[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 5 Menit 44 Detik 

Kursus Data Science Jakarta: Kenali 3 Package R Berikut, Yuk

Belajar Data Science di Rumah 05-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/83221cbb82149c654f5466af2ef9fcd1_x_Thumbnail800.jpg

Kursus data science Jakarta dan Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Hal ini terjadi dikarenakan ketersediaan praktisi data yang tidak selaras dengan besarnya jumlah sumber daya yang dibutuhkan sehingga membuat banyak orang bukan berasal dari latar belakang pendidikan STEM ingin berkarir di bidang data scientist tapi mempelajari tentang data science. Ada banyak keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang praktisi data khususnya Data Scientist salah satunya adalah kemampuan dalam bahasa pemrograman R. 


Sama seperti python, R juga merupakan bahasa pemrograman yang open source yang memang dikhususkan untuk pengolahan data statistik. Sebagian besar fungsi dan kemampuan R diperoleh melalui package/library. Package sendiri memiliki arti yaitu sekumpulan fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan analisis tertentu. Saat ini R sudah menyediakan sekitar 17.498 package yang bisa kita unduh. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang tiga package yang biasanya digunakan di R yang bisa kita simak dibawah ini.


1. dplyr

Package R yang satu ini dikembangkan untuk menyelesaikan tantangan terhadap manipulasi data dari tingkat pemula hingga ahli. Package ini membuat operasi data kita jadi lebih mudah dengan mendesainnya tindakan ini dikenal dengan istilah verbs. Verb disini melakukan fungsi yang berbeda masing-masingnya. Dplyr sebenarnya dibangun di 5 fungsi antara lain: select, filter, arrange, mutate, dan summarize. Ini semua menggabungkan secara alami dengan group_by() yang memungkinkan kita melakukan operasi apapun "by group". Adapun langkah untuk meload package dplyr adalah sebagai berikut ini:

Syntax

library(dplyr)

dplyr dirancang untuk abstrak tentang bagaimana data disimpan. Yang artinya bekerja dengan data frame lokal, selain itu kita juga bisa bekerja dengan menggunakan table database jarak jauh. Package dplyr sangat powerfull untuk melakukan data manipulation. Karena lebih pemrosesan lebih cepat, kode lebih bersih sehingga lebih rapi dan sistematis, serta kode lebih mudah dipahami.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. modelr

Package ini merupakan salah satu package terbaik yang juga merupakan package komponen tidyverse dengan sejumlah besar fungsi pembantu untuk membantu kita dalam membangun pemodelan. ModelR menawarkan fungsi untuk pengambilan sampel data, menghasilkan model, mengevaluasi model menggunakan metrik kualitas, serta berinteraksi dengan model menggunakan data baru yang tidak diketahui kelasnya. ModelR telah mencapai tujuan untuk membuatnya lebih mudah untuk mengajarkan pemodelan dalam tidyverse. Untuk tugas pemodelan secara umum, kita bisa memeriksa package family dari TidyModel seperti recipes, Rsample, Parsnip dan TidyPysterior. Untuk meload package ini sama dengan pacakage lainnya yaitu

Syntax

library(modelr)


3. ggplot2

Jika python memiliki matplotlib, maka R memiliki ggplot2 yang jauh lebih powerfull lagi, elegan dan kompleks. Oleh karena itu, popularitas ggplot2 sangat baik dalam hal memvisualisasikan data. ggplot2 memungkinkan kita untuk membuat grafik yang dapat merepresentasikan data numerik dan kategorik. Dengan melakukan pengelompokan yang dapat diwakili oleh warna, simbol, ukuran, dan ketebalan point. Selain itu ggplot2 juga memiliki banyak fungsi dan pilihan untuk plot yang akan ditampilkan. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ggplot2 adalah konsisten menggunakan grammar of graphics, sangat fleksibel, terbilang lengkap untuk sebuah package visualisasi jika dibandingkan matplotlib, memiliki banyak fanbase dan komunitas, serta perkembangannya sangat cepat. Adapun cara untuk meload package ggplot2 adalah sebagai berikut :

Syntax

library(ggplot2)


Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Rian Tineges

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!