[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 10 Menit 18 Detik 

Kursus Data Science Online untuk Upgrade Skill di Masa Pandemi

Belajar Data Science di Rumah 26-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/595792fcc00a31a523028701e0d21809_x_Thumbnail800.jpg

Kursus data science online menjadi alternatif yang banyak dipilih untuk belajar tentang data. Apalagi berada di masa pandemi, ditambah kita sedang menjalani PPKM, tentu sangat membatasi aktivitas sehari-hari. Beberapa aktivitas yang biasanya dilakukan tatap muka seperti belajar mengajar, meeting, seminar, workshop, dan lain sebagainya sekarang dilakukan secara daring. Perkembangan teknologi saat ini pun sudah cukup memenuhi kebutuhan alat yang mendukung aktivitas daring tersebut. 


Terbatasnya pergerakan aktivitas diluar rumah bukan berarti hanya berdiam diri saja. Kita bisa mengupgrade skill dari rumah, salah satunya mengenai data science. Tidak hanya yang sudah profesional di bidang IT, para pemula pun bisa memulainya. Saat ini banyak berdiri lembaga kursus data science online salah satunya yaitu DQLab. Dengan pembelajaran yang terstruktur, mentor ahli di bidang data, materi yang mudah dipahami, dan keuntungan lainnya menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki DQLab. Nah, seperti apa sih kursus data science di DQLab dan apa saja yang dipelajari untuk upgrade skill? Yuk, simak dibawah ini!

1. Tips Belajar Data Science Pemula

Belajar data science tidak dilakukan secara instan. Perlu ketekunan dan banyak berlatih agar mampu memahami data science dengan baik. Beberapa tips berikut bisa kamu lakukan untuk memulai belajar data science yaitu:

  • Tentukan tujuanmu belajar data science. Misalnya kamu ingin menjadi data analyst, maka pelajari skill yang dibutuhkan untuk menjadi data analyst. 

  • Pilih lembaga kursus yang mendukung tujuanmu belajar data science.

  • Install tools yang sedang dipelajari misalnya Python, R, atau SQL.

  • Mulai pembelajaran secara bertahap. DQLab telah menyusun module yang bertahap sehingga pemula tidak bingung mulai dari module yang mana.

  • Jangan tergesa-gesa mengerjakan. Pahami dengan baik tugas dan penjelasannya. Sebisa mungkin meminimalisir penggunaan fitur hint pada live code DQLab agar semakin tertantang menyelesaikan soal.

  • Set up ruang belajarmu agar nyaman berlama-lama di depan laptop.

  • Tentukan waktu belajar yang konsisten agar tidak lupa dengan materi yang sudah dipelajari. Misalnya target satu minggu satu module.

Jika kamu sudah di tingkatan yang lebih mahir, bisa mencoba mengerjakan project atau challenge yang ada untuk mengasah pemahaman belajarmu dan membangun portofolio data. 

Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. SQL untuk Akses Data

SQL (Structured Query Language) adalah tools yang digunakan untuk mengelola data seperti membuat infrastruktur data, menyimpan data, mengakses data, dan berbagai fungsi lainnya. Seorang data engineer, data scientist, dan data analyst wajib mampu menggunakan SQL. Ketiga profesi tersebut selalu berhadapan dengan data, misalnya seperti data analyst menggunakan query SQL untuk mengakses data yang dibutuhkan ketika melakukan analisis. Di DQLab terdapat module SQL yang berisi materi yang membahas fungsi-fungsi yang sering digunakan dalam pengelolaan data. Beberapa fungsi yang sering digunakan yaitu antara lain SELECT untuk mengakses tabel dalam database, INSERT untuk menginput data ke dalam database, UPDATE untuk mengupdate data dalam database, JOIN untuk menggabungkan antara tabel satu dan lainnya, GROUP BY untuk mengelompokkan data bernilai sama ke dalam satu satu grup, dan lain sebagainya.


3. Bahasa Pemrograman untuk Data Science

Ilmu komputer merupakan salah satu pilar ilmu yang mendirikan data science. Maka dari itu, ketika belajar data science wajib belajar pemrograman. Bahasa pemrograman yang populer digunakan untuk data science adalah R dan Python. Keduanya bersifat open source, artinya dapat digunakan oleh siapa saja untuk mengembangkan program. Baik R maupun Python memiliki banyak library yang mendukung data science. Module di DQLab fokus memberikan pembelajaran pemrograman pada R dan Python yang mudah dipahami oleh pemula sekalipun. Contoh data yang digunakan serta kasus yang dibahas mirip dengan di dunia nyata sehingga kita bisa mendapat gambaran seperti apa bentuk data dan kasus yang sering dihadapi di dunia data. Bagi yang belum pernah belajar pemrograman, jangan khawatir! Belajar pemrograman di DQLab dibahas bertahap mulai dari dasar seperti pengenalan bahasa pemrograman dan bagaimana penggunaan sintaksnya.


4. Data Science untuk Marketing

Data science untuk marketing akhir-akhir ini menjadi materi yang banyak dibahas di berbagai platform. Data science bertujuan mengolah data dengan lebih efektif, efisien, dan akurat untuk memperoleh informasi yang berguna salah satunya adalah untuk marketing. Dari data yang diolah kita dapat memperoleh informasi misalnya apakah penjualan produk berjalan sesuai target atau cabang mana yang penjualannya kurang bagus. Informasi tersebut dapat dijadikan insight untuk evaluasi strategi marketing selanjutnya agar target penjualan terus mencapai atau melebihi target. Oleh karena itu, para talent data juga harus mempelajari ilmu bisnis, minimal paham dengan istilah-istilah bisnis agar dapat menyampaikan hasil analisis data pada pihak terkait seperti bagian marketing dan mampu memberikan insight untuk menyelesaikan masalah bisnis tersebut. 

Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


5. Awali Karir di Bidang Data dengan Kursus Data Science Online di DQLab

Kursus data science online bisa menjadi pilihan yang menguntungkan bagi para pekerja atau pelajar yang ingin belajar data science namun terkendala waktu dan lokasi. Dengan mengikuti kursus data science online, kamu bisa mengakses pembelajaran kapanpun dan dimanapun sesuai dengan waktu luang yang kamu punya. DQLab menyediakan beberapa paket belajar yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget yang kamu punya. Jangan lupa juga untuk mulai membangun portofolio datamu sebagai jembatan mengawali karir di bidang data. Yuk, Sign Up di DQLab dan upgrade skill datamu!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!