PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 23 Menit 58 Detik 

Kursus Excel Online: Apa Saja Manfaatnya Bagi Pemula?

Belajar Data Science di Rumah 20-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4c2eb97b0b5251ced3930ce276e84a70_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan aplikasi yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation sama seperti Word, Power Point, dan lainnya. Excel berbentuk spreadsheet berisikan kolom dan baris. Aplikasi Excel digunakan untuk mengolah data secara otomatis menggunakan berbagai rumus perhitungan dasar, statistik, pembuatan tabel, penyajian data dengan grafik, hingga melakukan manajemen data. Rumus pada Excel disebut juga formula, letaknya di bagian atas spreadsheet. Kita bisa menuliskan rumus yang ingin diterapkan di kolom tersebut. 


Excel menjadi salah satu aplikasi yang wajib dikuasai apalagi jika kamu ingin bekerja di bidang data. Aplikasi ini dapat menjadi awal pembelajaranmu dalam mengolah data. Kamu bisa coba fungsi-fungsi yang tersedia dan juga fitur data analysis untuk melakukan analisis datamu. Fitur tersebut harus ditambahkan dengan Add-Ins Analysis Toolpak. Banyak tutorial yang dapat dengan mudah kamu temukan di blog, youtube, buku, dan lainnya. Selain itu kamu juga dapat mengikuti kursus Excel online. Apa saja sih manfaat yang diperoleh? Yuk, simak jawabannya disini!


1. Fleksibilitas Tinggi

Ketika kamu mengikuti kursus Excel online, kamu akan lebih fleksibel dalam belajar. Bagi kamu yang pelajar, mahasiswa, atau pekerja, bisa menyesuaikan waktu belajar di waktu-waktu luang misalnya setelah selesai kuliah atau setelah pulang bekerja dan bisa juga disaat weekend. Selain itu dengan mengikuti kursus Excel online kamu bisa belajar dimana saja, seperti di rumah, cafe, atau tempat lain yang kamu sukai. Kelebihan ini belum tentu kamu dapatkan jika mengikuti kursus secara offline. Belum lagi biaya transportasi yang harus dikeluarkan untuk perjalanan pulang pergi ke tempat kursus. Penyesuaian jadwal kursus biasanya juga akan lebih sulit apalagi yang sudah bekerja. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Mentor Profesional

Manfaat selanjutnya jika mengikuti kursus Excel online adalah kamu akan belajar bersama dengan mentor profesional. Mentor-mentor tersebut sudah ahli di bidang data terutama mengolah data dengan Excel. Mulai dari fungsi dasar, mengolah data statistik, dan lain sebagainya. DQLab menyediakan beberapa modul Excel yang akan menunjang pembelajaran datamu. Modul Excel yang disediakan DQLab antara lain yaitu penguasaan Excel tingkat dasar, tingkat lanjut, dan data cleansing. Seperti yang kita tahu data cleansing atau pembersihan data penting dilakukan agar data tidak ada missing value dan lainnya sehingga hasil analisis yang diperoleh maksimal. 


3. Memperluas Koneksi

Memperluas koneksi merupakan salah satu hal yang cukup penting saat mencari pekerjaan. Koneksi ini bisa kamu jalin dengan mentor data di media sosial, mengikuti webinar atau workshop tentang Excel, serta melalui kursus Excel online. Kamu dapat mulai terhubung dengan peserta webinar atau workshop yang diikuti seperti di LinkedIn. Nah, DQLab menyediakan forum di Discord untuk membahas modul-modul pembelajarannya, project, maupun diskusi antar membernya. Bagaimana agar bisa terhubung dengan praktisi data? Kamu coba mengerjakan project yang ada di DQLab, sajikan dalam bentuk yang menarik, kemudian upload di LinkedIn dan tag akun praktisi data yang terkait dengan project. Bisa saja kamu akan dapat feedback dari praktisi data tersebut mengenai projectmu. 


4. Sertifikat Completion

Dengan mengikuti kursus Excel online, kamu juga akan mendapatkan sertifikat hasil belajar atau sertifikat completion. Sertifikat bisa digunakan untuk menambah pengalaman belajarmu dan di posting di media sosial seperti Instagram atau LinkedIn. Memang terlihat sederhana, namun hal ini dapat menjadi daya tarik tersendiri di mata recruiter ketika melamar pekerjaan. Sertifikat yang kami punya dapat menjadi bukti bahwa kamu telah memiliki kompetensi tersebut. Kamu bisa upload sertifikat beserta cerita pengalaman belajarmu dan apa yang kamu dapatkan dari pembelajaran tersebut. 


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Bangun Portofolio dengan Project Excel

Project data merupakan salah satu cara untuk mulai membangun portofolio datamu. Buat mini project dengan mengambil data melalui web scraping, Kaggle, Badan Pusat Statistik, dan lain sebagainya. Lakukan pengolahan data menggunakan Excel kemudian tuliskan proses pengerjaannya dan hasil analisisnya. Selanjutnya buatlah kesimpulan dari seluruh proses analisis dan paparkan insightnya. Kamu dapat mengerjakan modul Excel di DQLab dan dijadikan project data sederhana. Bagaimana aksesnya? Kamu cukup mendaftar di DQLab.id dan dapatkan akses gratis belajar Excel dasar.


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :