MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 6 Jam : 46 Menit : 46 Detik

Kursus Belajar Data: Peran Big Data Pada Industri Masa Kini

Belajar Data Science di Rumah 07-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/073a3442536a6254151d424b4b5b1829_x_Thumbnail800.jpg

Mengenal kata Big Data, akhir-akhir ini kita pasti sering mendengar kata ini dimana-mana, ketika kamu mengikuti kursus Data Science, pasti juga sering mendengar kata Big Data. Namun, pernahkah muncul pertanyaan seperti, bagaimana bisa dalam social mediamu muncul iklan tentang barang yang sering kita cari? Bagaimana mungkin akun social mediamu bisa merekomendasikan website atau bahkan profile user lain untuk dikunjungi? Semua itu adalah contoh penerapan dari Big Data termasuk saat kursus Data Science.

Jika kamu adalah pemula dalam kursus Data Science, tenang saja karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajarinya. Karena pada dasarnya ilmu Data Science tidak hanya terbatas di background pendidikan tertentu, mengingat pada era digital transformation saat ini, ilmu ini dapat digunakan di semua lini bisnis. Dengan membayangkan kata Big Data pasti akan terbayang data dalam ukuran yang besar. Tapi apakah Big Data hanya sebatas data yang besar saja? Apa manfaatnya bagi kehidupan kita khususnya dalam industri di masa kini? Yuk kita simak artikel berikut ini!

 

1. Apa itu Big Data?

Arti Big Data merupakan kumpulan data yang memiliki karakteristik tertentu dalam jumlah yang besar (volume), beragam (variety) dan sangat cepat (velocity) terbentuk, hingga sistem komputer dan perangkat lunak konvensional tidak mampu mengolah data tersebut. Besarnya jumlah data ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah bisnis yang sebelumnya tidak bisa ditangani.

Namun darimana data ini berasal? Setiap hari kita menciptakan banyak data, data ini bisa berasal dari benda-benda di sekitar kita yang dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet, kita mengunggah video, foto, email dan text melalui internet setiap hari, kita menyimpan dan mengolah hidup kita secara online dalam bentuk data. Sehingga data tersebut terus bertambah dan membentuk suatu Big Data.


 Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Cara kerja Big Data

Menyambung dari penjelasan sebelumnya, data-data tersebut dikonversi menjadi informasi yang dapat membantu pengguna untuk mendapatkan banyak insight untuk membuat keputusan strategis di suatu instansi. Langkah pertama adalah mengumpulkan data dan membuat format yang seragam agar bisa dianalisa pada tahap selanjutnya, me-manage data dengan benar dan melakukan analisis dengan membuat pemodelan data menggunakan machine learning dan artificial intelligence sehingga analisis dapat dilakukan dengan tepat agar mendapatkan banyak insight yang dapat dimanfaatkan.

 

3. Peran Big Data pada Industri di Masa Kini

Apakah Big Data itu penting? Apa manfaatnya bagi kehidupan kita khususnya dalam industri di masa kini? Pentingnya Big Data tidak hanya berkisar pada seberapa banyak data yang dimiliki, tetapi apa yang akan kita lakukan dengan data tersebut dan bagaimana kita akan mengolah data tersebut. Data dapat diambil dari sumber apa pun dan menganalisisnya untuk dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang di industri seperti dalam hal pengurangan biaya dan waktu, pengembangan produk baru, dan menganalisis perilaku konsumen, alokasi sumber daya produksi secara optimal, cyber security, serta dalam hal pengambilan keputusan yang lebih baik.

Oleh karena itu, peranan data science sangat penting dalam penerapan ilmu Big Data saat ini. Dimana berbagai jenis data yang terstruktur maupun tidak terstruktur dapat dianalisis dengan baik sehingga menghasilkan data yang akurat dan data tersebut dapat disimpan dan diatur dengan cara yang sistematis.


Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!

 

4. Mulai Terapkan ilmunya dengan belajar data bersama DQLab!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri masa kini! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!