FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 18 Menit 9 Detik 

Left Join vs Inner Join SQL, Apa Saja Sih Perbedaannya?

Belajar Data Science di Rumah 25-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/38ba91fde7fa7ffd779ef3ca27a358b1_x_Thumbnail800.jpg

Segala sesuatu yang berhubungan dengan database, pasti akan berkaitan dengan SQL. Pasalnya, SQL merupakan bahasa umum yang digunakan untuk mengakses database, termasuk pada proses pendefinisian seperti membuat database, menambahkan tabel, dll., serta pada proses modifikasi data, seperti menambahkan input data, menampilkan data, mengupdate, dan lainnya. Karena SQL merupakan bahasa umum, sehingga software-software RDBMS meskipun berbeda vendor menggunakan bahasa ini sebagai bahasa persatuannya.

Join dalam SQL merupakan hal yang harus dikuasai. Dalam pekerjaan seorang praktisi data, pasti akan dihadapkan pada proses penggabungan data. Pemilihan jenis join yang tepat akan membuat data yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan. Kali ini, kita akan membahas mengenai tipe join yang berupa Left Join dan Inner Join. Apa saja sih perbedaan yang cukup mencolok dari keduanya? Yuk, simak pembahasannya di artikel berikut!

1.Mengapa Join SQL Dibutuhkan?

Umumnya, data yang dimasukkan ke dalam table di database hanya akan memuat satu pembahasan saja. Misalnya table employee, maka hanya akan fokus tentang id employee, employee, seperti nama, tanggal lahir, alamat, dll. Nah, jika kita ingin melihat berapa banyak penjualan yang dilakukan oleh setiap karyawan, tentunya tidak cukup hanya menggunakan table employee saja, melainkan kita butuh untuk menggabungkannya dengan table lain. Dalam hal ini lah penggunaan join menjadi sangat dibutuhkan, agar data yang kita miliki semakin kaya akan informasi sehingga insight yang didapatkan bisa menjawab permasalahan yang ada.

Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2.LEFT JOIN

sql

Join yang disediakan oleh SQL ada beberapa tipe, salah satunya adalah LEFT Join. Sesuai dengan namanya, pada LEFT Join akan menggabungkan data ke arah kiri atau ke table 1. Semua data yang ada di table 1 akan ditampilkan, sementara untuk data yang ada di table kedua hanya akan mengikuti data yang ada di table pertama, dengan catatan key column (kolom kunci) yang digunakan harus memuat data yang sama antara table 1 dengan table 2. Jika di key column yang digunakan tidak sama, maka tidak akan ditampilkan.

3.INNER JOIN

sql

Lalu apa bedanya LEFT Join dengan INNER Join? Pada dasarnya INNER Join juga merupakan salah satu tipe join yang disediakan oleh SQL. Perbedaan yang paling mencolok adalah pada data yang ditampilkan. Jika tadi pada LEFT Join akan menampilkan seluruh data yang ada di table 1 dan data di table kedua akan mengikuti, maka pada INNER Join hanya akan menampilkan data dengan key column yang sama antara table 1 dan table 2. Sehingga data yang tidak tersedia di kedua table tidak akan ditampilkan.

 4.Contoh LEFT Join dan INNER Join

Misalkan kita memiliki dua table, yang pertama adalah table ms_item_warna dan yang kedua adalah table ms_item_kategori. Kita ingin menampilkan warna dan kategori dari barang yang ada.

sqlsql

Jika menggunakan INNER Join, maka query yang digunakan adalah:

SELECT * FROM ms_item_warna

INNER JOIN ms_item_kategori

ON ms_item_warna.nama_barang = ms_item_kategori.nama_item;

Maka, hasilnya hanya akan menampilkan data yang sama diantara kedua table.

sql

Coba bandingkan dengan LEFT Join!

SELECT * FROM ms_item_warna

LEFT JOIN ms_item_kategori

ON ms_item_warna.nama_barang = ms_item_kategori.nama_item;

Hasilnya adalah:

sql

Jika menggunakan LEFT Join, semua data yang ada di table ms_item_warna akan ditampilkan semua, kemudian untuk data yang ada di table 1 namun tidak terdapat di table 2 akan diisi dengan NULL.

Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data

Selain fungsi Join, kamu bisa mulai mengeksplorasi hal-hal fundamental lainnya yang ada di SQL seperti penggunaan GROUP BY, ORDER BY, HAVING, dan masih banyak lagi. DQLab bisa menjadi pilihan tempat belajar SQL dan juga bahasa pemrograman lainnya. Ada banyak modul SQL yang disediakan oleh DQLab untuk member premium, mulai dari level beginner. 

Setiap materi akan disajikan menggunakan bahasa Indonesia, serta dikemas dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti. Selain itu, DQLab juga sering mengadakan webinar yang bertemakan Data Science, dan biasanya akan gratis untuk membernya. Tunggu apa lagi, yuk daftar dirimu menjadi member DQLab sekarang juga dan nikmati berbagai fasilitasnya!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :