DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 15 Jam : 46 Menit : 49 Detik

Peran Machine Learning dalam Mengatasi Issue Pandemi Covid-19

Belajar Data Science di Rumah 19-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ee1a04f72934d2eb2ad5f54def38fe3a_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning (ML) adalah bagian dari Arificial Intelligence (AI) yang berperan dalam membantu tugas manusia untuk menyelesaikan masalah secara otomasi. Salah satu  cara yang terus diupayakan dalam melakukan perlawanan terhadap situasi pandemi ini adalah dengan pemanfaatan teknologi seperti machine learning untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

COVID-19 telah banyak menimbulkan kerugian untuk manusia. Oleh karenanya, banyak studi yang dicoba serta inovasi baru dalam menanggulangi virus corona ini. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa contoh penerapan AI dalam membantu peneliti menangani virus COVID-19 tersebut. Seperti apa program yang diaplikasikan? Berikut ini pembahasannya! 

1.    Menganalisa Data dan Peramalan Persebaran Wadah

Kamran Khan seorang dokter asal Toronto Ahli Epidemiologi, berhasil membangun aplikasi bernama BlueDot. BlueDot merupakan aplikasi berbasis AI yang dirancang untuk melacak, menemukan, membuat konsep penyebaran penyakit serta menyediakan layanan untuk memberi peringatan ancaman penyebaran wabah beberapa hari sebelum pusat pengendalian pencegahan penyakit atau organisasi kesehatan dunia mengeluarkan peringatan publik mereka. Khan mendirikan perangkat ini karena terinspirasi dari kasus pandemik SARS pada tahun 2003 silam.

Baca juga: Apa itu Machine Learning? Kenali Perbedaan Machine Learning dan Deep Learning

2. Konsultasi Kesehatan dengan Online Chat Bot

Munculnya layanan kesehatan berbasis online berguna dalam membantu masyarakat dalam melaksanakan pengecekan dini juga bantuan layanan medis dari rumah sakit. Layanan kesehatan online ini salah satunya adalah online assessment. Pengguna layanan ini akan diajukan beberapa pertanyaan mengenai riwayat kesehatan yang nantinya membantu pengguna ketika konsultasi langsung dengan dokter mengenai gejala yang dideritanya.

 

3.   Mengidentifikasi Orang yang Terinfeksi

Di Korea Selatan AI dimanfaatkan dalam pengujian Coronavirus drive-thru, dimana seorang tanpa harus turun dari kendaraannya bisa diuji dan diambil sampelnya serta memperoleh hasil pengujian hanya dalam beberapa menit. Bila ditemui hasil terinfeksi, mereka akan diisolasi serta dibawa ke bagian perawatan khusus. Banyaknya lab drive-thru sejenis yang sedang beroperasi, berjalan dengan fasilitas 5G yang disediakan oleh beberapa operator seluler. Bagian analisis data AI ini akan menginformasikan kepada pemerintah mengenai kemungkinan-kemungkinan kluster virus ataupun zona yang beresiko besar, sehingga memungkinan layanan medis dengan cepat dan serta memobilisasi inisiatif di zona tersebut.

Baca juga: Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python


4. Tingkatkan Ilmu Datamu dengan Belajar bersama DQLab Sekarang!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!