PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 44 Menit 16 Detik 

Kursus Data Analyst, Kenali 4 Hal Krusial yang Perlu Dikuasai

Belajar Data Science di Rumah 14-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/343ee29264b1b37ae2f3666361828668_x_Thumbnail800.jpg

Data Analyst menjadi salah satu pekerjaan yang lahir karena adanya perkembangan teknologi big data. Data yang sangat banyak ini dapat membantu memberikan gambaran yang lebih luas terhadap permasalahan yang sedang ingin dipecahkan sehingga insight yang bisa dihasilkan juga akan semakin beragam. Namun sayangnya data dalam jumlah besar ini tidak akan berarti apa-apa jika tidak bisa diolah dengan cara yang tepat oleh orang yang tepat. Salah satu posisi praktisi data yang dituntut bisa mengolah data ini adalah Data Analyst.

Untuk menjadi seorang Data Analyst sebenarnya susah-susah-gampang loh. Bagi kamu yang sebelumnya sudah memiliki background pendidikan yang berhubungan dengan Data Analyst seperti Statistika, Matematika, Ekonomi, Informatika, dll, maka proses pembelajaran Data Analytic tidak akan begitu sulit. Tapi bisa gak sih orang-orang yang tidak memiliki background tersebut menjadi Data Analyst? Oh, tentu saja bisa, selama mereka memiliki kemampuan yang mumpuni, background pendidikan rasanya tidak begitu penting. Salah satu cara mengakalinya adalah dengan mengambil kursus Data Analyst. Nah, kira-kira hal apa saja sih yang harus dipertimbangkan sebelum memilih kursus?


1. Metode Pembelajaran

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih kursus data adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh masing-masing tempat kursus. Apakah penyampaiannya secara online atau offline. Tentu keduanya pasti memiliki kelebihan masing-masing. Jika kursus nya secara online, maka kamu bisa melakukannya dari mana saja dan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk berangkat ke lokasi. Namun jika kursus dilakukan secara offline, interaksi yang terbangun akan terasa lebih hidup. Cara penyampaian materi pada kursus online juga sangat beragam, mulai dari membaca modul sendiri, melihat video pembelajaran, serta pembelajaran melalui video tatap muka layaknya webinar. 

Nah, kira-kira kamu lebih menyukai metode pembelajaran yang seperti apa?


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Harga dan Materi yang Ditawarkan

Harga dan materi yang didapatkan juga harus menjadi bahan pertimbangan. Ada banyak sekali tempat kursus data dengan materi yang beragam serta harga yang juga beragam, mulai dari yang ramah di kantong hingga yang membuat kantongmu bolong. Yang perlu diingat, tidak semua tempat kursus dengan harga mahal pasti memiliki kualitas yang bagus. Ada beberapa tempat kursus yang memungkinkan kamu mendapatkan banyak materi yang berkualitas dengan harga yang bersahabat, salah satunya adalah DQLab.


3. Jadwal Belajar

Hal yang selanjutnya harus kamu perhatikan adalah jadwal belajar. Beberapa tempat kursus data ada yang telah menentukan jadwal belajarnya, namun beberapa lainnya membuat jadwal belajar menjadi fleksibel. Kamu lebih suka yang jadwalnya telah ditentukan atau yang fleksibel? Keduanya pasti memiliki kelebihannya masing-masing, yang terpenting harus disesuaikan dengan kebutuhanmu. Bagi kamu yang susah untuk mendisiplinkan diri untuk belajar, jadwal yang telah ditentukan mungkin akan menjadi pilihan yang terbaik karena kamu akan merasa rugi jika tidak mengikuti jadwal tersebut. Namun jika kamu adalah orang sibuk yang waktu senggangnya tidak menentu, maka jadwal yang fleksibel adalah yang terbaik bagimu.


4. Mentor Berpengalaman

Hal ini tidak kalah penting untuk diperhatikan. Mentor adalah orang yang akan memberikan materi tersebut kepadamu. Jika metode pembelajarannya melalui modul dan video pembelajaran, maka mentor akan dituntut untuk membuat modul ataupun video tersebut. Namun jika metode pembelajarannya seperti webinar atau bahkan tatap muka secara langsung, seorang mentor harus mampu membawakan materi dengan lugas dan mudah dimengerti. Oleh karena itu, seorang mentor haruslah memiliki kredibilitas yang baik. Mentor ini bisa berasal dari praktisi data yang telah bergelut lama dengan data sehingga sudah merasakan banyak asam-garam dunia perdataan.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Bingung Mencari Tempat Kursus Data Analyst? DQLab Aja!

DQLab merupakan salah satu lembaga kursus Data Science yang telah berhasil menyalurkan banyak member untuk bekerja sebagai praktisi data. Ada 3 bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari di DQLab saat ini, yaitu bahasa R, Python, dan juga SQL. Modul-modul yang ada di DQLab disusun oleh praktisi data yang telah berpengalaman di bidangnya selama bertahun-tahun. Bahasa yang digunakan juga bahasa yang sangat sederhana serta mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun. Selain modul yang berbayar, kamu juga bisa menikmati free modul dari DQLab loh. Caranya gampang banget, kamu cukup sign up menjadi member dan akan bisa menikmati modul-modul yang ada. Yuk, tunggu apa lagi?

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :