MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 49 Menit 4 Detik 

Kursus Data Science Jakarta dengan Web Scraping

Belajar Data Science di Rumah 21-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ac17b9d6bc897baa104c72776fff5940_x_Thumbnail800.jpg

Kita tahu bahwa dalam sebuah website tentunya memiliki banyak sekali data yang dikumpulkan dalam jumlah yang besar. Bagi Anda yang memiliki website bisnis dengan banyak data, maka Anda perlu mengumpulkan semua data pelanggan untuk keperluan bisnis Anda. Mulai dari data nama pelanggan, email, produk, transaksi pembelian dan data penting lainnya. Mungkin untuk mengumpulkan data secara manual pastinya membutuhkan waktu yang lama. Namun, saat ini kalian tidak perlu khawatir karena Web scraping dapat menjadi solusi terbaik untuk mengumpulkan semua data dari website secara cepat. Teknik ini bisa mempermudah dalam pencarian data, analisis data dan penentuan strategi untuk keperluan bisnis. Berdasarkan data yang kami peroleh dari hackernoon.com, terdapat 10 bidang industri yang membutuhkan keterampilan ini, yaitu Computer Software (22%), Layanan dan Teknologi Informasi (21%), Layanan Keuangan (12%); Internet (11%), Pemasaran dan Periklanan (5%); Keamanan Komputer & Jaringan (3%), Asuransi (2%), Perbankan (2%), Konsultasi Manajemen (2%), dan Media Online (2%).


Sebagian orang saat ini mungkin masih mengumpulkan data secara manual yaitu dengan menyalin satu persatu data yang ada di website. Namun jika website yang Anda kelola adalah situs berukuran besar dengan jumlah ribuan data, tentu pekerjaan tersebut akan memakan waktu yang sangat lama. Untungnya, saat ini ada teknologi bernama web scraping yang dapat menyederhanakan proses tersebut. Teknik web scraping bisa dilakukan dengan cara manual atau otomatis menggunakan tools. Jika jumlah datanya memang sedikit Anda bisa melakukan scraping secara manual. Tetapi untuk jumlah data yang besar Anda perlu menggunakan tools agar prosesnya menjadi lebih cepat. Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui bagaimana cara kerja web scraping ketika diaplikasikan dalam lini bisnis. Kira-kira bagaimana ya penerapan dari web scraping ini. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas tentang web scraping yang sedang naik daun untuk mempercepat proses menyalin data. Artikel ini tentunya dapat menjawab rasa penasaran kamu maupun sekedar ingin tahu skill dan hal baru di dunia data. Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys!



1.Pengertian Web Scraping

Web scraping adalah teknik untuk melakukan ekstraksi data dan informasi dari suatu website kemudian menyimpannya dalam format tertentu. Biasanya scraping ini bisa dilakukan salah satunya untuk memantau kompetitor bisnis tentang strategi yang digunakan. Cara ini sudah terbilang wajar dilakukan antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. Anda dapat menyimpan data dalam format teks, CSV, atau JSON. Web scraping dapat membantu Anda untuk mengekstrak berbagai jenis data yang Anda inginkan. Biasanya web scraping dilakukan menggunakan web scraper, bot, web spider, atau web crawler.


Dilansir dari ParseHub, web scraping adalah suatu cara yang mengacu pada ekstraksi data dari suatu website. Jadi, saat kamu melakukan proses pengambilan data dari website dan menyimpannya dalam Microsoft Excel, Google Sheet, atau aplikasi sejenisnya, maka itulah yang disebut web scraping. Proses web scraping bisa dilakukan secara manual atau otomatis dengan sebuah tool. Namun, kini lebih banyak orang yang menyukai menggunakan tool dan melakukannya secara otomatis karena lebih cepat.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2.Teknik Web Scraping

Teknik dalam web scraping dibagi lagi menjadi 2 teknik yaitu secara manual dan otomatis. Salah satu penggunaan web scraping secara manual adalah dengan copy-paste file. Cara manual ini bisa Anda lakukan jika website tidak begitu besar dan memiliki jumlah data yang sedikit. Prosesnya sederhana sekali, Anda tinggal melakukan copy paste data dari website secara manual. Karena masih dilakukan manual maka waktu yang diperlukan lumayan banyak. Jika dibandingkan yang lainnya, metode ini paling efektif dan akurat dari segi data yang ditampilkan karena dilakukan secara manual.


Sedangkan cara otomatisnya bisa menggunakan parsing HTML. Parsing HTML adalah teknik yang menggunakan JavaScript untuk menargetkan halaman linear HTML dan nested HTML. Teknik parsing ini bisa dengan lebih cepat dalam melakukan identifikasi semua script HTML dari suatu halaman website. Teknik parsing HTML ini bisa dengan mudah melakukan ekstraksi file berupa text, data dan links tergantung dari kebutuhan. Parsing HTML juga bisa dilakukan untuk website statis dan website dinamis. Sayangnya saat ini parsing HTML ini tidak bisa berjalan pada semua website karena ada beberapa website yang melakukan proteksi. Ini dilakukan karena ada data dan informasi penting dalam website. Layanan dari Google sheets ternyata juga bisa digunakan untuk tools scraping. Google Sheets menjadi tools scraping yang cukup populer dengan pengguna yang lumayan banyak. Fitur yang tersedia pada Google sheet yang bisa Anda gunakan untuk scraping pada fungsi Import XML. Dengan fitur ini Anda juga bisa mengecek apakah website Anda aman dari tindakan scraping atau tidak.


Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


3.Manfaat Web Scraping

Dilansir dari ScrapingHub, manfaat dari melakukan web scraping adalah memantau harga suatu produk yang ada di pasaran. Misalnya, kamu memiliki bisnis yang menjual suatu jenis makanan, tentunya harus selalu tahu mengenai rentang harga makanan serupa yang dijual di pasaran. Mencari tahu harga bisa dilakukan dengan mudah menggunakan web scraping. Saat sudah mengetahui berapa harga produk yang ditawarkan kompetitor, tentu akan lebih mudah menentukan harga dari produk yang kita jual. Saat kamu akan melakukan bisnis dengan perusahaan lain, tentunya harus mencari tahu lebih banyak dari perusahaan tersebut. Saat melakukan web scraping kamu bisa mendapatkan segala data yang memuat banyak informasi soal perusahaan tersebut. Hal itu berguna untuk mencari tahu apakah perusahaan tersebut memang benar-benar dapat dipercaya dan layak dijadikan partner bisnis. Jadi, hal yang satu ini sangat penting dalam proses pengambilan keputusan.


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Reyvan Maulid

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!