Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Macam-macam Skill Data Engineer, Pemula Wajib Tahu!

Belajar Data Science di Rumah 24-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-04-2023-10-24-202940_x_Thumbnail800.jpg

Jika kalian perhatikan perkembangan teknologi saat ini sangatlah cepat dan perputaran data di dalamnya pun ikut berkembang dan menjadi banyak sekali jumlahnya. Peran seorang praktisi data disini sangatlah diperlukan, salah satunya adalah peran dari data engineer.


Data engineer ini memiliki peran yang sangat penting karena bertanggung jawab untuk merancang, mengelola, dan juga memelihara infrastruktur data agar data tersebut menjadi lebih mudah dan efisien ketika sedang diolah. 


Jika kalian berminat untuk menjadi seorang data engineer, artikel kali ini mungkin akan membantu kalian apa-apa saja skill yang diperlukan untuk menjadi seorang data engineer yang baik.


Karena dengan kalian mengetahui skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data engineer ini akan membuat kalian menjadi lebih siap untuk terjun ke dalam dunia data ini. Yuk kita simak apa saja skill tersebut di artikel berikut ini!


1. Menguasai Bahasa Pemrograman

Data Engineer


Source by: flickr.com


Skill yang paling penting jika kalian ingin menjadi seorang data engineer adalah menguasai bahasa pemrograman yang cukup fasih. Ada beberapa macam bahasa pemrograman yang cukup sering digunakan oleh para data engineer ini yaitu seperti Python, JAVA, Ruby,dan juga Scala.


Bahasa pemrograman tersebut cukup sering digunakan untuk mengolah data dan juga membantu para data engineer untuk mempercepat waktu dalam memproses data yang sedang mereka olah.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Memiliki Pengetahuan akan Database dan Algoritma Pemrograman

Data Engineer


Selain menguasai bahasa pemrograman seorang data engineer juga harus mampu menguasai database dan juga algoritmanya. Karena dengan menguasai database dan juga algoritma pemrograman akan membantu kalian dalam memahami fungsi data organisasi secara keseluruhan.


Dengan memahami algoritma pemrograman membantu kalian dalam menentukan checkpoint dan juga tujuan akhir dari masalah bisnis yang sedang kalian hadapi. Selain itu skill utama dari data engineer ini adalah memindahkan data, maka diperlukan pengetahuan akan database. Untuk tools yang biasa digunakan adalah SQL dan juga NoSQL.


3. Cloud Computing dan Data Warehousing

Data Engineer

Data engineer ini memiliki tanggung jawab untuk menyimpan dan juga mengelola data mentah agar bisa diproses dan juga digunakan oleh praktisi data lainnya seperti data scientist dan juga data analyst. Maka dari itu lah, seorang data engineer perlu untuk memahami bagaimana cara kerja dari cloud computing dan juga data warehousing.


Untuk skill yang satu ini dapat memungkinkan seorang data engineer untuk menyimpan dan juga mengakses data dari berbagai lokasi dan juga platform untuk selanjutnya di query dan dianalisis. Tools yang diperlukan yaitu Apache Spark.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Kemampuan Menggunakan Alat ETL

ETL atau Extract, Transform, and Load adalah proses kritis dalam pengolahan data. Data engineer ini perlu untuk menguasai tools ETL, contohnya seperti Apache Airflow, NiFi, dan Talend. Ketiga tools ini dapat mengotomatiskan aliran data antar berbagai sumber dan juga tujuan.


Kemampuan untuk mengenali, membersihkan, dan juga mengubah format data dari berbagai sumber menjadi suatu hal yang penting agar data yang diolah dan dianalisis bisa digunakan dan dapat bekerja dengan benar. 


Yuk, mulai berkarir atau switch karir di bidang data sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa belajar dari basic hingga advanced dan mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login