SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 2 Jam 41 Menit 0 Detik

Mahir jadi Data Engineer, Kenali 4 Job Description

Belajar Data Science di Rumah 24-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-04-1-2023-08-24-214901_x_Thumbnail800.jpg

Bukan hal rahasia bahwa data adalah salah satu komoditas utama yang menjanjikan di era saat ini. Karena dengan data ini perusahaan akan terbantu untuk menghindari ancaman bisnis, mengetahui peluang bisnis, membantu perusahaan untuk mengambil keputusan strategis, memprediksi tren yang akan datang, sampai dengan membantu perusahaan untuk memasuki pasar baru. Data ini terus berkembang dan menghasilkan data yang besar atau big data. Dengan munculnya big data ini membuat terbukanya peluang pekerjaan yang baru seperti data scientist, data analyst, dan juga data engineer, 


Data engineer adalah salah satu profesi di bidang data yang memiliki prospek karir yang menjanjikan. Data engineer memiliki tanggung jawab untuk merancang, memelihara, dan juga mengoptimalkan infrastruktur data untuk pengumpulan, pengelolaan, transformasi, dan juga akses datanya. Selain itu data engineer memiliki job description sendiri apa sajakah itu? Mari kita simak artikel di bawah ini!


1. Data Cleaning

Tugas yang pertama dari data engineer adalah membersihkan data. Karena terkadang dalam data mentah masih terdapat anomali data, tipe data yang tidak sesuai, data null, dan lain sebagainya yang dapat mengganggu dalam proses analisis data. Maka dari itu, setelah data sudah terkumpulkan dan dirapikan, tugas dari data engineer ini adalah membersihkan data yang masih mentah atau biasa disebut dengan raw data menjadi data yang lebih rapi dan siap untuk digunakan oleh data scientist dan juga data analyst.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Menyiapkan Tools

Tugas data engineer yang satu ini biasanya dilakukan dalam beberapa kondisi tertentu, karena biasanya data yang bisa diambil bisa langsung dari storage. Tetapi, ada beberapa kondisi yang membuat pihak lain memerlukan data ini sebagai business intelligence sebagai analisis yang menyediakan tools untuk melihat data, menyusun laporan data, dan juga memperlihatkan hasil data secara visual.


3. Mengembangkan Data Warehouse

Tugas data engineer selanjutnya yaitu mengembangkan data warehouse. Seorang data engineer memiliki tugas untuk mengembangkan data warehouse ini dengan mengelola sekumpulan data dengan menggunakan bantuan tools dan juga software seperti AB Initio Software, Pentaho, dan lain sebagainya yang bisa memudahkan akses menuju informasi dan juga membantu mempercepat query-response times.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Mengelola Metadata

Data engineer memiliki tugas lainnya yaitu mengelola metadata. Data engineer akan mengumpulkan berbagai macam data yang terstruktur dan tidak terstruktur dalam database yang berisikan laporan eksplorasi dari data yang biasa disebut dengan metadata. Nantinya data engineer akan melakukan pengelolaan terhadap data yang sudah dikumpulkan untuk pengelolaan data yang sudah disimpan dan juga disusun melalui sistem manajemen dengan berbasis data.


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login