PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 50 Menit 2 Detik 

Machine Learning dan Contohnya dalam Dunia Industri

Belajar Data Science di Rumah 07-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bc223050ce1f29bb19d1f5dd3e7d1be2_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning merupakan salah satu teknologi yang muncul di perkembangan revolusi industri 4.0., dimana data yang ada berjumlah sangat banyak. Menariknya, industri penghasil data ini tidak hanya berasal dari industri teknologi namun juga dari industri lain seperti industri kesehatan, industri pendidikan, manufaktur, kesehatan,perbankan, dan masih banyak lagi. Para industri berlomba-lomba untuk memaksimalkan produksi serta distribusi produk dengan cara mengupdate dirinya untuk bisa mengikuti teknologi yang ada saat ini.


Machine Learning merupakan mesin yang dibuat agar bisa meniru pola pikir manusia dalam proses pengambilan keputusan. Dengan adanya Machine Learning, banyak pekerjaan yang dulunya hanya bisa diselesaikan oleh manusia, namun sekarang mulai digantikan oleh mesin. Machine Learning sendiri merupakan bagian dari Artificial Intelligence. Nah, perusahaan-perusahaan yang sedang mengupdate dirinya dengan teknologi akan banyak menggunakan Internet of Thing (ioT) dan juga Artificial Intelligence untuk memudahkan kegiatan mereka dalam mencapai keuntungan maksimal.


Dalam artikel ini akan dibahas mengenai Machine Learning yang dimanfaatkan di dunia industri. Kira-kira gimana sih pemanfaatannya? Yuk, simak artikelnya!


1. Jenis-Jenis Machine Learning

machine learning

Source: Ekrut.com


Machine Learning yang ada bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis tergantung prosesnya dalam pengambilan keputusan. Dalam Machine Learning akan dibutuhkan data pembelajaran atau yang dikenal dengan data training, serta data testing yang digunakan untuk mengetes model Machine Learning yang dibuat.

Machine Learning dapat dibagi menjadi 3 bagian secara umum, yaitu:

  • Supervised Learning yang menggunakan label dalam data trainingnya, sehingga mesin akan mengelompokkan data berdasarkan labelnya. Jika ada data baru, maka mesin akan berusaha mengklasifikasikan dengan label yang telah ada.

  • Unsupervised Learning, dimana data trainingnya tidak memuat label, sehingga jika ada data yang baru akan dikelompokkan berdasarkan kemiripan karakteristiknya, tanpa menggunakan label.

  • Reinforcement Learning, dimana proses training dan testing dilakukan secara bersamaan, dengan begitu model dapat dievaluasi secara terus menerus untuk mendapatkan hasil terbaik.

Selain 3 jenis di atas, sebenarnya ada satu lagi jenis dari Machine Learning, sayangnya tidak begitu sering digunakan, yaitu Semi Supervised Learning yang merupakan kombinasi antara SUpervised Learning dan Unsupervised Learning.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Machine Learning dalam Dunia Industri

machine learning

Source : FAEPA

Dunia industri merupakan salah satu bagian yang sangat membutuhkan Machine Learning agar bisa memaksimalkan keuntungan yang didapatkan. Contoh pemanfaatan Machine Learning dalam dunia industri adalah adanya fitur face recognition yang menjadi fitur menarik dari smartphone keluaran terbaru. Face recognition akan digunakan sebagai fitur keamanan, dimana smartphone hanya akan terbuka jika bertemu dengan wajah yang telah didaftarkan sebelumnya. Namun jika dihadapkan dengan wajah yang lain, maka smartphone tidak akan terbuka.

 

Machine Learning dapat mendeteksi kesalahan-kesalahan yang ada tanpa bantuan manusia. Untuk membuat Machine Learning bisa melakukan prediksi dengan akurat, maka proses pembelajaran harus sering dilakukan. Semakin sering proses pembelajaran dilakukan, maka kemampuan dalam akurasi data juga akan semakin cepat.


3.Apakah Perlu Menguasai Machine Learning di Industri?

machine learning

Source : FAEPA

Mungkin bagi sebagian orang, Machine Learning tidak begitu penting dalam dunia industri, padahal sebenarnya salah besar. Dengan adanya orang yang mampu menguasai Machine Learning di dunia industri, maka proses pengolahan data yang berukuran besar akan bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Selain itu, adanya Machine Learning dapat membantu kita untuk mengurangi tingkat kegagalan yang terjadi karena telah diprediksi di awal sehingga dapat mencegah terjadinya kegagalan. 


Selain hal tersebut, ternyata masih banyak juga manfaat menguasai Machine Learning di dunia industri, seperti untuk memprediksi tren, mesin yang dapat beradaptasi dengan cepat begitu mengalami perubahan, dan masih banyak lagi.


4. Dapatkah Semua Sektor Industri Memanfaatkan Machine Learning?

machine learning

Source : Phianalytix


Pemanfaatan Machine Learning di dunia teknologi dapat dilihat dari beberapa fitur-fitur baru yang tersedia di smartphone kita, misalnya adanya teknologi face recognition untuk mengenali wajah pemiliknya yang dijadikan sebagai sistem keamanan, adanya asisten pribadi secara virtual, misalnya SIRI di Iphone dan Google Asisten di Android, serta adanya kemampuan search Engine yang dimiliki oleh Google, Yahoo!, dan Bing yang dapat menemukan hal yang ingin ditemukan secara akurat berdasarkan keyword yang telah ditulis.


Pemanfaatan teknologi Machine Learning tidak hanya dibutuhkan pada industri teknologi saja yang memang sedang berkembang pesat. Namun industri lain juga sangat membutuhkan Machine Learning. Misalnya mobil tanpa driver yang dikembangkan di industri otomotif, fitur chatbot yang ada di aplikasi kesehatan, serta kemampuan untuk mendeteksi fraud yang terjadi di dunia perbankan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa hampir semua sektor industri membutuhkan Machine Learning untuk mengoptimalkan performance nya.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Machine Learning merupakan teknologi yang sangat hebat. Banyak pekerjaan yang bisa terselesaikan dengan mudah dengan memanfaatkan Machine Learning. Layaknya keajaiban baru yang tidak pernah terpikirkan dapat terjadi. Industri dapat mengembangkan Machine Learning sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.


Jika kamu tertarik untuk mempelajari Machine Learning, kamu dapat berlangganan sebagai member premium DQLab, karena disana menyediakan pembelajaran yang berhubungan dengan Machine Learning. Selain mendapatkan ilmu tentang Machine Learning, kamu juga bisa mempelajari hal-hal lainnya, karena sekali berlangganan modul premium, maka kamu akan bisa mengakses semua modul premium yang disediakan oleh DQLab. Modul-modul tersebut dibungkus dalam bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data seperti SQL, R, dan Python. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up dan nikmati modulnya!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :