MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 58 Menit : 46 Detik

Kursus Data Science Gratis: Yuk Akses Modul DQLab untuk Menemani Masa PSBB-mu!

Belajar Data Science di Rumah 26-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6039433329ed4de894969c7e573e7e39_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini data science merupakan istilah yang sangat populer. Popularitas data science semakin meningkat sejak Harvard University menobatkan profesi data scientist menjadi ‘The Sexiest Job in 21st Century’. Hal ini karena peningkatan lapangan pekerjaan yang signifikan dengan salary yang cukup fantastis. Fenomena ini mengakibatkan semakin banyak orang yang tertarik untuk mempelajari data science. Meningkatnya keinginan belajar data science mengakibatkan semakin menjamurnya kursus data science, baik online maupun online. Bahkan saat ini, beberapa lembaga dan universitas menawarkan kursus data science gratis. Data science merupakan ilmu yang cukup unik karena menggabungkan tiga kemampuan, yaitu statistika, matematika, dan ilmu komputer. Selain itu, ilmu ini juga dapat dipelajari oleh siapapun bahkan dapat dipelajari oleh seseorang yang tidak memiliki background pendidikan statistika, matematika, dan ilmu komputer.

Di masa pandemi saat ini, beberapa kursus data science menawarkan paket belajar yang sangat menarik. Selain karena ekonomi yang sedang kurang stabil, alasan lain kursus data science menawarkan paket belajar gratis adalah untuk mendukung program PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang dicanangkan oleh pemerintah untuk mengatasi penyebaran virus COVID-19. Salah satu kursus data science yang menawarkan paket belajar menarik adalah DQLab. Kursus data science yang dipelopori oleh Universitas Multimedia Nusantara bersama Xeratic ini memiliki berbagai paket belajar dengan modul interaktif dan mudah dipahami. Salah satu modul yang dapat diakses adalah modul ‘R Fundamental for Data Science’. Pada modul ini, kita akan belajar bagaimana cara menggunakan bahasa pemrograman R dalam data science. Penasaran bagaimana isi modul tersebut? Yuk intip review berikut ini!

1. Bab 1, Pengenalan R

Modul ‘R Fundamental for Data Science’ berisi tiga bab. Bab pertama adalah mengenai pengenalan R. R adalah sebuah bahasa pemrograman sekaligus software untuk mengolah data dan grafik. Saat ini, R merupakan salah satu bahasa pemrograman populer yang banyak digunakan di dunia data science. Salah satu alasan mengapa R sangat populer adalah karena bahasa pemrograman ini memiliki ribuan fitur yang powerful untuk pengolahan dan visualisasi data. Alasan mengapa seorang data scientist menggunakan bahasa pemrograman R adalah karena R lebih mudah dipahami dibandingkan bahasa pemrograman yang lain, lebih cepat, memiliki banyak fitur, dan banyak digunakan oleh data scientist profesional di seluruh belahan dunia sehingga bahasa pemrograman R telah teruji kualitasnya. 

Pada bab 1 ini, kita akan belajar tampilan awal R. KIta akan dijelaskan bagaimana cara bekerja menggunakan data text, angka, dan rumus perhitungan menggunakan R. Selain itu, di bab 1 ini kita akan belajar mengolah data text, seperti cara mengubah huruf kapital, huruf kecil, mengubah format angka yang tepat dan lain sebagainya. Apakah hanya itu? Oh jelas tidak! Kita juga akan dikenalkan beberapa fungsi umum dalam R, seperti fungsi print yang hampir selalu digunakan dalam proses pengolahan dan analisis data. Terakhir, kita akan belajar function, variable, dan comment pada R.

Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab

2. Bab 2, Vector, List, dan Data Frame

Setelah memahami materi di bab 1, pada bab 2 ini kita akan belajar mengenai tipe data dan operasi data yang banyak digunakan di dunia nyata. Tiga tipe data yang paling sering digunakan di bahasa pemrograman R adalah vektor, list, dan data frame. Vektor adalah jenis data di bahasa pemrograman R dengan struktur yang menyimpan deretan nilai dengan tipe data yang sama. Jika tipe data yang digunakan adalah teks, maka seluruh data harus bertipe teks. Dalam bahasa pemrograman R, vektor didefinisikan dengan nama function yang memiliki satu huruf saja, yaitu c. Pada bab 2 ini, kita akan belajar cara membuat data vektor dengan menuliskan perintahnya langsung di kolom code editor. Di kolom ini, kamu juga bisa me-run code perintah yang telah kamu tulis untuk melihat hasilnya secara langsung. Pada bab ini kamu akan diminta untuk menuliskan beberapa code untuk membuat data vektor. 

List adalah jenis data pada bahasa pemrograman R yang mirip dengan vektor, hanya saja list dapat menyimpan lebih dari satu jenis data. Untuk memasukkan isi ke dalam struktur data, kita bisa menggunakan function list. Pada bab ini, kita akan diminta untuk melengkapi code yang akan di-run untuk menampilkan tipe data list sesuai contoh yang telah tersedia. Setelah berhasil membuat data list, kita akan belajar list index. List index adalah fungsi pada bahasa pemrograman R untuk mengambil satu atau lebih komponen data list berdasarkan urutan. Contohnya list_saya[2], artinya kita akan mengambil komponen kedua dari data list yang bernama list_saya.

Terakhir, pada bab 2 kita akan belajar data frame. Data frame adalah jenis struktur data yang dirancang untuk representasi tabel yang terdiri dari banyak kolom dengan tiap kolom berisi list maupun vektor dengan jumlah data yang sama. Pada bab ini kita akan belajar cara membuat data frame menggunakan fungsi data.frame yang ada di bahasa pemrograman R. Selain membuat data frame, kita juga akan belajar cara mengakses data frame. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, data frame terdiri dari beberapa kolom. Namun, kita tidak selalu bekerja dengan semua kolom di data frame tersebut. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan accessor dengan tanda $ yang diikuti dengan nama kolom untuk mengambil beberapa kolom dalam data frame. Misalnya mahasiswa$nilai_statistika. Artinya, kita hanya akan mengambil kolom nilai_statistika pada data frame mahasiswa.

3. Bab 3, Chart dan Grafik

Pada bab ini kita akan belajar untuk mengeksplorasi dan menganalisis data menggunakan grafik. Bahasa pemrograman R memiliki beberapa function khusus untuk membuat grafik. Namun di bab ini, kita akan belajar membuat grafik menggunakan package ggplot2. Package ini merupakan salah satu package powerful yang dimiliki bahasa pemrograman R untuk visualisasi data. Dalam bab ini, kita akan belajar cara menginstall package ggplot2 dan membuat beberapa chart seperti bar chart, grouped bar chart, pie chart, dan lain sebagainya. Bab 3 ini berisi cara membuat data visualisasi secara singkat, padat, dan jelas. Bahkan kita akan belajar unsur-unsur atau komponen-komponen penyusun grafik. 

Seperti yang sudah kita bahas di awal, data science merupakan ilmu yang saat ini sedang banyak dibutuhkan hampir di semua lini industri. Hal ini karena di era serba data seperti saat ini, perusahaan mulai memanfaatkan data untuk memperoleh insight yang berguna bagi keberlangsungan bisnis. Data science dapat dipelajari oleh siapapun, dengan latar belakang pendidikan apapun.

Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!

4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Penulis: Galuh Nurvinda Kurniawati

Editor: Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!