DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 49 Menit 38 Detik 

Langkah Mudah Mengkonversi Excel ke PDF

Belajar Data Science di Rumah 06-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7eec2630e8b5c94f957e300e1cf93ef7_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, apakah kalian pernah mengerjakan sesuatu di microsoft excel? Mungkin sebagian besar dari kita pernah mengerjakannya yaa. Yaa, excel memang termasuk salah satu aplikasi yang sangat sering digunakan baik untuk menginput data, tabulasi data, mengolah data, dan lainnya. Namun ada kalanya file yang kita kerjakan dari excel itu dibutuhkan dalam bentuk pdf. Oleh karena itu pada artikel kali ini salah satunya kita akan mengetahui cara mengkonversi excel ke PDF.


Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini terdapat banyak sekali format dokumen yang bisa digunakan. Salah satu format yang umum digunakan adalah pdf, terutama dalam hal yang berkaitan dengan data. Format pdf ini banyak digunakan karena salah satu kelebihannya adalah sifatnya yang fleksibel. Jika kita membuka file berformat pdf di komputer atau di smartphone, maka file akan terbuka tanpa adanya perubahan data atau isi. Dengan kelebihan tersebut, sekarang pun banyak orang yang sering mengkonversi file menjadi pdf. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan mengenali file apa saja yang dapat dikonversi ke pdf serta bagaimana langkah-langkahnya.


1. Excel ke PDF

Sebagian besar dari kita sudah mengetahui aplikasi microsoft excel serta fungsi dari microsoft excel. Excel seringkali digunakan untuk tabulasi data, menghitung ata dan lain-lain. Seringkali kita lebih baik mengkonversi file excel menjadi bentuk pdf, terutama jika kita ingin mencetaknya atau membagikan file tersebut kepada orang lain. Berikut ini merupakan langkah-langkah mengubah file excel ke pdf langsung melalui microsoft excel:

  1. Buka file excel yang akan diubah menjadi pdf

  2. Block lembar kerja, atau menggunakan page break

  3. Klik menu file

  4. Klik menu save and send

  5. Klik create pdf/xps document

  6. Klik save as pdf


Baca juga : Data Sekunder Adalah Jenis Data Penelitian yang Wajib Diketahui


2. Word ke PDF

Microsoft word merupakan ‘saudara’ dari microsoft excel,yang merupakan sama-sama pengembbangan dari microsoft office. Sedikit berbeda dengan microsoft excel, microsoft word merupakan aplikasi pembuatan dokumen dan pengolahan kata. Namun terkadang kita menginginkan file word kita tidak diedit lagi oleh orang lain ketika kita mengirimkannya. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan cara mengkonversi file word menjadi pdf. Adapun langkah-langkah mengubah file word menjadi psd dengan adalah sebagai berikut (menggunakan software gratis WPS) :

  1. Buka dokumen word yang ingin diubah menjadi pdf

  2. Klik “menu” dan pilih “export to pdf”

  3. Centang file dan pilih halaman yang ingin disimpan ke pdf

  4. Klik ikon “export to pdf”


3. Gambar ke PDF

File gambar memiliki berbagai macam format. Mulai dari format jpg, jpeg, png dan masih banyak lainnya. Saat ini jika kita berurusan dengan data secara online sering kali disyaratkan untuk upload foto dalam bentuk format pdf. Berikut beberapa cara mengubah file foto (jpg) ke pdf:

  1. Buka aplikasi jpg pdf converter

  2. Klik opsi files, pilih file jpg yang akan diubah

  3. Klik opsi folder

  4. Ubah file-file jpg yang dikumpulkan menjadi satu folder

  5. Atur format menjadi pdf

  6. Setting ukuran kertas dan kompresi gambar

  7. Klik convert to pdf


4. Langkah Alternatif Mengkonversi Excel ke PDF

Pada bagian sebelumnya kita telah mengetahui beberapa kelebihan mengkonversi file dari word dan excel serta mengkonversi gambar ke dalam bentuk pdf. Selain itu kita juga telah mengetahui langkah-langkah mengkonversi file-file tersebut. Namun, masa kini terdapat banyak platform online yang menyediakan jasa konversi dari berbagai macam file menjadi bentuk pdf, Caranya cukup mudah, kita cukup mengetikkan keyword di google ‘konversi (word/excel/jpg/png) ke pdf’ maka selanjutnya akan muncul berbagai macam url yang menyediakan jasa tersebut. PAda umumnya kita cukup mengupload file yang akan kita konversi lalu kembali mendownloadnya jika sudah berubah menjadi bentuk pdf.


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder: Sumber-Sumber Data Sekunder


5. Meniti Karir Menjadi Praktisi Data Bersama DQLab

Data pada masa kini menjadi hal yang tidak asing bagi kita. Begitu pula dengan profesi yang berkaitan dengan data seperti data scientist, data analyst, data engineer, dan masih banyak lainnya. Profesi tersebut pun memiliki peminat yang banyak. Kita dapat mulai belajar menjadi praktisi data dengan cara mengikuti kursus online di  DQLab. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mulai mengakses modul gratis dari R, Python atau SQL untuk meningkatkan kompetensi dalam rangka persiapan menjadi data scientist. Yuk, mulai bangun portofolio datamu!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :