Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Macam-macam Metode Statistik yang Sering Digunakan

Belajar Data Science di Rumah 10-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1a9aebbb09754049403f26a7ea46fdd1_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, apakah kalian pernah melakukan penelitian atau menulis karya ilmiah yang membutuhkan data? Data dalam penelitian itu memerlukan proses analisis atau pengolahan data. Proses pengolahan data itu memerlukan metode statistik. Dengan menggunakan metode statistik yang sesuai dengan jenis data dan tujuan penelitian maka akan menghasilkan kesimpulan data yang lebih valid pula. Oleh karena itu kita perlu mengetahui macam-macam metode statistik yang dapat digunakan.


Metode statistik sendiri memiliki pengertian yaitu prosedur atau langkah yang dilakukan secara bertahap mulai dari pengumpulan data sampai penyajian data. Pemilihan metode statistik yang tepat akan sangat berpengaruh kepada hasil penelitian. Begitu pula sebaliknya, jika kita salah memilih metode statistik yang tidak sesuai dengan data yang kita gunakan maka hasil penelitian pun akan diragukan. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa metode statistik yang sering digunakan.


1. Analisis Deskriptif

Analisis deskriptif merupakan metode statistik yang dapat memberikan gambaran dari data seperti nilai rata-rata, nilai median, nilai modus, nilai maksimum, nilai minimum, dan lain-lain. Adapun langkah-langkah analisis deskriptif adalah sebagai berikut:

  1. Perumusan masalah

  2. Menentukan jenis informasi

  3. Menentukan prosedur pengumpulan data

  4. Menentukan prosedur  pengolahan data

  5. Menarik kesimpulan penelitian


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Analisis Regresi

Analisis regresi merupakan metode statistik yang digunakan untuk membuat data prediksi dan tren di masa mendatang. Metode ini dapat digunakan untuk mengukur hubungan antara variabel terikat dengan variabel bebas. Pada metode ini hanya satu variabel terikat yang dapat digunakan, namun kita dapat menggunakan lebih dari satu variabel bebasnya. Selain itu, metode ini juga dapat membantu melihat hal yang dapat dioptimasi dengan menyoroti trend dan hubungan antara dua faktor.


3. Analisis Diskriminan

Analisis diskriminan merupakan metode analisis data statistik yang mana cara kerjanya dengan mengklasifikasikan atau mengelompokkan data berdasarkan pengukuran variabel. Analisis diskriminan merupakan analisis multivariat yang digunakan untuk memodelkan hubungan antara satu variabel respon yang bersifat kualitatif dengan satu atau lebih variabel prediktor yang bersifat kuantitatif. Beberapa manfaat analisis diskriminan antara lain dapat melihat perbedaan yang signifikan dari dua kelompok atau lebih dan dapat menemukan variabel-variabel yang membedakan.


4. Analisis Konten

Analisis konten merupakan salah satu analisis data kualitatif. Hal itu berarti data yang digunakan dalam analisis ini merupakan data kualitatif saja. Metode analisis konten ini digunakan pada saat kita harus memiliki pemahaman secara menyeluruh dari data penelitian kita. Pada metode analisis ini, kita dapat menggunakan kode warna pada tema tertentu untuk mengurangi data tekstual yang ada sehingga menemukan rangkaian data yang paling umum.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Tertarik Menjadi Data Scientist?

Data scientist kini menjadi profesi primadona dalam dunia data. Apakah kamu tertarik menjadi data scientist? Kini, kita dapat memulai karir data scientist dengan kursus online di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL! Yuk, mulai bangun protofolio datamu!




Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!