dan software berbayar yang sejenis. Ketika kamu memutuskan untuk kursus belajar data, bahasa R pasti akan menjadi list wajib yang akan kamu pelajari nantinya. Mengapa? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa bahasa R merupakan bahasa yang memang didesain untuk keperluan pengolahan data statistik serta pemvisualisasian data dengan grafik-grafik yang menarik jadi, akan sangat penting mempelajari R.


Untuk itu, R juga disukai oleh para data scientist karena sangat baik dan mudah digunakan khususnya untuk memvisualisasikan data. Hal ini dikarenakan R memiliki banyak package yang mendukung untuk memvisualisasikan data seperti package yang sering digunakan yaitu ggplot2,lattice, dan rCharts. Memang sudah terbukti, ketika kita memutuskan untuk mengikuti kursus data science kita pasti akan sering bertemu dengan R. Berikut ini adalah tips kursus belajar data dengan bahasa R untuk pemula. Yuk, simak artikel ini sampai habis!


1. Mengenal Bahasa R

R adalah salah satu bahasa pemrograman open source yang digunakan dalam komputasi statistik. R merupakan akronim dari nama depan kedua developernya yang pertama kali diperkenalkan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman di University of Auckland New Zealand. Saat ini, bisa dibilang R tools terbaik untuk membuat grafik dan visualisasi yang indah, fungsi kompleks mudah digunakan karena semua jenis pemodelan dan pengujian statistik tersedia, R dibuat untuk kepentingan analisis data  sehingga memiliki banyak fungsi yang dapat membantu tugas dan pekerjaan, memiliki sebuah IDE (RStudio) yang mendukung proses debugging. Selain itu R memiliki ekosistem yang baik sehingga memudahkan user untuk menemukan packages dalam github. Karena di dunia ini tidak ada yang sempurna maka, terlepas dari keunggulannya R juga memiliki kekurangan yaitu  kecepatan R dianggap lambat, dan tidak memiliki kemampuan untuk menganalisa multivariabel.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Package yang Ada di Bahasa R

Sebagian besar fungsi dan kemampuan R diperoleh melalui package/library. Package sendiri memiliki arti yaitu sekumpulan fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan analisis tertentu. Saat ini R sudah menyediakan sekitar 17.498 package yang bisa kita unduh. Beberapa contoh package antara lain dplyr yang digunakan untuk untuk menyelesaikan tantangan terhadap manipulasi data dari tingkat pemula hingga ahli, modelr yang merupakan merupakan package komponen tidyverse dengan sejumlah besar fungsi pembantu untuk membantu kita dalam membangun pemodelan. modelr menawarkan fungsi untuk pengambilan sampel data, menghasilkan model, mengevaluasi model menggunakan metrik kualitas, serta berinteraksi dengan model menggunakan data baru yang tidak diketahui kelasnya. Sementara package ggplot2 terbilang konsisten menggunakan grammar of graphics, sangat fleksibel, terbilang lengkap untuk sebuah package visualisasi jika dibandingkan matplotlib, memiliki banyak fanbase dan komunitas, serta perkembangannya sangat cepat.


3. Kelebihan Bahasa R

Kelebihan dari R selain bersifat open source alias gratis adalah Pemrograman ini juga cukup lengkap dan juga mempunyai banyak tools statistik langsung terintegrasi dengan analisis data. Selain itu bersifat multiplatform dimana software R lebih kompatibel dibanding software statistik lainnya sehingga mudah dalam penyesuaian apabila user harus berpindah sistem operasi karena R bagus pada sistem operasi seperti windows akan sama pengoprasiannya dengan yang ada di Linux dan package-packagenya juga sama. R juga berbasis analisis matriks sehingga sangat baik jika digunakan untuk pemrograman berbasis matriks.Fasilitas grafik di R juga lengkap. R juga bisa digunakan untuk analisis statistik dengan pendekatan klasik maupun modern.


4. Perhatikan Hal Berikut Saat Belajar R

Hal yang perlu diperhatikan dan wajib diketahui mengenai R adalah sifatnya yang multiplatform. Selain itu R memiliki banyak komunitas yang besar, jadi ketika kita mengalami kesulitan saat belajar R kita bisa bergabung pada komunitas-komunitas yang ada di internet. R yang merupakan sebuah bahasa pemrograman, akan memerlukan banyak waktu membiasakan diri dengan sintaks yang ada. Untuk beberapa orang akan menganggap sebuah hal yang menakutkan. Akan tetapi meskipun demikian, kita juga tidak usah khawatir. Sebab saat pemrograman ini kita juga bisa menggunakan GUI dengan basis sistem menu dan akan sangat membantu kita.


Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


5. Yuk, Kursus Belajar Data dengan Bahasa R Bersama DQLab Sekarang!

Bersama DQLab kamu tidak perlu bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!