PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 40 Menit 40 Detik 

Majukan Bisnis Lewat Pelatihan Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 23-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2c74f21a7b081c53122afafdfd1cc707_x_Thumbnail800.jpg

Tidak dipungkiri bahwa perkembangan data yang tidak berhenti dari tahun ke tahun membutuhkan makin banyak Data Analyst yang kompeten. Umumnya, pemanfaatan data untuk perusahaan atau lembaga untuk mengambil keputusan penting bagi pengembangan bisnis. Bahkan, ada juga lembaga pemerintahan menggunakannya sebagai modal membuat kebijakan. 


Setiap profesi pasti memerlukan keterampilan-keterampilan tertentu sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang akan diemban, tak terkecuali seorang Data Analyst. Dengan mengikuti pelatihan Data Analyst kamu dapat meningkatkan sekaligus mengasah skill kamu, baik dari segi hard skill maupun soft skill.


Tidak ada ruginya jika seseorang mengikuti pelatihan Data Analyst. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Data Analyst merupakan profesi yang menjanjikan dan sangat dibutuhkan namun belum banyak peminatnya, sehingga kita semua memiliki peluang yang besar untuk bergabung dalam profesi tersebut.


Kira-kira manfaat apa saja yang didapatkan jika mengikuti pelatihan Data Analyst?


1. Mempermudah Perhitungan Statistik 

Keuntungan dari pelatihan Data Analyst yang utama adalah membantu para karyawan dalam pekerjaan menghitung ataupun menganalisa data-data tersebut akan semakin mudah berkat adanya Data Analyst. 


Data Analyst


Microsoft Excel memiliki satu tools statistik yang bernama Analysis ToolPak. Tools ini merupakan satu set perangkat Data Analysis yang tersedia pada bagian Data di Ms Excel.


Analysis ToolPak berfungsi untuk menghitung secara statistik dan menampilkan hasilnya dalam sebuah tabel ataupun chart. Kita hanya tinggal perlu menyediakan data dan parameter untuk setiap analisis yang ingin kita gunakan.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Menjadikan Waktu Perhitungan Semakin Efisien 

Manfaat Data Science dalam dunia bisnis yaitu untuk memberikan efisiensi dalam sistem dan proses produksi. Dengan menggunakan beberapa tipe analisis, stakeholder keputusan bisnis dapat melihat tren data yang ada, sehingga dapat menciptakan sebuah proses yang lebih efisien dan terstruktur.


Pelatihan Data Analyst mampu menjadikan waktu untuk menganalisa data-data, terutama yang berkaitan dengan data statistika lebih efisien. Sehingga bisa meningkatkan kinerja dan membuat karyawan tidak berkutat hanya pada satu pekerjaan tetapi lebih banyak lagi. Selain itu, pelatihan Data Analyst dapat memberikan dampak efisiensi terhadap kinerja perusahaan seperti efisiensi waktu, biaya maupun sumber daya.


Hal ini akan meningkatkan penjualan, dengan menggunakan strategi terbaik untuk up-sell dan cross-sell, meningkatkan loyalitas konsumen, hingga mengoptimalkan konversi dari setiap kanal promosi.


3. Memberikan Solusi untuk Kepentingan Bisnis 

Setiap perusahaan dalam dunia bisnis umumnya memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan profit atau keuntungan yang maksimal. Hal itu bisa didapatkan salah satunya adalah dengan meningkatkan penjualan. Lalu bagaimanakah penjualan dapat ditingkatkan? Nah, hal ini perlu dilakukan dengan menerapkan strategi bisnis berdasarkan Data Science.


Data Analyst

(source: questionpro.com)

Pelatihan Data Analyst akan membantu perusahaan memiliki solusi-solusi yang didapatkan berasal dari hasil perhitungan data statistik yang telah dianalisa sebelumnya. Sehingga perusahaan akan lebih mudah dalam mengambil keputusan-keputusan yang dapat digunakan untuk menunjang kepentingan perusahaan tersebut.


4. Hasil Perhitungan yang Akurat dan Reliabel

Dalam dunia bisnis, kita akan menemukan jumlah data yang tak terhingga yang dihasilkan setiap harinya. Dengan mengikutsertakan karyawan dalam pelatihan Data Analyst maka akan menguntungkan perusahaan. Sebab, adanya data statistics dapat mengurangi risiko kesalahan dalam proses analisis data statistika. 


Jika kita dapat memanfaatkan data dengan baik dan benar, maka perusahaan dapat menciptakan produk/layanan yang sesuai dengan tren dan kebutuhan pelanggan. Akan tetapi, mengolah data juga bukanlah pekerjaan yang sederhana. Dibutuhkan kemampuan analisis dan solusi yang tepat untuk membantu perusahaan mengatasi tantangan selama proses pengolahan data.


Pelatihan Data Analyst dapat membantu praktisi data menentukan seberapa akurat hasil analisa yang akan dihasilkan nantinya. Hasil analisis yang akurat akan lebih berdampak pada kebijakan mengenai pemasaran serta promosi produk suatu perusahaan. Dengan akuratnya kebijakan yang dihasilkan maka akan berdampak pada keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan.


5. Dapat Membantu Riset Pasar dari Sebuah Bisnis

Bidang riset pasar atau lebih dikenal dengan Market Research tak akan lepas dari data. Data Analyst di bidang ini dikenal dengan Market Research Analyst. Market Research Analyst mengumpulkan dan mengevaluasi data konsumen dan kompetitor.


Market Research Analyst menganalisis keadaan pasar untuk menilai penjualan produk atau layanan di masa depan. Profesi ini membantu bisnis dalam menentukan barang apa yang diinginkan pelanggan, siapa yang akan membelinya, dan berapa harganya.


Riset pasar sangat penting untuk menjalankan bisnis. Agar proses riset pasar menjadi lebih mudah maka perusahaan harus mulai menerapkan teknologi yang tepat. Inilah alasan kini banyak perusahaan menerapkan Data Analyst untuk memudahkan proses riset pasarnya.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Pelatihan Data Analyst merupakan salah satu jembatan yang dapat dilakukan bagi para peminat di bidang data. DQLab merupakan salah satu platform belajar Data Science yang sudah terkenal dan memiliki berbagai modul yang bahasanya mudah dimengerti.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja Sign Up di DQLab.id dan nikmati belajar Data Science DQLab.


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :