MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 26 Menit : 55 Detik

Machine Learning adalah Bagian Aplikasi Artificial Intelligence

Belajar Data Science di Rumah 17-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a93e55813f2cf5f1d5300e858b1e9b6f_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning adalah cabang dari ilmu Data Science yang kian populer seiring berkembangnya teknologi. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan bidang ilmu komputer yang menekankan penciptaan mesin cerdas yang bekerja dan bereaksi seperti manusia. Saat kita membahas tentang Artificial Intelligence dan Data Science, makan kurang lengkap jika tidak membahas Machine Learning di dalamnya. Ketiga hal ini sama-sama memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi.

Jika kamu adalah seorang yang berasal dari non IT, tenang saja jangan khawatir karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajarinya. Karena pada dasarnya Machine Learning dan Data Science tidak hanya terbatas di background pendidikan tertentu, mengingat pada era digital transformation saat ini, ilmu ini dapat digunakan di semua lini bisnis. Lalu sebenarnya apa itu Machine Learning? Mari kita bahas pada artikel berikut ini apa hubungannya Machine Learning dan Artificial Intelligence. Yuk simak pembahasannya!

 

1. Definisi Machine Learning

Machine learning merupakan aplikasi kecerdasan buatan (AI) yang menyediakan sistem yang  secara otomatis dapat belajar dan meningkatkan sistem berdasarkan pengalaman tanpa secara eksplisit diprogram. Machine learning berfokus pada pengembangan program komputer yang dapat mengakses data dan menggunakannya untuk belajar sendiri. Machine learning diibaratkan sebagai proses mesin “belajar” dengan menganalisis data dalam jumlah besar. Sebagai contoh, kamu tidak lagi harus menulis program baru untuk mengetahui gambar wajah kucing dan manusia, mesin dapat dilatih dengan beberapa gambar sehingga mesin dapat mengenal objek tersebut. Machine learning dapat mencari pola dalam data dan membuat keputusan berdasarkan contoh yang diberikan.

 

Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan

 

2. Hubungan Machine Learning dan Artificial Intelligence

Machine learning adalah bagian dari Artificial Intelligence yang saling bersilangan dengan Knowledge Discovery dan Data Mining. Kedua hal ini pastinya sudah tidak asing lagi keberadaannya dalam industri teknologi. Contoh kasus yang pasti sudah banyak dikenal oleh orang-orang adalah teknologi Siri yang dapat merespon dan melakukan perintah melalui suara manusia. Machine learning merupakan bagian dari Artificial Intelligence yang dapat mempelajari sistem dari sebuah data, lalu mengidentifikasi pola dan membuat keputusan dengan campur tangan manusia.

 

3. Cara Kerja Machine Learning

Berikut beberapa tahapan kerja machine learning, yaitu:

  • Pemilihan data, memisahkan data menjadi 3 bagian, pertama data yang akan dilatih (training data), kedua data yang akan digunakan untuk validasi (validation data), dan yang terakhir adalah data yang digunakan untuk percobaan prediksi (test data).

  • Pemodelan data, menggunakan training data untuk membangun model menggunakan fitur-fitur yang sesuai dengan tujuannya.

  • Validasi model, uji validasi model yang telah ada dengan validation data. Tujuannya adalah untuk mendapatkan feedback dari analisa yang dilakukan.

  • Menguji model, melihat perbandingan dari kinerja model yang sudah divalidasi dengan test data.

  • Menggunakan test model, mengaplikasikan model yang sudah dilatih untuk membuat prediksi data baru.

  • Menyesuaikan model, memperbaiki kinerja algoritma dengan data yang lebih banyak dengan fitur yang berbeda dan parameter yang disesuaikan.

 

Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python

 

4. Yuk Mulai Belajar Membuat Model Machine Learning Bersama DQLab!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri masa kini! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!