[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 44 Menit 2 Detik 

Mahasiswa DKV, Intip Pentingnya Belajar Data untuk Visualisasi Data

Belajar Data Science di Rumah 15-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d279802dcfc15d3705611066edb7f4cd_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan kumpulan informasi yang menggambarkan suatu kejadian. Data dinilai sangat berharga jika diolah dengan benar. Dalam proses pengolahan data yang benar diperlukan adanya metode visualisasi data. Dimana data disajikan dalam bentuk gambar dan gratfik tertentu, untuk mempermudah seseorang memahaminya. Visualisasi data berperan penting dalam memberikan sebuah insight menarik bagi perusahaan. Sebagai praktisi data, kamu harus tau cara memvisualisasikan data yang sederhana dan efektif. Tidak hanya praktisi data, mahasiswa NON IT juga perlu mempelajari visualisasi data. Terutama untuk jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Jurusan ini mempelajari ilmu tentang penyampaian pesan dengan menggunakan unsur visual, seperti bentuk, warna, tekstur, ruang, dan huruf. Dengan begitu pesan dapat tersampaikan secara informatif, komunikatif, dan efektif. 


Sebagai seorang mahasiswa DKV kamu akan dibekali kemampuan membuat visual branding untuk mempublikasikan proyek melalui karya visual. Tujuannya, agar pesan suatu karya dapat dicerna dengan baik oleh audiens. Dapat diartikan bahwa visualisasi data berperan besar untuk mahasiswa DKV, yuk simak pentingnya mahasiswa DKV belajar data untuk menghasilkan visualisasi data yang menarik!


1. Alasan Mahasiswa NON IT Perlu Belajar Data Science

Perkembangan teknologi menjadi pendorong utama yang membuat profesi terus berubah. Namun, pemanfaatan data akan selalu ada di aspek kehidupan. Dengan belajar data science kamu akan siap menghadapi tren teknologi masa depan. Dengan data science kamu akan terlatih dalam, problem solving, menganalisis data, dan visualisasi data. Sebagai mahasiswa NON IT, khususnya DKV visualisasi data penting dalam mempromosikan karyamu. Kamu akan lebih leluasa menyampaikan hasil data mu kepada audience yang awam terhadap data. Dengan data science, kamu bisa belajar penyampaian data yang menarik dan mudah dipahami pembaca. 


Baca juga : Manfaat Visualisasi Data untuk Perkembangan Bisnis di Era Industri 4.0 


2. Ekspresikan Datamu dengan Visualisasi Data

Pada jurusan DKV kamu akan mempelajari gabungan komunikasi dengan unsur estetika. Karya yang kamu sampaikan harus dibuat sekreatif mungkin dengan makna tertentu agar karyamu lebih mudah diingat dan dipahami audiens. Dengan visual data kamu dapat mengkomunikasikan datamu secara sederhana dan variatif agar memudahkan pembaca dalam mengidentifikasi hal unik dari data tersebut. Selain itu, dengan mengekspresikan datamu dengan visualisasi data, kamu dapat memberikan informasi untuk peningkatan nilai produk maupun jasa. Hal itu dapat membantu kamu visual branding, khusus mahasiswa DKV. 


3. Visualisasi data untuk Story Telling

Bagi mahasiswa DKV sebuah karya harus memiliki story telling di dalamnya. Visualisasi data berhubungan dengan cara kamu dalam menyampaikan sebuah cerita kepada audiens. Jika karyamu sudah divisualkan namun tidak dibarengi penyampaian yang baik, maka orang tidak akan memahaminya. Oleh karena itu, visualisasi dan story telling penting untuk menyampaikan karya yang mudah dipahami. Hal itu, dapat menciptakan komunikasi yang efektif antara kamu dan audiens.


Baca juga : Belajar Data Scientist: Asah Kemampuan Komunikasi Data Kamu dengan Teknik Data Storytelling 


4. Yuk Hasilkan Insight dengan Visualisasi Data yang Menarik!

Visualisasi data erat kaitannya dengan unsur estetika, seperti pemilihan warna, tipografi, dan tata letak yang perlu dipertimbangkan. Aspek tersebut juga dipelajari mahasiswa Desain Komunikasi Visual untuk membangun karyanya. Yuk pelajari visualisasi data dengan belajar data science untuk menghasilkan insight untuk karyamu. Mulai belajar data science dengan signup disini DQLab. Selamat mencoba!


Penulis : Lathifa Lisa

Editor : Annissa Widya

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!