Machine Learning adalah Bidang dengan Pekerjaan yang Populer di Masa Kini

Machine Learning adalah Bidang dengan Pekerjaan yang Populer di Masa Kini

Yovita 19-November-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5e735f13755dbafaa1b16a46a84728c5_100_persen.jpg

Machine Learning adalah cabang dari ilmu Data Science yang kian populer seiring berkembangnya teknologi, oleh karena itu muncul profesi Machine Learning Engineer. Profesi ini di perusahaan ternyata sangat penting dan banyak dicari, lho. Seorang Machine Learning Engineer bertanggung jawab untuk membuat program dan algoritma yang memungkinkan mesin untuk mengambil tindakan dan keputusan. Dalam rangka membangun perangkat lunak berbasis data secara efisien, perusahaan membutuhkan spesialis berpengetahuan yang memiliki pengalaman dalam bekerja dengan data dan alat yang sesuai. Peran Machine Learning Engineer relatif baru sehingga banyak orang yang masih bingung. Artikel ini akan memberimu gambaran umum tentang peran dan juga akan melihat tanggung jawab dari profesi ini.

Jadi, Machine Learning memiliki kemampuan untuk belajar secara otomatis dari data dan pengalaman tanpa diprogram ulang. Jika kamu adalah seorang yang berasal dari non IT, tenang saja jangan khawatir karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajarinya. Karena pada dasarnya Machine Learning dan Data Science tidak hanya terbatas di background pendidikan tertentu, mengingat pada era

digital transformation saat ini, ilmu ini dapat digunakan di semua lini bisnis. Mau tahu lebih jauh tentang pekerjaan di bidang Machine Learning? Penasaran dengan tugas dan tanggung jawab serta kemampuan apa yang dibutuhkan jika ingin meniti karir di bidang Machine Learning? Yuk simak artikel berikut ini!

 

1. Tentang Machine Learning Engineer

Machine Learning Engineer merupakan salah satu jenis pekerjaan di bidang Machine Learning. Profesi ini mampu bekerja sama dengan Software Applications untuk memastikan apakah informasi yang dibutuhkan oleh suatu aplikasi dapat diperoleh. Ilmu yang dipelajari pada profesi ini meliputi deskripsi dan prediksi dari data yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Profesi ini mampu membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang lebih baik.


Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan

 

2. Peran dan Tanggung Jawab Machine Learning Engineer

Machine Learning Engineer memiliki tanggung jawab dalam menggunakan model data science secara teori dan mengubah skalanya ke dalam model produksi, sehingga data real-time yang berukuran terabyte dapat teratasi dengan baik. Mampu bekerja sama dengan Data Engineer lainnya untuk membentuk dan memodelkan data. Menerapkan algoritma untuk pemodelan data, menggunakannya dan melakukan strategi evaluasi guna untuk menemukan pola dan memprediksi hasil analisis. Machine Learning Engineer juga berperan dalam membentuk dan mendesain suatu program untuk mampu mengendalikan robot dan komputer.

 

3. Keahlian yang Dibutuhkan Seorang Machine Learning Engineer

Jika kamu tertarik bekerja di bidang Machine Learning, hal-hal yang wajib kamu kuasai seperti dasar-dasar ilmu komputer dan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang penting untuk dipelajari seperti Python, Java, dan Bahasa R. Struktur, algoritma, dan penerapannya juga termasuk keahlian yang harus dikuasai seorang Machine Learning Engineer. Seorang Machine Learning Engineer juga perlu memahami ilmu dasar statistik, distribusi, metode analisis, pembuatan model, dan yang terpenting adalah evaluasi data.

 

Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python

 

4. Asah dan Tingkatkan Skill Datamu dengan Mulai Belajar Data Science bersama DQLab!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri masa kini! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya

Share

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!