[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 19 Menit 15 Detik 

Kursus Data Science Jakarta dengan Kenali 4 Keunggulannya

Belajar Data Science di Rumah 29-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4aab8a39d234e1ed5058bf26bf25596d_x_Thumbnail800.jpg

Data science terbentuk berdasarkan tiga bidang ilmu yaitu matematika, statistika, dan komputer (pemrograman) yang bertujuan membantu pengolahan data lebih cepat untuk memperoleh informasi yang berguna. Selain itu ilmu bisnis juga perlu dipelajari dalam data science. Di Indonesia, data science mulai dikenal pada tahun 2018 dan populer hingga saat ini. Keunggulan yang ditawarkan data science membuat berbagai industri tertarik menerapkan ilmu data science di perusahaannya. Apalagi saat ini penggunaan teknologi menyentuh hampir seluruh aktivitas manusia. 


Minat belajar data science yang tinggi dibarengi dengan banyak berdirinya lembaga kursus data science baik online maupun offline di Indonesia contohnya Jakarta. Kursus data science jakarta menjadi alternatif belajar data science secara terstruktur yang dapat diikuti oleh pemula maupun yang punya latar belakang IT. Pengenalan tools-tools yang digunakan, coding, hingga visualisasi data merupakan pembahasan yang umum ditemui ketika belajar data science. Mungkin pernah muncul pertanyaan di benak teman-teman, apa sih pentingnya belajar data science? Nah, dalam artikel ini kita akan lihat beberapa alasan yang membuat data science penting dipelajari di era kini. Yuk, simak dibawah ini!


1. Upgrade Skill tentang Data

Tidak hanya karena keunggulan yang ditawarkan, populernya ilmu data science juga membuat banyak orang semakin melek data. Data yang bertumpuk dalam waktu lama, seringkali dianggap tidak berguna, padahal jika diolah dengan baik dapat menghasilkan informasi yang berguna. Pentingnya data di era digitalisasi saat ini menarik banyak orang untuk belajar tentang data khususnya ilmu data science. Data yang dapat diolah dengan data science tidak terpaku pada satu jenis data saja, namun ada beragam jenis data yang dapat ditangani. Dengan mengikuti kursus data science, kamu bisa menambah dan mengupgrade skill di bidang data seperti mempelajari ragam jenis data, tools yang digunakan dalam pengelolaan data seperti SQL, hingga mampu mengkomunikasikan data yang telah diolah. 

Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Ilmu yang Banyak Diterapkan di Berbagai Industri

Istilah revolusi industri 4.0 menggambarkan keterlibatan teknologi dalam proses produksi dan bisnis di berbagai industri. Data science merupakan salah satu teknologi yang ikut berperan dalam era tersebut. Berbagai industri telah menerapkan data science untuk memperoleh informasi dari kumpulan data yang mana informasi tersebut digunakan sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah dalam perusahaan. Beberapa bidang industri yang menerapkan data science yaitu antara lain industri kesehatan, perbankan, dan retail. Penerapan data science di bidang kesehatan contohnya untuk mendeteksi dan menanggulangi endometriosis pada pasien. Di bidang perbankan ilmu data science digunakan untuk mendeteksi fraud dalam aktivitas perbankan. Market basis analysis merupakan metode yang digunakan untuk menganalisa pola perilaku konsumen dengan melihat riwayat pembelanjaan, keranjang belanja, metode pembayaran, dan sebagainya. Proses tersebut dapat dilakukan dengan data science menggunakan algoritma tertentu.  


3. Peluang Karir yang Menjanjikan

Penerapan data science di berbagai industri memberikan dampak positif bagi para data enthusiast. Di Indonesia kebutuhan akan talent data seperti Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst cukup tinggi. Banyak perusahaan membuka rekrutmen untuk posisi tersebut mulai dari tingkat junior hingga senior. Gaji yang ditawarkan pun bisa mencapai dua digit untuk tingkat senior. Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst memiliki skill berbeda yang wajib dikuasai. Umumnya kemampuan R, Python, dan SQL menjadi syarat wajib dalam rekrutmen. Kesempatan karir yang masih terbuka lebar dan menjanjikan untuk tahun-tahun kedepan ini menarik banyak orang belajar data science dan terus meningkatkan kemampuannya dalam mengolah data. 


4. Mampu Berkolaborasi dengan Teknologi yang Semakin Berkembang

Ilmu data science dalam penerapannya dapat berkolaborasi dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Machine learning merupakan bagian dari kecerdasan buatan dimana mesin dapat belajar dengan sendirinya. Machine learning juga termasuk dalam data science. Teknologi machine learning dibangun dengan menerapkan algoritma tertentu tergantung pada data yang dimiliki dan permasalahan yang ingin diselesaikan. Kini perusahaan berlomba-lomba menerapkan teknologi ini di perusahaannya untuk proses bisnis yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan konsumen. Contoh penerapan teknologi machine learning di industri yaitu antara lain virtual personal assistant, chatbot, face unlock, sistem rekomendasi produk, personalisasi konten, fraud detection, dan lain sebagainya. 

Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


5. Mencari Kursus Data Science Jakarta? Di DQLab aja!

Kemajuan teknologi saat ini memudahkan kita untuk belajar dari mana saja dan kapan saja. DQLab tidak hanya bisa diikuti teman-teman yang berada di Jakarta, namun bisa dari seluruh Indonesia. Kamu bisa menentukan jam belajarmu sendiri tanpa mengganggu aktivitas lainnya. Daftarkan dirimu dengan akses website DQLab/SignUp dan pilih paket belajar yang kamu inginkan. Tersedia modul gratis juga, loh! Yuk, akses websitenya sekarang.


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!