Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Mahasiswa, Ini 4 Tips Belajar SQL Tanpa Background IT Versi DQLab

Belajar Data Science di Rumah 03-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8eedee3086b1bbd6b7c25bcda4bcdfc9_x_Thumbnail800.png

Structured Query Language. SQL digunakan untuk berkomunikasi dengan database. SQL menjadi salah satu skill yang diperlukan oleh berbagai profesi di industri data seperti Data Analyst, Data Scientist, Database Administrator, Data Engineer dan sebagainya. Skill satu ini memiliki beragam fungsi yang bisa membantu pekerjaan praktisi data. Beberapa sistem manajemen basis data relasional umum yang menggunakan SQL adalah Oracle, Sybase, Microsoft SQL Server, Access, Ingres dan sebagainya. 


Bagi sahabat data yang tidak memiliki background IT, tidak perlu khawatir dan takut untuk mempelajari skill satu ini. Kali ini, DQLab akan memberikan 4 tips yang bisa kamu gunakan untuk belajar SQL. Penasaran? Yuk, langsung simak aja penjelasan dibawah ini!


1. Pahami Manfaat dan Penggunaan SQL

Structure Query Language merupakan bahasa kueri database yang membantu para praktisi data untuk mengekstrak data,melakukan operasi analisis serta pengambilan informasi tertentu dari database. Keterampilan ini membantu untuk memastikan informasi dengan mudah ditarik atas permintaan serta dianalisis dengan benar. SQL juga sangat berguna untuk membantu dalam mengelola kumpulan data dengan volume yang besar. Saat ini, ada berbagai bahasa kueri yang dapat digunakan, meski begitu, mayoritas database tetap menggunakan dasar dari SQL. MySQL, Microsoft SQL, PostgreSQL menjadi contoh jenis database yang masih menggunakan dasar SQL. 


Umumnya, SQL akan digunakan dalam pengolahan data dengan basis relasional. Terdapat perintah, yaitu kueri yang berbentuk syntax sederhana sebagai instruksi untuk SQL dalam melakukan manipulasi data. Ada beberapa perintah dasar SQL yang harus diketahui pemula dalam mempelajari SQL, yaitu Data Definition Language (DDL), Data ManipulatIon Language (DML) dan Data Control Language (DCL).


Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. Ikut Kursus, bootcamp atau Pelatihan SQL

Tips belajar SQL yang kedua bagi sahabat data yang tidak memiliki background IT adalah mengikuti kursus, bootcamp maupun pelatihan tentang SQL. Cara ini akan sangat membantu sahabat data karena sumber pembelajaran menjadi lebih valid dan terpercaya. Salah satu kursus yang bisa sahabat data ikuti adalah online course DQLab. Selain bisa belajar mengenai SQL, sahabat data bisa mendapatkan mentor yang membimbing, modul interaktif, real case industry dan tentunya belajar secara online. Dengan begitu, belajar SQL dapat dilakukan secara lebih praktis, fun dan aplikatif.


3. Pahami Perbedaan Sistem Database

Memahami perbedaan beragam sistem database menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan untuk belajar SQL. Sistem database memiliki variasi dengan fungsi dan penggunaan yang berbeda-beda. Contoh-contoh sistem database tersebut adalah operational database, analytical database, data warehouse, relational database dan sebagainya. Relational database merupakan tipe database yang paling populer dan sering digunakan. Salah satu produk yang biasa digunakan pada sistem database tersebut adalah SQL. Selain itu, database tersebut juga sering menggunakan Oracle, MySQL, IBM DB2, dan SQLite.


Bagi sahabat data yang belajar SQL tanpa background IT, pastikan untuk memahami perbedaan sistem database tersebut ya!


4. Bangun Koneksi Dengan Sesama Pelajar SQL

Tidak bisa dipungkiri bahwa networking adalah hal yang penting untuk memulai belajar serta memulai karir di bidang data. Dengan memperbanyak networking, kamu bisa melakukan banyak hal seperti pertukaran ide, skill dan pengetahuan dengan sesama pelajar SQL. Pertukaran ide dilakukan agar kamu mengetahui tren bahasa pemrograman, tanggapan mereka mengenai tren tersebut, bahkan saling membantu dalam meningkatkan skill. Tidak jarang dari sesama pelajar SQL akan memberikan studi kasus yang pernah dikerjakannya untukmu dengan tujuan pemahaman yang lebih baik terkait SQL. Koneksi tersebut tentu kamu harus dimulai dengan keseriusan serta semangat belajarmu untuk mempelajari SQL.


Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Rakit Karir Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!

Memulai karir untuk menjadi Data Scientist profesional tentu memerlukan berbagai skill dan kompetensi khususnya penerapan ilmu Data Science dalam pekerjaan tersebut.


Sekarang, gaperlu takut atau bingung untuk memulai karirmu menjadi Data Scientist yang profesional. Yuk mulai belajar Data Science secara fun dan praktis bersama DQLab. Caranya gampang, mulai sign up di DQLab.id sekarang dan nikmati pengalaman belajar yang seru dan aplikatif!


Selamat memulai karirmu menjadi Data Scientist Profesional Sahabat Data DQLab!

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :