Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS
SIGNUP GRATIS

Lulus Program Beasiswa Tetris, Afdal Berhasil Alih Profesi di Astra

Belajar Data Science di Rumah 20-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/773aa9c2c46eabd6983edc6f16126747_x_Thumbnail800.jpg

Menjadi seorang praktisi data mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya oleh Afdal. Pemilik nama lengkap Muhammad Afdal Abidin ini dulunya merupakan seorang QC Staff di salah satu perusahaan fintech. Ia memutuskan untuk alih profesi sebagai praktisi data saat dirinya melihat peluang di dunia data science.


Keseriusannya pun ia buktikan dengan mengikuti salah satu program beasiswa yang ditawarkan DQLab, Tetris. Tidak lain, tujuannya adalah untuk mencari tahu lebih dalam tentang data science.


Salah satu hal yang membuat Afdal jatuh hati pada Tetris adalah materi yang diberikan yakni seperti SQL, R, dan Pentaho. Sebab, Afdal sudah memiliki bekal pemahaman tentang fondasi SQL. Pada saat itu, yang terpenting baginya adalah benefit yang ditawarkan Tetris untuk bisa mendapatkan Job Connector.


Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, Afdal berhasil melewatinya dan sukses berkarir seperti saat ini sebagai Software Quality Assurance (SQA) di Astra International Tbk.


Sahabat DQ mau tahu gak sih bagaimana cerita di balik kesuksesannya Afdal sampai di titik ini? Simak ceritanya ya!


1. Mengatur Time Management

Sebagai lulusan Matematika MIPA Universitas Hasanuddin, kompetensi matematika yang dimilikinya tentu memiliki relevansi dengan pemrograman. Cara berpikir logika yang Afdal miliki juga dianggap cukup sebagai fondasi untuk bisa berkarir sebagai praktisi data. Namun, tentunya Afdal pun membutuhkan adaptasi untuk bisa mengikuti alur berpikir seorang praktisi data. 


Afdal yang pada saat itu mengikuti Tetris di tengah kesibukan pekerjaannya, time management menjadi kunci utama yang perlu diperhatikan. Alhasil, cara yang ia lakukan adalah dengan mengerjakan tugas maupun materi Tetris pada hari libur.


œJujur pada saat itu susah bagi waktu, karena saya sambil kerja tapi harus tetap konsisten untuk belajar sampai di Capstone Project, ungkap Afdal.


Baca juga: Kisah Fauzan NON IT yang Berhasil Berkarir lewat Tetris Program DQLab


2. Sempat Merasa Pesimis untuk Melanjutkan Perjalanannya di Tetris

Memasuki dunia yang belum pernah dijamah, tak jarang bisa membuat kita merasa kesulitan. Seperti halnya yang dirasakan Afdal, ia pun sempat merasa kewalahan hingga merasa ragu bisa menyelesaikan program Tetris dengan baik. Hal ini lantaran di tempat kerjanya Afdal hampir setiap hari harus menyelesaikan project secara bersamaan dengan waktu belajar Tetris.


œAmbisi harus ada, tapi jalaninnya nothing to lose aja, anggap semua proses ini pengalaman baru, katanya.


Meski begitu, ia merasa beruntung bisa mengikuti Tetris. Sebab, ia merasa menjadi orang yang lebih terbuka dan tidak takut dalam bertanya. Menurutnya hal ini terjadi karena pembelajaran yang diterapkan di Tetris menerapkan komunikasi 2 arah. 


Baca juga: Perjalanan Ashari Meraih Mimpi Berkarir Menjadi Data Analyst


3. Pengalaman Paling Berkesan selama Mengikuti Tetris

Baginya, hal yang paling berkesan selama belajar di Tetris adalah intruktur R. Menurutnya, sang mentor berhasil menyampaikan materi pembelajaran dengan baik dan mudah dipahami, terutama bagi orang-orang yang tidak memiliki background pendidikan di bidang IT seperti Afdal.


Proses yang berjalan selama 1 bulan penuh ini akhirnya bisa Afdal lewati, meski penuh dengan rintangan di dalamnya. Afdal yang telah bekerja keras mengikuti belajar intensif Tetris, kini bisa memetik buah hasil perjuangannya.


Dari sejumlah peserta beasiswa, Afdal menjadi salah satu peserta yang berhasil meraih kesempatan Job Connector. Seperti sekarang, Afdal pun kini tengah menyandang status baru sebagai praktisi data.


œKuncinya tetap konsisten dan semangat, jangan lupa diulang terus materinya, karena sama sekali tidak ada ruginya. Dan pilihan untuk mengikuti tetris merupakan keputusan yang sangat tepat, begitu jawabnya saat ditanya tips suksesnya saat ini.


Sahabat DQ! Yuk, sama-sama mulai raih kesuksesan kalian bersama DQLab! Kalian bisa mulai belajar data science bersama di sini. Nantinya, akan ada beragam materi pembelajaran yang bisa kamu dapatkan dalam bentuk modul.


Tidak hanya modul, kamu juga akan ditemani oleh para mentor profesional yang siap menjadi pembimbing sekaligus teman sharing kalian di DQLab. Dan tentunya, kalian juga berkesempatan meraih kesempatan berkarir seperti Afdal lewat Tetris. Yuk, belajar data science sekarang di DQLab!


Penulis: Sandi Sabar Rahman

Editor: Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :