GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 4 Menit 47 Detik 

Langkah Mudah Belajar Data Science untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 09-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/308373d75a4542424355d585fda91461_x_Thumbnail800.jpg

Data Science merupakan ilmu yang kini sudah tidak asing lagi didengar. Ilmu data ini menjadi salah satu kompetensi yang paling cepat berkembang dan juga sudah memberikan nilai yang luar biasa bagi perusahaan maupun industri lainnya. Namun, Data Science sendiri merupakan studi ilmu yang cukup luas cangkupannya, banyak pemula diantaranya yang bingung darimana harus memulainya. 

Belajar Data Science sendiri juga sudah menjadi tren terutama saat ini sudah memasuki era digital. Kunci utama yang perlu kamu kuasai adalah Kepo atau memiliki keingintahuan yang tinggi sehingga kamu siap menjadi praktisi data yang ahli. Namun jika tujuan kamu bukan berfokus pada profesi di bidang data, keterampilan dalam mengolah data akan memberikan dampak dan keuntungan besar dalam prospek karir dimanapun kamu berada.

Dengan memiliki kompetensi Data Science, kamu dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan strategi bisnis dari data yang tersedia. Menarik bukan? Jika kamu ingin mengetahui caranya lebih lanjut, yuk simak dan baca lebih lanjut artikel ini bagaimana belajar Data Science dengan mudah untuk pemula!


1. Mengetahui Ilmu Data Science

Tentunya perlu untuk mengetahui apa itu Data Science. Data Science merupakan sebuah bidang studi yang menggabungkan keterampilan pemrograman, keahlian domain, ilmu matematika dan statistika dimana kedua kompetensi tersebut merupakan dasar dari fondasi ilmu data science. Ilmu data ini kegiatannya mencakup penyiapan data untuk analisis, melakukan analisis data tingkat lanjut, dan menyajikan hasil data yang telah dianalisis. Terlepas dari industri ataupun perusahaan apapun, banyak dari mereka yang sudah menyadari pentingnya ilmu data science serta menerapkan ilmu tersebut secara efisien. Dengan mengimplementasikan Data Science tentunya akan sangat membantu bisnis kedepannya sehingga kamu dapat menerapkan keputusan secara tepat dalam strategi bisnis yang ada.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Mempunyai Keahlian dan Tools untuk Belajar Data Science

Dengan mengetahui pentingnya belajar Data Science, kamu juga harus tahu beberapa tools yang digunakan atau mendukung pembelajaran kamu. Adapun diantaranya kamu menggunakan tools seperti Phyton, Software R, SQL, atau kamu juga bisa menggunakan Microsoft Excel. Dengan memahami matematika dan statistika, kamu akan terbantu dalam pengaplikasian tools yang tersedia untuk proses pengolahan data. Selain itu, pentingnya memiliki problem solving dan rasa ingin tahu yang tinggi terkait studi kasus nyata serta keahlian komunikasi dan visualisasi guna menyampaikan insight yang didapatkan dari data tersebut.


3. Belajar Data Science Dimanapun dan Kapanpun

Belajarr Data Science tidak terpaku dari background manapun, baik memiliki latar belakang IT ataupun NON IT semua memiliki kesempatan yang sama. ilmu Data Science juga bisa dipelajari lebih mendalam dengan mencari medium untuk belajar, seperti mengikuti kelas online, ikut ke dalam komunitas, membaca artikel blog atau belajar secara otodidak hanya dengan menggunakan internet saja. Dengan kompetensi yang kamu miliki, kamu akan lebih paham dengan cara kerja data science seperti mengenal algoritma lebih dalam, menentukan model yang sesuai dengan study case dan tentunya dapat menentukan keputusan yang tepat.


4. Mulailah Bangun Portofolio Data

Pengetahuan yang kamu peroleh terkait belajar Data Science, kiranya kurang lengkap apabila tidak menerapkan studi ilmu tersebut atau mengasah kemampuanmu secara praktisi. Dengan mengikuti kelas online yang tersedia mengerjakan proyek yang dapat kamu gunakan sebagai portofolio datamu. Hal tersebut bisa menjadi salah satu investasi yang bisa membantu kamu menyiapkan karir di industri sama kini diantaranya seperti Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Bersama DQLab, Kamu Bisa Mulai Belajar Data Secara Otodidak

Setelah kamu sudah mengetahui poin-poin yang perlu disiapkan, yakin masih berfikir memulai belajar Data Science sulit? Jangan khawatir, DQLab menawarkan berbagai program belajar yang sesuai dengan kebutuhanmu dan juga bekal untuk memulai karirmu di industri, lho. Sign up sekarang untuk mulai belajar "Introduction to Data Science" secara GRATIS dan tentunya latar belakang pendidikan bukanlah sebuah halangan karena proses belajar di DQLab terbuka untuk semua background pendidikan, baik dari latar belakang IT maupun NON IT!



Penulis: Agnes Nurlisa

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!