DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 19 Menit 50 Detik 

Machine Learning Python: Aplikasi Machine Learning di Dunia Market Analysis

Belajar Data Science di Rumah 31-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/62b47ec6cbd1ad637580ede0a09cb37d_x_Thumbnail800.jpeg

Machine learning saat ini sedang booming, khususnya di perusahaan besar dan perusahaan startup. Pada tahun 2020, total pendapatan karena machine learning mencapai 22,59 miliar dolar dan diprediksi akan terus meningkat hingga 126 miliar dolar pada tahun 2025 dengan pertumbuhan total tahunan sebesar 42,08%. Bisa dibayangkan besarnya peluang machine learning di masa mendatang didukung dengan meningkatnya teknologi yang signifikan. Machine learning dapat diaplikasikan di berbagai bidang industri, salah satunya adalah market analysis. Di dunia bisnis sendiri beberapa contoh penerapan machine learning adalah manajemen risiko, analisis kinerja, analisis distribusi, otomatisasi, dan lain sebagainya.

Machine learning tidak ada terlepas dari dunia industri, beberapa contoh lain pemanfaatan machine learning adalah telemedicine, mobil self-driving, image recognize, dan lain sebagainya. Dengan adanya machine learning, perusahaan dapat menghemat biaya penelitian yang relatif besar sehingga dana penelitian tersebut dapat dialokasikan untuk hal lain. Machine learning dapat membantu menemukan solusi yang lebih efektif dengan biaya terjangkau khususnya di dunia marketing, seperti segmentasi pelanggan, proyeksi pasar di masa mendatang, analisis trend, dan lain-lain. Apakah peran machine learning hanya sebatas itu? Oh, tentu tidak! Pada artikel kali ini DQLab akan menjabarkan apa saja peran machine learning di bidang market analysis. Penasaran? Let"s get started!

1. Marketing Automation

Di era teknologi, pemasaran tidak hanya dilakukan secara manual, seperti pembagian pamflet, brosur, dan sebagainya. Saat ini hampir semua aktivitas marketing bisa dilakukan secara otomatis, seperti menggunakan google ads, facebook ads, email, e-buletin, dan lain sebagainya. Bahkan saat ini sudah ada teknologi berbasis artificial intelligence yang bisa mengotomatiskan sebagian besar aktivitas marketing, salah satu contohnya adalah SALESmanago Copernicus. Alat ini akan menganalisis data transaksi dan perilaku konsumen sehingga dapat merekomendasikan produk pada pelanggan. Analisisnya tidak hanya mencakup perilaku pelanggan tertentu, tetapi juga menghubungkan perilaku satu pelanggan dengan pelanggan yang lain yang membeli produk yang sama. Algoritma yang digunakan dapat memprediksi produk apa yang mungkin diminati oleh pelanggan berdasarkan pembelian sebelumnya. SALESmanago Copernicus tidak hanya merecord dan menganalisis perilaku pelanggan saja, tetapi juga orang-orang anonim yang mengunjungi website.

Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula

2. Content Optimization

Content optimization merupakan salah satu bagian penting dari SEO yang berfokus pada peningkatan visibilitas user di penelusuran organik Google. Peran machine learning dalam SEO adalah algoritma machine learning dapat digunakan untuk memperkirakan jenis konten, pertanyaan, dan judul berita yang populer di kalangan audience atau target. Selain itu, algoritma machine learning juga bisa digunakan untuk menganalisis situs web pesaing dan menganalisis aktivitas marketing mereka. Dengan begitu, perusahaan akan lebih mudah untuk memahami strategi pesaing dan membandingkan strategi mereka dengan strategi perusahaan tersebut. Output pantauan saingan ini adalah perusahaan dapat menentukan iklan dan kampanye mana yang lebih efisien.

3. Pengembangan Produk dan Layanan

Algoritma machine learning dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan produk dan layanan baru yang lebih akurat untuk kebutuhan pasar. Algoritma machine learning akan melakukan ribuan survei ke seluruh dunia untuk mencari tahu produk atau layanan apa yang dibutuhkan oleh pasar. Selain itu, algoritma machine learning dapat bekerja lebih cepat dari pada surveyor manusia. Alhasil, perusahaan akan memperoleh lebih banyak data penting terkait pasar sehingga analisis yang dilakukan lebih akurat dengan keadaan pasar. Hasil analisis yang akurat ini akan membantu perusahaan untuk lebih mudah memasarkan produk maupun pelayanannya.

Baca juga : Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python

4. Mulai Belajar Python Bersama DQLab Yuk!

Sign up sekarang dan nikmati pengalaman belajar gratis bersama DQLab! Akses module Intorduction to Data Science with Python sekarang. Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi dibawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!