PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 1 Jam 5 Menit 39 Detik

Kursus Data Science : 3 Kriteria Kursus Data Science yang Harus Kamu Perhatikan

Yovita 05-November-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/916080c33ddc5c202d30336682890550_x_Thumbnail800.png

Apakah kamu sedang mencari kursus Data Science tapi bingung dengan banyaknya pilihan? Mengapa banyak sekali opsi belajar Data Science? Wajar saja, dengan berkembangnya dunia digital, meningkat pula permintaan akan talenta-talenta yang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas serta mendalam di dunia digital. Meski istilah digital banyak dikambinghitamkan atas terdisrupsinya pekerjaan-pekerjaan dengan automasi teknologi, perkembangan digital juga melahirkan banyak pekerjaan-pekerjaan baru. Mulai dari UI/UX research, Digital Marketing, Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, hingga Social Media Specialist. 


Banyaknya pekerjaan-pekerjaan baru tersebut tentu akan meningkatkan kebutuhan di pasar tenaga kerja terhadap sumber daya manusia dengan skill yang sesuai dengan setiap pekerjaan tersebut. Banyaknya skill yang diminta recruiter membuat banyak pihak berbondong-bondong meningkatkan skill dan kapasitas diri dengan mempelajari bidang-bidang tersebut. Tidak terkecuali dengan Data Science, Mungkin kamu adalah salah satu orang yang sedang berjuang meningkatkan skill di bidang data. 


Dalam mendalami dunia Data Science, kita akan menemukan banyaknya kesempatan belajar dan tawaran-tawaran menarik dari sejumlah pihak untuk mempelajari data science dengan caranya masing-masing. Meski demikian, kita tetap harus selektif dalam memilih kursus terbaik untuk kita investasikan uang kita di dalamnya. Oleh karena itu, melalui artikel ini, DQLab akan berbagi mengenai 3 kriteria yang harus kamu perhatikan ketika memilih kursus Data Science. Apa saja kriteria tersebut? Perhatikan penjelasan berikut ya!

1. Kurikulum yang Sesuai Dengan Kebutuhan Industri

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam memilih kursus Data Science terbaik adalah kurikulum yang diajarkan dalam kursus tersebut. Kamu harus memahami apa yang dibutuhkan industri dan membandingkannya dengan kurikulum yang ditawarkan oleh tempat kursus kepada mu. Apabila kamu melihat bahwa kurikulum yang diajarkan kurang sesuai dengan kebutuhan industri maka sebaiknya kamu berpikir kembali untuk memilih kursus tersebut. 


Selain itu, mengenai Data Science kamu juga harus memperhatikan kurikulum yang diberikan dengan memperhatikan bagaimana kursus tersebut memberikan perhatian terhadap hal-hal yang bersifat fundamental. Data Science adalah pertemuan beberapa disiplin ilmu yang berbeda ; Programming, Statistik, dan Domain Knowledge tertentu. Sehingga, apabila kamu ingin memiliki pemahaman mengenai dunia Data Science yang terbaik, kamu perlu memiliki pemahaman fundamental yang kuat. Kamu harus memahami programming dan statistik, memilih familiarity dengan algoritma dan Data Structures. Apakah kursus yang sedang kamu cari memiliki hal tersbut. Jika tidak, maka kamu harus pertimbangkan kembali keputusan untuk memilih kursus tersebut.


Selain hal yang bersifat fundamental, perhatikan pula apakah kursus tersebut juga mengajarkan hingga pembuatan model machine learning? Jika ya, model apa saja yang akan dibahas? Kamu harus sudah mengetahui model seperti apa yang ingin kamu pelajari. Apakah kamu ingin mempelajari supervised learning saja, atau kamu juga ingin mempelajari unsupervised learning? Atau ingin mempelajari proyek yang merupakan gabungan keduanya? Hal-hal seperti ini juga dapat menjadi pertimbangan utama dalam menilai apakah kurikulum yang diberikan dalam kursus tersebut sesuai dengan kebutuhan atau tidak.


Mengenai hal ini, kamu tidak perlu khawatir karena DQLab sudah memiliki kurikulum yang menyeluruh dan dipersiapkan oleh praktisi handal yang bekerja sebagai Data Scientist atau Data Analyst di dunia nyata. Materi dari yang paling fundamental hingga advance dibahas dalam kelas-kelas yang disediakan oleh DQLab. Dalam setiap kelasnya juga DQLab mengemasnya dalam bentuk narasi cerita, sehingga kamu bisa memiliki pengalaman belajar yang nyaman, menarik, dan tidak membosankan.


Baca Juga : Kursus Data Science, Kenali Teknik Belajar Data Science Bersama DQLab

2. Kesempatan Berkarir Setelah Program

Tidak bisa dipungkiri, memilih kursus Data Science tidak lain dan tidak bukan untuk dapat mendapatkan pekerjaan di bidang data. Mungkin ada sebagian dari kamu yang mempelajari Data Science untuk mempermudah pekerjaan keseharian kamu atau membawa kemampuanmu dalam menyelesaikan tugas sebelumnya ke level yang lebih tinggi. Seperti misalnya kamu sebelumnya adalah seorang Research Analyst dan ingin mengotomatisasi proses analisis dan visualisasi data, sehingga kamu mempelajari Data Science, atau kamu ingin menggunakan machine learning untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang ada. 


Meski ada beberaoa orang yang seperti itu, tidak bisa dipungkiri tetap sebagian besar orang mempelajari Data Science untuk mendapatkan pekerjaan di bidang data. Baik mereka yang memang belum memiliki pekerjaan, maupun mereka yang sudah memiliki pekerjaan dan berencana untuk shifting career. Oleh karena itu, ketika memilih kursus Data Science penting bagi kamu untuk melihat apakah tempat kursus yang kamu pilih memiliki koneksi yang cukup luas dan kredibel untuk dapat membuka peluang kamu agar mendapatkan pekerjaan. Atau bahkan mungkin tempat kursus tersebut memiliki program khusus untuk penyaluran kerja. Kamu akan menemukan bahwa hal-hal seperti ini akan sangat membantu kamu dalam karir kamu kedepan.


Mengenai hal ini, DQLab memiliki program job connector yang menghubungkan antara perusahaan yang membutuhkan Data Scientist atau Data Analyst atau pekerjaan lainnya di bidang data dengan talenta talenta terbaik yang merupakan member DQLab. Sehingga, apabila saat ini kamu belum sama sekali mencoba kelas yang disediakan oleh DQLab, kamu harus mulai mencobanya, siapa tahu kamu adalah talenta terbaik yang akan direkrut oleh hiring partner nya DQLab!

3. Biaya dan Waktu Tempuh

Terkadang terdapat beberapa kursus Data Science yang harganya sangat-sangat mahal, hingga mencapai hampir 50 Juta. Kamu harus perhatikan apakah biaya tersebut memang layak dan selaras dengan keuntungan yang kamu dapatkan? Kemudian kamu juga harus perhatikan metode pembayaran yang disediakan oleh tempat kursus kamu tersebut. Apakah tempat tersebut hanya menerima pembayaran lunas di awal, atau bisa dicicil? Atau bahkan ada skema bagi hasil dari gaji apabila berhasil diterima bekerja?


Jangan sampai karena semangat kita yang terlalu tinggi kemudian kita begitu saja memilih kursus yang sangat mahal padahal kurikulum yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan kurikulum yang ditawarkan oleh tempat kursusu dengan harga 10X lebih murah. Tentu kita tidak ingin hal itu terjadi bukan? Oleh karena itu, jika memang kita serius dan bersedia untuk berinvestasi dalam pendidikan dengan nilai yang cukup besar, maka perhatikan apakah biaya itu sudah sesuai dan layak? Atau justru kamu sebenarnya bisa menggunakan jumlah uang yang sama untuk beberaoa kursus berbeda karena harganya yang terlalu mahal? 


Selain biaya, kamu juga harus mempertimbangkan waktu tempuh dan pelaksanaan. Tentu ada program yang mengharuskan kamu untuk menyediakan keseluruhan waktu working-hour kamu untuk belajar. Artinya, kamu harus meninggalkan pekerjaan mu selama menjalani program. Kamu harus pertimbangkan waktu tempuh kursus tersebut dan menyiapkan bagaimana pemasukan mu selama kamu belajar di tempat tersebut. 


Mengenai hal ini, lagi-lagi kamu tidak perlu khawatir karena DQLab menawarkan kelas dengan harga yang sangat terjangkau. Terdapat banyak sekali promo dan diskon yang dapat kamu nikmati dan dengan promo tersebut kamu sudah dapat mengakses semua kelas yang tersedia di DQLab. Selain itu, sistem pembelajaran DQLab ialah self-learning. Sehingga kita dapat mengakses materi kapan dan dimana saja. Dengan demikian kita tidak perlu meninggalkan pekerjaan saat ini namun masih dapat belajar dengan optimal.


Baca Juga : Memilih Kursus Data Science Indonesia sebagai Langkah Awal menjadi Praktisi Data


4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module "Introduction to Data Science":

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Penulis : Jihar Gifari

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login