TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

1 Hari 16 Jam 12 Menit 5 Detik

Kursus Data Engineer, Belajar Apa Aja?

Belajar Data Science di Rumah 26-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d56ca9218fc483ecb4c6b314b50bd4ba_x_Thumbnail800.jpeg

Seiring perkembangan zaman saat ini persaingan dalam dunia kerja semakin ketat. Oleh karena itu kita perlu memilih profesi apa yang cocok dengan kita dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Data engineer merupakan salah satu profesi yang kekinian dan cukup diminati oleh banyak orang. Bahkan saat ini banyak orang yang mencari course data engineer untuk memudahkan dalam mencari pekerjaan. Hal ini tentunya membuktikan bahwa profesi data engineer memiliki peranan penting dalam perkembangan teknologi informasi.


Data engineer adalah suatu profesi yang berkaitan dengan data khususnya bertanggung jawab terhadap pengumpulan dan pembersihan data, pengelolaan data, pengembangan data dan memelihara infrastruktur data suatu perusahaan. Data engineer ini nantinya juga akan bekerja sama dengan praktisi data lainnya seperti data scientist maupun data analyst. Data engineer bertanggung jawab untuk menyimpan dan mengelola data mentah sehingga nantinya siap untuk dianalisis oleh data scientist atau data analyst. Pada artikel ini khususnya kita akan mengetahui hal apa saja yang dipelajari ketika seseorang mengikuti kursus data engineer.


1. Mengolah Dataset

Dataset merupakan kumpulan data yang disusun secara sistematis dan terstruktur sehingga dapat diakses.Dataset dapat disusun dalam bentuk tabel maupun bentuk lainnya. Dataset merupakan poin penting dari proses pengolahan data. Dataset inilah yang nantinya akan dianalisis oleh praktisi data. Dataset juga memerlukan campur tangan seorang data engineer agar data yang nantinya akan diolah benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Pada kursus data engineer biasanya akan diajarkan bagaimana cara memperoleh, mengumpulkan, mengelola sampai mengolah dataset.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Memahami dan Menerapkan Teknik ETL

ETL yang merupakan singkatan dari Extract, Transform dan Load merupakan salah satu bagian dari cara kerja data engineer untuk memastikan bahwa data yang dimiliki dapat digunakan untuk proses selanjutnya. Extract merupakan proses ekstraksi data dari sumber tertentu ke sebuah sistem sehingga memudahkan proses manajemen data. Transform merupakan proses pengubahan data sehingga sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Load merupakan proses yang bertujuan untuk memuat data yang baru saja diubah ke tujuan penyimpanan yang baru.


3. Menerapkan Teknik Data Wrangling

Salah satu hal yang dipelajari dari mengikuti kursus data engineer adalah menerapkan teknik data wrangling. Data wrangling memiliki berbagai manfaat dalam bisnis yaitu untuk proses analisis sederhana, penanganan data, visualisasi data, peningkatan penghargaan, dan lainnya. Secara umum terdapat beberapa proses untuk melakukan data wrangling yaitu Discovery, Structuring, Cleaning, Enriching, Validating dan Publishing. Salah satu tugas data engineer adalah menggunakan teknik data wrangling untuk mempersiapkan data dalam proses analisis.


4. Meningkatkan Skill

Salah satu tujuan utama seseorang mengikuti kursus data engineer adalah untuk meningkatkan skill. Untuk menjadi seorang data engineer yang profesional terdapat berbagai skill yang perlu dikuasai dan terus ditingkatkan. Dengan mengikuti kursus data engineer biasanya seseorang akan mengerjakan suatu proyek dengan studi kasus yang berbeda-beda dan teknik yang digunakan pun berbeda. Dengan demikian seseorang akan mendapatkan pengalaman baru serta skill yang dimiliki dapat dipertahankan bahkan terus ditingkatkan.

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Saat ini telah banyak lembaga yang menyediakan kursus data engineer untuk memudahkan para pemula dalam proses belajar salah satunya adalah DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :