PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 35 Menit 35 Detik 

Machine Learning Model untuk Prediksi Data 2022

https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3f46da93a09b45f151ad030b37c06840_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning merupakan studi untuk membuat komputer dapat membuat keputusan secara otomatis menggunakan berbagai algoritma yang dapat ditingkatkan akurasinya melalui proses pembelajaran dengan data history.


Ketika membicarakan Machine Learning, kita kerap kali menemui istilah model Machine Learning. Tapi sebenarnya apa sih Machine Learning tersebut dan seberapa penting untuk Machine Learning?


Pada dasarnya, model ini merupakan output yang dapat merepresentasikan training proses. Pembuatan model tidak akan lepas dari proses training, dimana pada saat itulah model dilatih untuk melihat pola data sehingga nantinya bisa digunakan untuk melakukan prediksi dengan tepat.


Dalam artikel ini, kita akan fokus membahas mengenai Machine Learning model, mulai dari pengertian, tipe, cara memilih model terbaik, hingga perbedaannya dengan algoritma. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!


1. Apa Itu Machine Learning Model?


Model Machine Learning dapat dipahami sebagai program yang telah dilatih melalui proses training untuk menemukan pola yang tersedia dalam data baru dan dapat dimanfaatkan untuk membuat prediksi. Model-model ini direpresentasikan sebagai fungsi matematika yang menerima permintaan dalam bentuk data input, membuat prediksi pada data input, dan kemudian memberikan output sebagai respons. 


Awalnya, model akan dilatih menggunakan dataset yang tersedia, dan kemudian mereka diberikan algoritma untuk menalar data, mengekstrak pola dari data yang di-input, dan belajar dari data tersebut. Setelah melalui proses training, model akan dapat digunakan untuk memprediksi data input baru.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Tipe Machine Learning Model

machine learning

Berdasarkan berbagai tujuan bisnis dan jenis dataset yang digunakan, secara umum kita bisa membagi Machine Learning model menjadi 3 kelompok, dimana setiap algoritma Machine Learning pasti akan menggunakan salah satu dari ketiga kelompok model tersebut. Pembagian Machine Learning model adalah sebagai berikut:

  • Supervised Learning, dimana data input nya menggunakan data label dan outputnya akan berupa mapping data.

  • Unsupervised Learning, data input tidak memiliki label, dan outputnya akan berupa kelas-kelas data.

  • Reinforcement Learning, dimana proses training dan testing akan dikerjakan secara bersamaan.


3. Cara Memilih Model Terbaik

machine learning

Setiap kelompok Machine Learning yang sudah dibahas sebelumnya akan terbagi lagi menjadi beberapa algoritma, namun gimana sih caranya memilih model yang terbaik? Jawabannya adalah tentu saja tergantung pada kebutuhan dari bisnis. Namun selain itu, pemilihan model terbaik juga tergantung pada volume dataset, fitur yang digunakan, kompleksitas, dan lainnya.


Namun, dalam praktiknya, disarankan agar kita selalu memulai dengan model paling sederhana yang dapat diterapkan pada model tertentu. masalah dan kemudian secara bertahap meningkatkan kompleksitas & menguji akurasi dengan bantuan parameter tuning dan cross validation.


4. Apakah Model dan Algoritma Machine Learning Sama?

machine learning


Dalam beberapa kasus, kita kerap kali menemukan penggunaan istilah algoritma dan model Machine Learning yang digunakan secara bergantian. Hal ini mungkin akan memicu pertanyaan, sebenarnya algoritma yang ada pada Machine Learning sebenarnya sama gak sih dengan model Machine Learning? Ternyata kedua hal ini merupakan hal yang berbeda meskipun saling berkaitan.


Algoritma Machine Learning merupakan metode yang digunakan untuk menemukan pola dan untuk membuat model. Sementara model pada Machine Learning merupakan output dari prosedur yang telah dilakukan dimana nantinya akan digunakan untuk membuat prediksi.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Pemanfaatan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang bisa kita pungkiri. Adanya Machine Learning tidak hanya memberikan manfaat bagi para pemilik bisnis, namun juga bisa meringankan pekerjaan kita sebagai masyarakat biasa.


Agar tidak tertinggal dan bisa mengikuti perkembangan zaman, kita juga harus terus mengupgrade diri. Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning. Tenang, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari tempat belajar karena DQLab juga menyediakan modul yang membahas tentang Machine Learning, yaitu modul “Machine Learning with Python for Beginning”. 


Yuk, tunggu apa lagi? Sign up, dan belajar Machine Learning sekarang juga!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :