DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 20 Jam : 51 Menit : 9 Detik

Kursus Data Scientist, UpSkill di Era Pandemi

Belajar Data Science di Rumah 19-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/da0c0b64873a9caeefd70f379188a832_x_Thumbnail800.jpg

Profesi Data Scientist masih menjadi primadona sampai saat ini. Karena profesi ini merupakan profesi yang multidisiplin jadi semua bidang disiplin ilmu bisa memiliki kesempatan untuk berkarir sebagai Data Scientist, selama kamu memiliki skill yang sesuai. Bahkan beberapa perusahaan rela memberikan gaji tinggi untuk seorang Data Scientist yang kompeten. Tak heran, banyak orang yang ingin meng-upgrade skill mereka meskipun di tengah pandemi seperti sekarang ini. Tak ada alasan memang untuk tidak upgrade skill di era serba digital ini, mengingat sudah banyak lembaga-lembaga yang menyediakan kursus data scientist berbasis daring saat ini. Salah satunya adalah DQLab. Sebagai platform edukasi Data Scientist, DQLab akan membantu untuk meningkatkan skill kamu terkait Data Scientist, meski hanya dirumah saja kamu bisa menjaga kesehatan dan mendapatkan ilmu dengan bermodalkan internet dan laptop atau komputer kamu sudah bisa mengaksesnya.


Kursus Data Scientist berbasis daring menuntut kita untuk belajar mandiri dan learning by doing, hal tersebut bukan perkara yang mudah pastinya. Dalam mengikuti kursus Data Scientist pasti selalu ada tantangan dan kendala yang harus bisa kita atasi secara mandiri, dan hal itu bagus karena kita dapat mengasah kemampuan problem solving kita serta dari hambatan tersebut secara tidak langsung membuat kita untuk mempelajari materi tertentu secara berulang dan hal tersebut dapat memaksimalkan pemahaman konsep kita. Bersama DQLab, artikel ini akan membahas, 3 tips belajar efektif melalui kursus Data Scientist meski di era pandemi. Untuk itu, jika kamu sering mengalami kendala ketika belajar Data Scientist artikel ini wajib kamu baca sampai tuntas !


1. Buat Target Belajar

Kamu harus membiasakan untuk membuat target belajar mulai dari sekarang. Dengan membuat target belajar, kamu akan terpacu untuk terus belajar dan secara tidak langsung kamu dapat memunculkan rasa motivasi dari dalam diri sendiri. Target belajar merupakan salah satu cara efektif untuk menjaga kamu tetap berada dalam jalur tujuan dan perencanaan yang kamu buat sebelumnya, selain itu target belajar bisa dikategorikan kedalam 2 kategori yaitu jangka panjang atau jangka pendek. Dengan menerapkan keduanya kamu dapat memonitor proses pencapaian kamu dengan baik. Adanya target belajar, membuat ritme belajar kamu lebih teratur, kamu juga jadi memiliki tanggung jawab atas diri kamu sendiri. Kamu bisa memulai membuat target belajar per minggu untuk memahami suatu materi dengan baik, atau bahkan jika kamu sudah memahami dasar-dasar materi dengan baik kamu bisa membuat target harian. Sesuai kan durasi capaian target mu dengan kemampuan kamu, jangan hanya karena ingin cepat menyelesaikan suatu materi kamu membuat target terlalu cepat tanpa memperhatikan tingkat pemahaman konsep kamu.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Bersahabatlah dengan Error dan Bug

Dalam mengikuti kursus Data Scientist pasti kamu akan mengalami kendala seperti error atau bug pada code kamu, dan kamu pasti akan merasa kesal dan bingung. Hal tersebut wajar, tapi juga jangan berlarut-larut. Mulailah untuk bersahabat dengan Error atau Bug dengan cara membaca keterangan penyebab error tersebut lalu, kamu coba untuk mencari solusinya di materi yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Jika kamu membiasakan cara ini, secara tidak langsung kamu akan membuat dirimu untuk mempelajari materi-materi secara berulang-ulang, hal ini bagus karena dapat membuat kamu memahami konsep suatu materi lebih maksimal. Selain itu dengan kamu bersahabat dengan error, secara langsung membuat kamu mengasah softskill yang problem solving. Perlu diingat salah satu softskill yang harus dimiliki jika kamu ingin berkarir sebagai Data Scientist adalah rasa keingintahuan yang tinggi, dan kemauan untuk terus belajar.


3. Mulai Bangun Portfolio

Untuk mampu bersaing kamu perlu membangun portfolio data, portfolio adalah ajang untuk memperlihatkan skill kamu, portfolio juga sebagai alat untuk melihat progres atas kemampuan kamu. Lalu, salah satu manfaat dari mengikuti kursus Data Scientist adalah dapat membangun portfolio dari project yang diberikan. Contohnya adalah DQLab, kamu dapat mulai membangun portfolio data dengan mengikuti DQWEEKEND dan menyelesaikan modul-modul yang diberikan secara bertahap, selain itu DQLab memberikan banyak studi kasus yang bisa kamu jadikan self-project untuk dicantumkan di portfolio kamu.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk, Belajar Data Science Sekarang !!!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Akses module Introduction to Data Science

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!