MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 50 Menit : 6 Detik

Machine Learning : Kenali Perbedaannya Deep Learning dan Artificial Intelligence

Belajar Data Science di Rumah 10-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a819a32cec9314b10075d1b5ad91a427_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning adalah salah satu bagian dari Data Science yang sangat banyak pemanfaatannya dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang dihadirkan oleh big data. Perkembangan revolusi industri 4.0 tentunya memberikan banyak pengaruh dalam kehidupan kita, baik itu dampak positif ataupun negatif. Salah satunya adalah melahirkan berbagai macam permasalahan baru yang tidak bisa diatasi begitu saja dengan metode-metode yang telah ada sebelumnya.

Machine Learning merupakan salah satu cara untuk mengatasi hal-hal tersebut. Sayangnya, Machine Learning ini kerap kali disamakan dengan Deep Learning atau bahkan dengan Artificial Intelligence. Padahal sebenarnya, mereka adalah tiga hal yang berbeda walaupun pada dasarnya masih saling berkaitan. Berikut ini akan dibahas apa sih perbedaan antara Deep Learning, Machine Learning, dan Artificial Intelligence. Jika teman-teman salah satu orang yang menganggap mereka sama, maka teman-teman wajib membaca artikel ini. Check this out!

1. Deep Learning

Deep Learning merupakan salah satu bagian dari Machine Learning yang perkembangannya cukup pesat. Deep Learning dikenal juga dengan Deep Structured Learning atau Hierarchical Learning. Ibarat kan manusia, Deep Learning ini merupakan otak utama yang dapat menciptakan Artificial Intelligence yang lebih cerdas dan semakin mirip dengan manusia. Dalam Deep Learning, algoritma yang biasa digunakan adalah algoritma pemodelan abstraksi dengan memanfaatkan sekumpulan fungsi transformasi non linear yang berlapis dan mendalam.

Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan

2. Machine Learning

Machine Learning merupakan salah satu bagian dari Artificial Intelligence yang dapat digunakan untuk meniru bahkan menggantikan manusia dalam mengambil keputusan. Pada dasarnya, Machine Learning digunakan agar sistem komputer dapat melakukan proses pembelajaran dengan sendirinya secara otomatis tanpa diberi instruksi pemrograman terlebih dahulu serta dapat meningkatkan keakuratan hasil prediksi. Ketika sistem telah berhasil untuk belajar dan beradaptasi dengan perubahan yang ada secara konsisten, maka perancang system tidak perlu lagi memberikan solusi untuk berbagai macam kemungkinan situasi.

3. Artificial Intelligence

Pengertian dari Artificial Intelligence sendiri adalah teknologi yang memungkin kan mesin untuk berfikir dan mengambil keputusan layaknya yang dilakukan oleh manusia. Sama hal nya seperti manusia yang terus mempelajari hal-hal baru, Artificial Intelligence juga perlu proses belajar tersebut agar keputusan yang diambil semakin akurat. Sehingga dari Artificial Intelligence pada dasarnya memiliki dua bagian utama, yaitu Knowledge Based (berisi fakta-fakta, teori, pemikiran, dll yang dapat digunakan untuk belajar) dan Inference Engine (kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan hasil belajar).

Jika digambarkan, maka hubungan antara Deep Learning, Machine Learning, dan Artificial Intelligence adalah seperti ini:

Source : Teknologi.id

 Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python

4. Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi masa kini! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri 

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!