FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 27 Menit 9 Detik 

Lengkapi Elemen Ini di Portfolio Data Analyst Kamu

Belajar Data Science di Rumah 30-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/564b5c666f1fc26461dc46b88b05a1b9_x_Thumbnail800.jpeg

Profesi data analyst saat ini merupakan salah satu profesi yang termasuk ke dalam salah satu profesi yang populer dan sangat diminati oleh para generasi milenial. Data analyst ini memiliki peranan penting di dalam perusahaan. Dengan demikian tidak heran banyak orang berlomba-lomba membuat portofolio data analyst sebagai nilai plus di mata recruiter dan sebagai ajang pembuktian hasil kerja dalam menganalisis data dengan berbagai project yang telah dilaksanakan


Para pemula dalam dunia profesi data atau memang baru mengetahui tentang portofolio data mungkin masih banyak bingung apa itu portofolio data analyst, apa manfaatnya untuk berkarir, seberapa pentingnya portofolio bagi para pelamar kerja, apa saja yang perlu dicantumkan di dalam portofolio data analyst, dan masih banyak lainnya. 


Pada artikel kali ini kita akan mencoba mengenali hal-hal menarik terkait portofolio data analyst mulai dari pengertiannya, tujuannya, cara membuatnya serta elemen apa saja yang wajib dicantumkan di dalamnya. 


1. Apa Itu Portofolio Data?

Bagi para job hunter, istilah curriculum vitae (cv) yang berisi informasi pribadi, pendidikan dan pengalam kerja secara singkat tentu saja bukanlah hal yang asing. Namun bagaimana dengan istilah portofolio? Nah, portofolio ini mungkin tidak semua orang mengetahui dan melampirkannya pada saat melamar kerja. 


Portofolio merupakan lembar kerja yang berisi kumpulan hasil kerja yang telah kita selesaikan. Alangkah baiknya portofolio ini sesuai dengan bidang yang akan kamu lamar. Sebagai contoh, jika kamu tertarik menjadi seorang data analyst maka kamu perlu melampirkan portofolio data yang berisikan hasil kerja berupa analisis data atau pemecahan masalah data dengan singkat, padat dan jelas. 


Data Analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Fungsi Portofolio Data

Setelah kalian mengetahui apa itu portofolio data yang tentunya sebenarnya berbeda dengan curriculum vitae, selanjutnya pada bagian ini kita akan mengenali fungsi portofolio data. 


Portofolio data ini memiliki fungsi utama yaitu untuk menunjukkan bakat atau kompetensi seseorang dalam menganalisis data. Oleh karena itu kita perlu menuliskan secara lengkap dan jelas project apa saja yang telah dikerjakan, rumusan masalah, teknik analisis data yang digunakan, kerangka logika berpikir yang baik. serta ketepatan dalam analisis dan penyampaian hasil analisis data yang baik dan menarik. 


Jika kita memiliki portofolio data yang baik, tentunya akan menjadi nilai plus di mata recruiter untuk membuatmu bergabung menjadi salah satu data analyst di perusahaan terkait.


Data Analyst


3. Cara Membuat Portofolio Data

Tidak cukup hanya dengan mengetahui definisi serta fungsinya saja, kita perlu segera action untuk dapat membuat portofolio data analyst. Namun, apakah kalian tahu bagaimana cara membuat portofolio data analyst? Simak gambar berikut ini ya : 

Data Analyst


4. Apa Saja Isi dari Portofolio Data

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa portofolio data merupakan kumpulan hasil kerja dalam menganalisis permasalahan data. Nah, kira-kira bagaimanakah portofolio data yang baik dan apa saja isi di dalamnya? Perlu diketahui bahwa untuk membuat portofolio data yang baik adalah dengan mencantumkan hal-hal wajib seperti informasi diri, pencapaian dan tujuan, pengalaman kerja dan keterampilan yang linear dengan pekerjaan yang akan dilamar, hasil karya atau hasil analisis dalam mengerjakan proyek data sebagai bukti bahwa kita telah mampu menganalisis data. Hal-hal di atas perlu dicantumkan dengan singkat dan jelas serta menarik agar memudahkan recruiter dalam mereview portofolio datamu.


Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Portofolio data adalah salah satu lampiran berkas yang dilirik pada saat kamu melamar kerja. Untuk membuat portofolio data analyst yang menarik tentunya juga harus rajin menganalisis data. Nah langsung aja yuk coba belajar analisis data di DQLab dan tentunya bisa praktek secara live code loh!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :