2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 45 Menit 35 Detik

Lika Liku Marsya Lulusan Aktuaria yang Jadi IT Business Analyst

Belajar Data Science di Rumah 03-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-member-sharing-2-2024-05-03-153827_x_Thumbnail800.jpg

Berkarir di bidang data pada mulanya bukan menjadi opsi career plan utama dari  Marsya Ilma Riany. Seorang lulusan Aktuaria, yang saat ini sukses berkarir sebagai IT Business Analyst di Agile berkat mengikuti program TETRIS Batch 3 dari DQLab. Pada mulanya ia merasa kesulitan untuk beradaptasi, karena belum memiliki skill yang cukup. Namun disisi lain ia juga memiliki passion dan ketertarikan yang tinggi di bidang data, sehingga ia tetap bersemangat untuk mencoba dengan terus belajar dan bertanya kepada teman-temannya ketika mengalami kesulitan.


Dibalik kesuksesannya, ada kisah inspiratif dan menarik yang wajib untuk disimak Sahabat DQ yang juga mulai menapaki karir di bidang data! Berikut kisahnya!


Memilih DQLab dan TETRIS Batch 3 Sebagai Langkah Awal

Awal mulanya Marsya memilih program Tetris Batch 3 ini saat ia sedang berkuliah sambil skripsi sekaligus magang, karena dia terkesan dengan program journey yang ditawarkan. Mulai dari materi yang lengkap, penyaluran program internship di berbagai perusahaan ternama, hingga koneksi dengan profesional di bidang data. Ia berkaca dari modul premium dari DQLab yang sebelumnya telah dipelajari secara mandiri dan akhirnya bisa membantu meningkatkan skillnya terkait programming dasar. 


Salah satunya itu sih kak, lebih pengen explore kompetensinya, selain itu kan bisa disalurin di internship. Jadi waktu itu ikut daftar TETRIS Batch 2 awalnya ga keterima. Terus coba daftar lagi, dan ketemu teman-temen lainnya, jadi makin semangat.” -ungkap Marsya

Menemukan Passion Berkat Error Saat Coding

Selama mengikuti Tetris Batch 3, Marsya menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam hal coding. Ia sering mengalami error dan kebingungan. Namun, dengan bantuan teman-temannya dan tekadnya yang kuat, Marsya berhasil melewati semua rintangan tersebut.

Challenging ku ngoding sih kak, karena dari waktu awal belajar di DQLab kan background aku cuma belajar programming kan sebelumnya, pusing sih suka error. Proses ngodingnya jadi suka nanya temen sih, misal cara yang soft gimana. Tapi dari error aku jadi tau passionku dimana. Oh aku passion bukan di ngoding, tapi di visualisasi dan mengolah data, kaya liat anomali datanya.” -ujar Marsya


Tidak hanya itu, berkat error yang dialami ketika belajar coding akhirnya  ia berhasil menemukan passionnya dengan spesifik di bidang pengolahan dan visualisasi data. Ia juga mendapatkan pengalaman belajar yang tak terlupakan dengan lingkungan dan networking yang sangat kuat juga suportif.

Waktu itu awalnya pengen ngerjain capstone project, akhirnya ketemuan, jadi kenalan, dan saling sharing untuk membuat capstone projectnya.” -lanjut Marsya


Kesempatan Internship dan Peluang Karir Berkat Program TETRIS Batch 3

Tekad Marsya untuk belajar dan berlatih selama selama mengikuti program TETRIS Batch 3 membuahkan hasil. Ia berhasil menyelesaikan capstone project dengan baik dan mendapatkan internship di Kontan sebagai Data Analyst. 

Iya setelah itu aku dapat internship di Kontan sebagai Data Analyst, dan bondingnya seru. Jadi belajar ngolah data dan project bareng-bareng tim, how to make a deal dengan tiga pikiran orang harus dijadikan satu.” -ungkap Marsya


Pengalaman internshipnya di Kontan semakin memperkuat pengetahuannya dan membantunya mengembangkan skill data analysis. Setelah menyelesaikan internship tersebut, dan memiliki berbagai portofolio project dari pengalamannya di Kontan, Marsya berhasil mendapatkan tawaran pekerjaan di Agile sebagai Data Analyst, dan kini ia juga telah berhasil mendapatkan posisi sebagai IT Business Analyst.

Aku iseng daftar aja waktu itu pas masih internship, terus di email dapet opportunity di Agile. Kan company pasti liat experience, terus buat portofolio juga aku. Buat project apa saja yang pernah dilakuin.” -lanjut Marsya

Tips untuk Lulusan Non-IT yang Ingin Berkarir di Bidang Data!

Perjalanan dan pengalaman Marsya sebagai lulusan Non-IT yang kini sukses berkarier di bidang data tentu bisa diikuti oleh para Sahabat DQ. Marsya memberikan tips

  • Nikmati prosesnya! Belajar data tidak selalu mudah, tapi nikmati prosesnya dan jangan mudah menyerah.

  • Terus belajar! Dunia data selalu berkembang, banyak challengingnya, jadi teruslah belajar, tingkatkan skills, dan pengetahuanmu.

  • Jangan ragu untuk bertanya! Jangan ragu untuk bertanya kepada teman, mentor, atau komunitas data jika kamu mengalami kesulitan.

Kisah sukses Marsya ini menunjukkan bahwa DQLab telah berhasil membantu para pembelajar dengan background Non-IT untuk mencapai karir yang mereka impikan di bidang data. Dengan tekad dan disiplin, DQLab membuka peluang bagi semua orang untuk menjadi profesional data!


Penulis: Lisya Zuliasyari

Nama Member Marsya Ilma Riyani
Alumni Program Tetris Batch 3
Karir IT Business Analyst Agile Technica
Foto

https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3df7e6ad96c98d96d05cc1bacd391b5c_x_Thumbnail300.jpg

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login