Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kursus Data Science Gratis dan Dapatkan Sertifikatnya

Belajar Data Science di Rumah 04-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ff0ee4db07253260a7ecfc25efb7078f_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini analisis data sangat berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan analisis data, perusahaan dapat dengan cermat memeriksa informasi dari campaign tertentu. Dengan analisis data yang cermat, perusahaan akan lebih siap untuk menyiapkan campaign dan sasaran atau target di masa mendatang. Data analysis merupakan bidang yang kompleks. Perlu pengetahuan dan keahlian profesional untuk menganalisis data secara efektif. Salah satu cara untuk mendapatkan ilmu dan keahlian tersebut adalah dengan mengikuti kursus karena lembaga kursus biasanya memiliki program tertentu sesuai kebutuhan kita. Kursus data juga akan sangat membantu bagi pemula untuk memahami dasar-dasar data analysis seperti pelatihan analisis bisnis dengan berbagai tools. Selain itu, kursus data juga memiliki berbagai program belajar dengan berbagai tools data analysis seperti Python dan R.

Data analysis adalah bidang yang berkembang sangat pesat. Hal ini karena semakin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya penerapan analisis data dalam kegiatan harian mereka, sehingga rekrutmen data analyst semakin meningkat. Sertifikat analisis data merupakan salah satu faktor penunjang untuk berkarir di dunia data. Penasaran apa saja manfaat sertifikat tersebut? Yuk simak artikel ini sampai akhir!

1. Lebih Unggul dalam Rekrutmen Data Analyst

Saat ini, profesional di bidang teknologi analisis sangat dibutuhkan karena perusahaan membutuhkan tenaga profesional untuk mengeksploitasi kekuatan big data. Faktanya dari tahun 2014 hingga 2017, jumlah lapangan pekerjaan di industri Big Data meningkat sangat signifikan, yaitu sebesar 106%. Lonjakan ini disebabkan karena meningkatnya jumlah perusahaan yang menerapkan analisis data. Tak heran jika belakangan rekrutmen data analyst terus meningkat. Sertifikat data analysis akan menjadi nilai plus yang tidak dimiliki oleh banyak orang sehingga kita lebih unggul daripada di mata recruiter.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Dapat Bekerja di Sektor Manapun

Pada umumnya professional data analyst tidak terbatas pada satu industri tertentu karena setiap industri memanfaatkan analisis data, maka ia bisa bekerja di sektor manapun. Beberapa industri yang sering memerlukan bantuan data analyst adalah industri keuangan, perawatan kesehatan, ritel, logistik, dan human resources. Semua industri ini memerlukan seorang data analyst yang kompeten, salah satu bukti kompetensinya adalah dengan menunjukkan sertifikat data analyst. Oleh karena itu, dengan memiliki sertifikat tersebut, kita bisa lebih dipercaya dan diperhitungkan oleh recruiter.


3. Pengetahuan Praktik yang Lebih Baik

Salah satu keuntungan mengikuti kursus adalah kita mendapatkan kesempatan belajar dari para profesional di berbagai bidang industri yang telah bekerja selama bertahun-tahun. Selain mendapatkan sertifikat, kita juga mendapatkan pengetahuan dan pemahaman praktik yang baik menggunakan data yang mencerminkan data di berbagai dunia industri sehingga sertifikat yang kita peroleh pun bukan hanya sertifikat teoritis tetapi juga sertifikat praktik atau hands-on.


4. Belajar Lebih Terstruktur

Dengan mengikuti kursus yang memberikan sertifikat, program belajar kita akan lebih terstruktur dan terorganisir. Data analysis merupakan salah satu bidang studi yang sangat kompleks. Oleh karena itu, perlu adanya pembimbing yang bisa mengarahkan tahapan-tahapan yang perlu kita pelajari untuk menjadi seorang data analyst professional. Dengan begitu, kita akan lebih fokus ke satu konsep sebelum menginjak ke konsep selanjutnya yang lebih sulit.

Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


5. Persiapkan Diri Menjadi Seorang Data Analyst

Setelah mengetahui manfaat sertifikat data analyst di atas, masih ragu untuk menjadi seorang data analyst? Yuk memantapkan diri untuk terjun di dunia data analysis dengan belajar bersama DQLab! DQLab menawarkan berbagai program belajar sesuai kebutuhan yang akan membantumu untuk mempersiapkan bekal sebelum terjun ke dunia industri. Klik button di bawah ini dan nikmati module gratis DQLab sebagai warming up untuk belajar data. Selamat mencoba!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!