Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Machine Learning Model & Contoh Nyatanya

Belajar Data Science di Rumah 14-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/487052c471207daf0d2b57f3568f1590_x_Thumbnail800.jpeg

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, semakin banyak pula istilah baru dalam dunia teknologi yang mungkin pula tidak dipahami oleh sebagian besar orang. Namun bagi kalian para praktisi data maupun calon praktisi data, istilah machine learning model tentunya sudah tidak asing lagi. Machine learning model merupakan model pembelajaran mesin yang dapat digunakan untuk membuat keputusan dengan melakukan prediksi yang sesuai dengan data serta tujuan masalah yang ada.


Penggunaan model machine learning ini sudah sering kita jumpai dalam kegiatan keseharian seperti rekomendasi dalam marketplace, pengkategorisasian email, face recognition atau pengenalan wajah, pengenalan sidik jari, kemudahan pelayanan kesehatan, serta kecanggihan teknologi lainnya seperti yang sering kita jumpai di film barat yang berbasis teknologi masa kini. Ingin tahu lebih lanjut terkait machine learning model? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Pengertian Machine Learning

Machine learning atau pembelajaran mesin merupakan suatu ilmu bagian dari artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Machine learning ini akan bekerja dengan cara mengikuti cara manusia berpikir. Machine learning akan dilatih untuk mengenali pola tertentu yang biasanya dengan melatih model terlebih dahulu lalu nanti mesin akan belajar dari data tersebut dan kemudian akan mempelajarinya. Selain itu machine learning juga dapat diterapkan pada data yang belum pernah dilihat dan membuat model prediksi.


Machine Learning

source by ignatiuz


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Pentingnya Machine Learning

Setelah mengetahui pengertian machine learning, kini kita menyadari bahwa machine learning cukup berperan penting dalam mengimbangi kecanggihan teknologi yang semakin berkembang. Keberadaan big data saat ini sangat membutuhkan orang yang mampu menerapkan machine learning agar proses analisis data kedepannya menjadi lebih akurat dan lebih efisien dari segi waktu, tenaga maupun biaya. Machine learning ini pun memiliki potensi yang besar pula untuk meningkatkan perekonomian masa depan yang tentunya semakin canggih dan berkembang.


Machine Learning


3. Tipe Machine Learning

Machine learning secara umum memiliki beberapa tipe yang dapat digunakan sesuai kebutuhan serta tujuan penelitian. Secara umum setidaknya terdapat tiga tipe machine learning yang perlu diketahui, yaitu:

  • supervised learning, pada tipe ini data dibagi menjadi dua yaitu data latih dan data uji. Data latih digunakan untuk membuat model yang nantinya akan diuji menggunakan data uji serta dapat mengetahui tingkat akurasi yang dihasilkan, Biasanya tipe ini digunakan untuk proses klasifikasi

  • unsupervised learning, berbeda dengan tipe supervised learning, pada tipe ini data tidak dibagi menjadi dua melainkan unsupervised learning akan mengenali pola dan mengidentifikasinya. Biasanya tipe ini digunakan untuk proses klasterisasi

  • reinforcement learning, pada tipe ini model dibuat untuk dapat belajar sendiri dari lingkungan (environment) melalui sebuah agent dengan mendapatkan imbalan positif maupun negatif.


Machine Learning


4. Penerapan Machine Learning

Saat ini machine learning sudah banyak diterapkan di berbagai bidang dengan tujuan-tujuan tertentu. Beberapa diantaranya mungkin sudah sering kita jumpai dalam keseharian namun kita tidak menyadarinya, antara lain seperti munculnya iklan di sosial media atau marketplace, analisis teks, fraud detection, image processing, face recognition, stock trading, search and recommendation engine, analisis sentimen, memfilter pesan spam, mengkategorisasi email, keamanan tingkat tinggi, pengembangan web, membuat games, asisten virtual, personalisasi konten dalam media sosial, dan lainnya.


Machine Learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021



Machine learning bukanlah hal yang asing bagi kita semua terutama di era digital seperti ini. Berbagai penerapannya opn sudah kita rasakan sehari-hari. Oleh karena iu tidak heran jika banyak yang ingin mulai mempelajar machine learning dari dasar. Kamu bisa memulainya dengan belajar di DQLab yang pastinya menyediakan berbagai modul gratis untuk kamu coba.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login