GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 58 Menit 41 Detik 

Langkah Awal Belajar Bahasa R Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 25-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bc9119006559d9598786fd65df0bfc77_x_Thumbnail800.jpg

Dalam bidang Data Science memiliki dua platform bahasa pemrograman yang sangat populer yaitu Python dan R. Bahasa pemrograman dikenal juga dengan nama bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah kumpulan sintaks yang berfungsi untuk memerintahkan perangkat lunak pada komputer. Sederhananya, bahasa ini dipakai untuk membuat program komputer menggunakan aturan logika komputer. Bahasa R sendiri sangat bagus digunakan untuk uji statistik, klasifikasi, klasterisasi baik dalam visualisasi data maupun fungsi lainnya.


Salah satu kursus Data Science Online yang sangat direkomendasikan untuk belajar data adalah DQLab. Paket kursus serta modul yang ditawarkan oleh DQLab bervariasi mulai dari gratis hingga berbayar maupun paket platinum. Materi kursus yang diajarkan disesuaikan dengan kebutuhan industri dan praktisi data seperti tersedianya tiga bahasa pemrograman seperti R, Python, SQL. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencoba modul platinum seperti Excel dan Digital Marketing. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara yang efektif untuk memulai belajar Bahasa R. Artikel ini tentunya dapat menjawab rasa penasaran khususnya bagi kamu yang baru akan memulai belajar Data Science. Selamat belajar dan jangan lupa untuk diterapkan, ya!


1. Pahami Konsep Dasar Bahasa R

Mulai belajar dari konsep merupakan langkah yang sangat tepat dan cerdas. Ibarat ingin membangun sebuah rumah maka dibutuhkan pondasi yang kokoh, sama halnya dengan mempelajari ilmu lain selain Data Science. Seperti yang sudah kita paparkan sebelumnya, bahwa bahasa pemrograman R merupakan bahasa komputer yang hampir sama dengan Python yang dirancang sebagai bahasa pemrograman komputer yang sebenarnya. Bahasa pemrograman R adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menguji, mengolah, dan menganalisis data statistika, grafik,Data Science, dan sejenisnya. Selain itu, bahasa pemrograman R menyediakan bermacam-macam teknik statistika diantaranya seperti pemodelan linier dan non linier, analisis deret waktu, statistik klasik, dan lain sebagainya.


Baca juga : Kursus Belajar Data dengan Bahasa R untuk Pemula 


2. Perbanyak Latihan dengan Live Code Editor

Buat kamu sahabat data yang sudah berlangganan di DQLab maupun yang baru ingin berlangganan, kamu perlu tahu dengan fitur baru DQLab yaitu Timer Live Code Editor. Penambahan fitur timer ini berfungsi agar menjaga sesi belajar kalian tidak idle selama 30 menit sejak sesi dimulai. Jika kalian ingin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melakukan praktek di live code editor, maka timer dapat di reset dengan menekan tombol refresh. Fitur Timer Live Code Editor ini juga digunakan sebagai mekanisme perlindungan sistem pada sesi belajar di DQLab dan memastikan keamanan data pengguna atau member tetap terjaga. Tentunya keamanan dan kenyamanan adalah prioritas utama sehingga sahabat data DQLab bisa belajar dengan nyaman dan menghasilkan output prediksi yang tepat.


3. Terapkan dan Bangun Portofolio dengan DQLab Project

DQLab Project merupakan salah satu wadah bagi member DQLab untuk membangun portofolio data mereka. Bersama DQLab, kamu berpeluang besar untuk mengasah kompetensi datamu dan menghasilkan portofolio data yang baik, guna mempersiapkan dirimu dalam menghadapi industri nyata. Selain unggul dengan kemudahan dalam mengakses dimana saja dan kapan saja, DQLab juga memberikan kesempatan untuk menyesuaikan kompetensi yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan berlatih menggunakan project yang ada di DQLab, kamu juga bisa menghasilkan proyek data yang nantinya akan berguna untuk membangun portofolio datamu.


4. Bangun Relasi Bersama Praktisi Data Lainnya

Dengan mengikuti program Data Mentoring DQLab, kamu bisa belajar secara langsung bersama ahlinya, dan kamu juga berkesempatan untuk membangun relasi bersama para praktisi dan member DQLab lainnya. Selain itu kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan feedback dan arahan secara langsung dari ahlinya tentang materi yang sedang diulas bersama. Komunikasi dua arah inilah yang membuat metode pembelajaran menjadi lebih efektif.


Baca juga :Belajar Data Science untuk Tingkatkan Kompetensi R


5. Tunggu Apa Lagi? Saatnya Belajar Bahasa Pemrograman R Sekarang di DQLab!

Mulai sekarang buang jauh-jauh perasaan ragumu untuk memulai belajar Data Science dengan menggunakan Bahasa Pemrograman R. Jangan khawatir, meskipun kamu tidak memiliki latar belakang pendidikan Science, Technology, Engineering, & Math (STEM), kamu tetap bisa lho kuasai Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! SIGN UP sekarang untuk mulai belajar data di DQLab.id!


Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!