GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 21 Menit 32 Detik 

Kursus Data Science Online Cocok untuk Fresh Graduate

Belajar Data Science di Rumah 17-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2b58713e9e08a361f3c0247f3c3595ed_x_Thumbnail800.jpg

Suka dengan data dan pemrograman? Fresh Graduate bisa banget memilih jalan karir sebagai praktisi data. Tugas utama praktisi data yaitu mengolah data hingga menemukan informasi yang berguna dan dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan. 


Yup, peran praktisi data di era digital ini memang sangatlah penting. Pertumbuhan data yang sangat cepat sekarang ini menuntut berbagai industri untuk lebih cepat dalam mengolah datanya agar informasi yang diperoleh mampu menjadi landasan memajukan bisnis. Beberapa profesi data yang populer saat ini yaitu Data Scientist dan Data Analyst. 


Profesi seperti Data Scientist dan Data Analyst tidak hanya diincar oleh profesional di bidang IT, loh. Namun tak sedikit juga pemula yang ingin menjadi praktisi data dan berhasil switch karir. Jadi, untuk teman-teman fresh graduate tidak perlu berkecil hati. Kamu juga punya kesempatan untuk berkarir di bidang data. 


Pelajari skill-skill yang wajib dikuasai dan latih kemampuan analisismu. Bagaimana caranya? Kamu bisa mengikuti kursus data science online agar lebih fleksibel dalam belajar. Mau tahu apa saja yang akan kamu dapatkan dengan mengikuti kursus data science online? Yuk, simak di bawah ini!


1. Pilih Kursus dengan Module Pembelajaran Terstruktur

Data Science

Belajar data science secara otodidak akan membingungkan bagi pemula yang tidak memiliki background IT karena tidak tahu harus mulai belajar dari mana. Mengikuti kursus data science online adalah pilihan yang baik bagi pemula dalam belajar data science. DQLab memberikan materi pembelajaran data science yang terstruktur. Modul-modul data science dibuat sedemikian rupa agar memudahkan pemula maupun yang memiliki background IT untuk belajar dan memahami data science dengan baik. Pemahaman materi yang baik merupakan salah satu bekal untuk menjadi talent data yang handal. 


Baca juga: Pelajari Algoritma Data Science, Bekal Penting Calon Praktisi Data


2. Fitur Live Code

data science


Apakah harus menginstall software untuk mulai belajar coding di DQLab


Mungkin ini menjadi pertanyaan yang muncul di benak teman-teman yang ingin belajar coding untuk data science. Jawabannya adalah tidak, DQLab memiliki fitur live code yang berfungsi menjalankan code yang dituliskan selama pembelajaran. 


Fitur live code mirip dengan ketika menggunakan software untuk bahasa pemrograman seperti RStudio untuk R dan Jupyter untuk Python dalam tampilan yang lebih sederhana. Fitur ini memudahkan pemula lebih fokus dalam belajar pemrograman karena tidak perlu ribet menginstall software terlebih dahulu. Seringkali proses install ini bagi pemula sedikit membingungkan sehingga bukannya sibuk belajar pemrogramannya, tapi malah sibuk menginstall software. Jika sudah mulai paham bahasa pemrogramannya, selanjutnya kamu bisa menginstall software bahasa pemrograman tersebut untuk belajar lebih dalam. 


3. Apa Saja Module yang Didapatkan?

data science

Apa saja yang module yang disediakan di DQLab? Mungkin ini menjadi pertanyaan sebagian teman-teman yang sedang mencari kursus data science. 


Di DQLab kamu akan mempelajari SQL, Python, R, dan Excel untuk data science mulai dari dasar hingga pembahasan yang lebih mendalam dengan kasus nyata di dunia data. Modul-modulnya disusun sedemikian rupa oleh praktisi data agar mudah dipahami dan dipelajari oleh pemula. 


Kamu akan belajar pengenalan bahasa pemrogramannya, bagaimana penggunaan package dan librarynya, latihan menggunakan bahasa pemrograman untuk pengolahan data, manipulasi data, dan penyajian data, penerapan machine learning, dan masih banyak lainnya terkait data science. 


4. Bangun Portfolio Data dengan Project

data science

Selain belajar modul yang tersedia, kemampuan kita perlu diasah lagi dengan mengerjakan project-project data. DQLab menyediakan project yang dapat mengasah kemampuan kamu di bidang data dimana data dan kasus yang digunakan menyerupai kasus di dunia nyata. Kerjakan project tersebut sesuai timeline yang kamu tentukan. 


Project-project ini diharapkan dapat membantu para talent data untuk terus semangat mengasah kemampuannya dan nantinya dapat bersaing dengan talent data lainnya di dunia data. Kamu juga bisa membuat project mandiri dengan memakai dataset di situs data, BPS, atau dengan web scraping. Misalnya memantau kasus Covid di daerahmu, analisis data nilai mahasiswa di jurusan kuliahmu, dan lain sebagainya. Tuangkan hasil analisis dengan menarik dan berikan insight yang bermanfaat. 


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


5. Coba Belajar Data Science Sekarang dengan Free Module DQLab

Masih mau coba-coba dan tidak mau rugi di awal? Kamu bisa coba modul gratis DQLab yang membahas mengenai pengenalan Python dan R untuk data science. 


Setelah menyelesaikan modul, kamu akan mendapatkan sertifikat completion secara gratis dan bisa kamu upload di media sosial seperti Instagram, LinkedIn, atau Medium. 


Selain itu DQLab juga sering mengadakan webinar, bedah modul, workshop, challenge, dan lain sebagainya untuk menambah wawasan teman-teman data. Kegiatan ini bisa diikuti oleh member DQLab maupun umum. 


Di DQLab terdapat fitur Job yang berisi job opportunity untuk teman-teman member DQLab. Semua ini bisa kamu akses dengan mendaftar di DQLab.id. Jangan lewatkan kesempatan menjadi salah satu talenta data yang diperhitungkan di industri. 


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!