[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 30 Menit 55 Detik 

Kursus Data Analyst untuk Persiapan Karir di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 17-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c8253a64fa62bd117b53d761ecba9930_x_Thumbnail800.jpg

Pada masa kini yang dimana teknologi semakin berkembang dan hampir segala hal dijadikan dalam bentuk digital, ada beberapa profesi yang menarik perhatian masyarakat. Profesi-profesinya adalah Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Ketiga profesi tersebut berkaitan sangat erat dengan teknologi dan big data, mereka merupakan pekerja yang bertugas untuk menganalisa, mendesain, merancang, dan memantau suatu perusahaan atau organisasi secara internal.


Di artikel ini, DQLab akan membahas mengenai salah satu dari tiga profesi di atas, yaitu Data Analyst. Kita akan memberitahu kepada teman-teman definisi dari Data Analyst, kegunaan profesi tersebut dalam berbagai bidang, tools-tools apa saja yang digunakan, dan keuntungan belajar menjadi Data Analyst lewat kursus. Yuk, baca bersama!



1. Profesi Data Analyst

Seorang Data Analyst sangat berharga bagi suatu perusahaan atau organisasi, mengapa? Karena merekalah yang menganalisis suatu tren, memilah data-data, menyajikan informasi, dan menentukan langkah selanjutnya yang sebaiknya diambil oleh perusahaan. Namun pekerjaan mereka tidak sampai itu saja, mereka juga perlu melakukan data mining dan cleaning, kedua pekerjaan inilah yang dapat memberikan perusahaan informasi baru dan mencegah adanya masalah di kemudian hari.


Menjadi Data Analyst sebetulnya memerlukan banyak wawasan, tidak hanya dari segi bidang yang ditekuni, tetapi juga dari bidang-bidang lainnya, seperti komputer, matematika, komunikasi, dan lainnya. Selain itu juga, Data Analyst perlu untuk mengerti istilah-istilah dalam bisnis serta memiliki intuisi yang tajam, jadi ketika perusahaan sedang butuh strategi bisnis selanjutnya, Data Analyst dapat memberikan jawaban yang memuaskan.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Data Analyst di Berbagai Bidang

Mungkin banyak yang mengira profesi seperti Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer hanya dapat bekerja di dalam bidang bisnis saja. Tidak sama sekali, ketiga profesi ini dapat bekerja di berbagai bidang, contohnya seperti bidang keuangan hingga kesehatan. Untuk profesi Data Analyst sendiri jika digunakan dalam bidang bisnis, maka mereka akan bekerja untuk menjaga perusahaan secara internal dan memberikan insight atau masukan untuk strategi bisnis selanjutnya.


Apabila di bidang seperti keuangan atau bank, Data Analyst bisa mengetahui rekening palsu, dan sebagainya. Lain halnya apabila Data Analyst ditempatkan di bidang kesehatan, mereka dapat mendapatkan informasi berupa data yang mengarah kepada perkiraan wabah penyakit yang terjadi, namun perkiraan tersebut akan lebih dipastikan oleh Data Scientist. Dapat disimpulkan bahwa selain ketiga profesi tersebut bisa berguna dalam berbagai bidang pekerjaan, ketiga profesi ini juga saling berkaitan satu sama lain dalam menyelesaikan pekerjaan.



3. Tools Dasar Seorang Data Analyst

Data Analyst memerlukan beberapa tools dasar yang mereka gunakan dalam pekerjaan sehari-hari, tidak serumit Data Scientist, namun juga tidak mudah. Tools yang pertama adalah Excel, software yang sudah dikenal masyarakat luas ini digunakan oleh Data Analyst untuk mengolah data menggunakan spreadsheet. Pengolahan data tersebut dilakukan untuk merapikan atau memanajemen data.


Tools lainnya adalah Tableau, salah satu tools populer lainnya selain Excel ini juga wajib untuk Data Analyst. Pada dasarnya, data belum tentu mudah dimengerti oleh orang awam, oleh karena itu data perlu untuk diolah dan dirangkum. Tableau dapat mempermudah pekerjaan Data Analyst dalam memvisualisasikan data agar mudah dimengerti.


Tools terakhir yang sering digunakan oleh Data Analyst adalah Xplenty. Tools canggih ini cukup populer karena dapat memudahkan Data Analyst dalam pembersihan dan pengubahan data sesuai dengan kebutuhan atau keinginan. Selain itu juga, data akan terjamin aman apabila menggunakan tools satu ini.


4. Keuntungan Ikut Kursus Data

Belajar untuk menjadi Data Analyst sebetulnya dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya secara otodidak, belajar bersama teman atau praktisi data, dan mengikuti kursus data. Masih banyak cara lainnya, namun dari ketiga cara yang disampaikan tadi, akan lebih baik apabila teman-teman menggunakan layanan kursus data. Salah satu kursus untuk belajar data yang cukup dikenal oleh masyarakat adalah DQLab. 


Keuntungan dari mengikuti kursus adalah kalian bisa mendapatkan materi pembelajaran secara lengkap disertai dengan pengajar berupa praktisi yang berpengalaman. Selain itu juga, kalian bisa membangun portofolio sebagai persiapan memasuki industri data, lho! Salah satu persyaratan untuk menjadi salah satu dari ketiga profesi yang telah disebutkan adalah kalian perlu memiliki sertifikat yang menunjukkan bahwa kalian pernah mengikuti pembelajaran untuk menjadi ahli data. Di DQLab sendiri kalian bisa mendapatkan sertifikat tersebut apabila telah menyelesaikan kursus.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Yuk, Gabung Menjadi Bagian dari Member DQLab!

Kursus data secara online oleh DQLab.id sangat menguntungkan bagi teman-teman, selain keuntungan yang telah disebutkan di atas, kalian juga bisa menyesuaikan waktu sefleksibel mungkin untuk mengikuti pelajaran dan kegiatan sehari-hari. Cara untuk bergabungnya mudah sekali! Kalian hanya perlu sign up di DQLab.id, setelah itu kalian bisa langsung mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ sebagai materi pertama kalian. Ayo, kami tunggu kontribusi kalian di industri data!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!