BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 10 Jam 48 Menit 49 Detik 

Kursus Excel Bersertifikat untuk Langkah Awal Karir di Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 29-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5b85cec797ba2b7f980a33202c093887_x_Thumbnail800.jpg

Excel menjadi kompetensi dasar yang wajib dikuasai jika ingin berkarir di bidang data. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft untuk mempermudah pengolahan data numerik lebih cepat dan akurat. Selain menguasai matematika dan statistika, praktisi data juga harus menguasai tools yang mampu membantu proses pengolahan data seperti bahasa pemrograman R, Python, SQL, dan Excel. Bagi yang tidak memiliki background IT, kamu bisa memulai dengan mempelajari Excel dari berbagai tutorial yang ada di internet baik dalam bentuk artikel maupun video. Bisa juga mengikuti webinar atau workshop. 


Excel tidak hanya digunakan untuk mengolah data tapi juga bisa untuk manajemen data agar lebih rapi. Misalnya kamu ingin membuat tabel pengeluaran bulanan rumah tangga, tabel nilai siswa, membuat daftar gaji, dan lain sebagainya. Jadi Excel juga banyak digunakan terkait administrasi. Untuk meningkatkan skill Excel secara intensif, kamu bisa mengikuti kursus yang menyediakan modul-modul Excel dengan mentor profesional. Ada juga yang memberikan sertifikat gratis setelah menyelesaikan modul. Dimana bisa mendapat kursus Excel bersertifikat? Simak daftarnya di bawah ini!


1. Kenapa Excel?

Excel banyak digunakan untuk aktivitas yang terkait dengan data seperti membuat tabel, melakukan perhitungan matematika sederhana, melakukan perhitungan statistik, data analisis dengan berbagai metode, membuat grafik atau plot untuk menyajikan data, dan lain sebagainya. Ada beberapa fitur yang sudah tersedia ketika kita menginstall Excel, namun ada juga fitur yang harus ditambahkan ke dalam Excel sebelum menggunakannya misalnya fitur Data Analysis. Kamu akan menemukan banyak sekali fitur Excel yang sangat membantu pekerjaan terkait data saat mengeksplor langsung Excel.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Prakerja

Prakerja adalah salah satu program pemerintah yang memberikan fasilitas untuk masyarakat umum untuk meningkatkan skill. Salah satu pelatihan yang disediakan adalah Excel, mulai dari Excel untuk marketing, pengelolaan bisnis, manajemen data, analisis statistik, dan lain sebagainya. Kamu dapat mempelajarinya secara gratis dengan daftar di situs prakerja. Isikan data diri sesuai yang diminta, dan ikuti tesnya. Jika tesnya lolos, kamu akan mendapatkan saldo untuk membeli pelatihan yang kamu inginkan misalnya Excel untuk marketing. Biasanya nanti akan diberikan jadwal pelatihannya. Durasi pelatihan beragam tergantung lembaga dan mentor yang memberikan materi. Selesai pelatihan kamu bisa memperoleh insentif dan juga sertifikat hasil belajar. 


3. Module Platinum DQLab

DQLab merupakan lembaga kursus yang fokus pada pembelajaran data science. Ada modul SQL, R, Python, dan Excel. Semua modul di mentori oleh praktisi data profesional. Untuk pembelajaran Excel tingkat dasar hingga tingkat lanjut, bisa kamu akses dengan membeli paket platinum DQLab dengan harga yang terjangkau mulai 99 ribu. Tidak hanya pembelajaran modul, di DQLab juga ada challenge dan project untuk mengasah kemampuan datamu. Kamu bisa buat portofolio data dari project DQLab, loh. Pantau terus media sosial DQLab supaya tidak kelewatan promo-promonya ya!


4. Microsoft Office Specialist

Belajar Excel bisa dari mana saja baik online maupun offline. Jika kamu mencari di internet, ada banyak situs yang memberikan materi Excel secara gratis dan bersertifikat. Dari Microsoft juga ada pelatihan Microsoft Office Specialist (MOS) untuk kamu yang ingin mengasah skill sekaligus mendapatkan sertifikasinya. Pelatihan ini memang berbayar, namun bisa jadi pilihan bagi kamu yang membutuhkan sertifikasi untuk keperluan pekerjaan. Sertifikat tersebut akan menjadi bukti bahwa kamu memang memiliki kemampuan dalam menggunakan Excel. Upload di media sosial profesional kamu agar rekruter tertarik dengan skill mu. 


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Belajar Excel Online Dimana Saja dan Kapan Saja

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, belajar Excel bisa dimana saja dan kapan saja. Dari pelajar dan pekerja bisa belajar Excel hingga mahir. Tidak hanya yang berbayar, saat ini juga ada banyak kursus Excel online dan gratis. Tidak sedikit pula yang memberikan sertifikat completion. Mau belajar Excel gratis? Di DQLab, aja! Caranya mudah banget. Kamu tinggal daftar di DQLab.id dan dapatkan akses Free Module Excel. Di Discord ada forum untuk sharing antar member juga, loh! 


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :