Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kursus Data Science Gratis dan Bersertifikat, Yuk Mulai bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 28-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d235e1054e1d14f0a8922a2e7faffb29_x_Thumbnail800.jpg

Mempelajari hal baru setiap harinya adalah salah satu cara untuk terus meningkatkan sekaligus menambah skill. Kemajuan teknologi sekarang ini memudahkan kita untuk belajar berbagai ilmu dan keahlian dimana saja dan kapan saja. Salah satu ilmu dan keahlian yang banyak diminati saat ini yaitu terkait bidang data. Data science merupakan ilmu yang diterapkan dalam mengolah data untuk memperoleh informasi yang berguna di balik suatu kumpulan data. Istilah data science di Indonesia mulai populer di tahun 2018. Fungsi data science yang membuat proses pengolahan data lebih efisien, efektif, dan akurat menjadi daya tarik berbagai industri untuk menerapkannya, apalagi sekarang sudah memasuki era revolusi industri 4.0. Oleh karena itu, kebutuhan talent data di Indonesia pun semakin meningkat. 


Dengan kepopuleran data science dan kebutuhan akan talent data yang meningkat, peluang profesi di bidang data menjadi cukup luas. Mulai dari yang memiliki latar belakang IT maupun yang tidak berlatar belakang IT tertarik belajar data science dan berhasil beralih profesi di bidang data seperti Data Scientist dan Data Analyst. Belajar data science bisa dari berbagai sumber salah satunya dengan mengikuti kursus data science. DQLab adalah lembaga kursus data science yang memberikan pembelajaran yang terstruktur dengan mentor profesional di bidang data. Selain itu DQLab mempunyai program kursus data science gratis untuk kamu yang ingin mencoba belajar data science. Seperti apa sih kursus data science gratis di DQLab? Yuk, simak dibawah ini!


1. Belajar Berbagai Jenis Data

Komponen penting dalam belajar data science adalah data. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, data science berfungsi untuk pengolahan data yang lebih baik. Big data adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kumpulan data dalam jumlah yang sangat banyak, bervariasi, dan terkumpul dalam waktu yang relaitf singkat. Big data inilah yang diolah dengan data science. Tidak hanya satu jenis data, tetapi terdapat berbagai jenis data di dalam big data. Data tersebut bisa berupa data angka, teks, gambar, video, audio, peta, dan sebagainya. Hal ini penting dipelajari agar kita mampu memahami data yang digunakan untuk proses pengolahan data yang mana memudahkan penentuan metode yang sesuai dengan data. Di DQLab kamu akan mempelajari berbagai jenis data tersebut dan bagaimana proses pengolahannya. Data yang disajikan dengan kasus dan bentuk data yang mirip dan sering ditemukan di industri. 

Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Akses Modul Belajar Python

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berfokus pada keterbacaan kode dalam pembuatan programnya. Bahasa ini bersifat open source artinya dapat digunakan oleh siapa saja untuk membuat program. Python menyediakan berbagai macam library yang mendukung proses pengolahan data dengan data science contohnya library Numpy, Pandas, dan Scikit-Learn. Selain mengolah data, Python juga digunakan untuk membangun machine learning. Dengan mendaftar paket gratis di DQLab, kamu dapat mengakses modul Introduction to Data Science with Python dengan mentor data profesional. Kamu akan mempelajari tentang data science menggunakan bahasa pemrograman Python. Belum pernah belajar pemrograman? Jangan khawatir. Modul ini mengajarkan kamu mulai dari dasar seperti pengenalan library dan praktek coding untuk membuat program sederhana menggunakan bahasa Python.


3. Bahasa R untuk Data Science

Bahasa pemrograman lain yang juga populer digunakan untuk data science adalah bahasa R. Mirip dengan Python, bahasa pemrograman ini juga menyediakan berbagai library yang mendukung data science. R berfokus pada pengolahan data statistik dan membuat visualisasi data yang menarik. Visualisasi data merupakan proses penting dalam data science yang bertujuan menyajikan data hasil analisis agar mudah dipahami oleh orang lain dan memudahkan penarikan kesimpulan. Library ggplot adalah library R yang sering digunakan dalam melakukan visualisasi data. Untuk menggunakan R, kamu perlu menginstall RStudio di laptop atau komputermu. Data scientists menggunakan R untuk merubah data yang kelihatannya tidak berguna menjadi informasi yang berguna. Salah satu keunggulan R yaitu cepat dipelajari dan dijalankan untuk mengolah data dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Dengan mendaftar paket belajar data science gratis, kamu bisa menikmati modul Introduction to Data Science with R yang membahas penggunaan bahasa R untuk data science dari dasar.


4. Anti Ribet dengan Fitur Live Code

Apakah harus menginstall software untuk mulai belajar coding di DQLab? Mungkin ini menjadi pertanyaan yang muncul di benak teman-teman yang ingin belajar coding untuk data science. Jawabannya adalah tidak. DQLab memiliki fitur live code yang berfungsi menjalankan code yang dituliskan selama pembelajaran. Fitur live code mirip dengan ketika menggunakan software untuk bahasa pemrograman seperti RStudio untuk R dan Jupyter untuk Python dalam tampilan yang lebih sederhana. Fitur ini memudahkan pemula lebih fokus dalam belajar pemrograman karena tidak perlu ribet menginstall software terlebih dahulu. Seringkali proses install ini bagi pemula sedikit membingungkan sehingga bukannya sibuk belajar pemrogramannya, tapi malah sibuk menginstall software. Jika sudah mulai paham bahasa pemrogramannya, selanjutnya kamu bisa menginstall software bahasa pemrograman tersebut untuk belajar lebih dalam. 

Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


5. Tunggu Apa Lagi? Yuk, Daftarkan Dirimu di DQLab!

Masih ragu untuk mulai kursus data science? Jangan takut. Pembelajaran di DQLab disajikan dengan narasi yang menarik dan mudah dipahami oleh pemula. Kamu akan belajar data science dari tahap dasar. DQLab juga mempunyai grup di Facebook sebagai sarana diskusi teman-teman member ketika mengalami kesulitan dalam pembelajaran di modul. Admin dan teman-teman lainnya akan membantu kamu menyelesaikan pembelajaran. Tertarik belajar data science? Yuk, Sign Up di DQLab/SignUp untuk mengawali karir di bidang data!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!