DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 16 Jam : 23 Menit : 43 Detik

Manfaat Big Data dalam Pembangunan Smart City

Belajar Data Science di Rumah 24-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f6efa3bb17ac1e7c93f45db4b927192c_x_Thumbnail800.jpg

Manfaat Big Data dalam kehidupan sehari-hari semakin jelas dirasakan, salah satunya adalah dalam proses pembangunan smart city. Di Indonesia sendiri, smart city mulai diterapkan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Tangerang, Bogor, Bekasi, dan Binjai. Jadi sebenarnya apa sih smart city itu? Smart city sendiri merupakan pengembangan kota yang berbasis teknologi informasi. Dengan lahirnya smart city ini, pemerintah akan lebih mudah dalam memantau keadaan wilayahnya sehingga dapat lebih tanggap untuk mengatasi komplain masyarakat.

Lalu apa hubungannya dengan big data? Nah, untuk menjadi smart city, sebuah kota paling tidak harus memiliki 8 karakteristik tertentu yang kemudian akan digabungkan dengan teknologi informasi dan komunikasi pintar. Jadi apa sudah mulai terbayangkan korelasi nya? Ya, benar sekali teman-teman, ketika kita melibatkan teknologi informasi dan komunikasi pintar, tentunya data yang dihasilkan akan menjadi sangatlah besar. 

Sehingga kita juga mulai membutuhkan teknologi yang mampu menganalisis, mengintegrasi, sekaligus bekerja secara real time demi mendukung kinerja sebuah kota cerdas. Dan teknologi ini ada di dalam big data. Dalam artikel ini akan dijelaskan manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh big data untuk mendukung smart city. Penasaran kan? Yuk, baca sampai selesai!

1. Pengambilan Keputusan yang Cepat dan Tepat

Proses pengambilan keputusan yang tepat dan cepat tentunya akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Big data analytics akan mengolah data dari keadaan sekitar wilayah yang memiliki volume sangat besar tersebut agar didapatkan kesimpulan yang tepat. Tentunya hasil analisa big data akan menjadi dasar bagi pemerintah untuk mengambil keputusan dan menentukan langkah-langkah strategis yang dapat dikerjakan. 

Misalkan pemerintah dapat mengetahui daerah mana yang akan berpotensi banjir dalam 10 jam ke depan dari big data tersebut, kemudian pemerintah akan dapat menentukan kebijakan apa yang harus dilakukan agar mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh banjir.

Baca Juga : Big Data : Yuk, Ekspansi Bisnismu dengan Memanfaatkan Peran Big Data

2. Manajemen yang Lebih Baik

Lahirnya smart city tentunya dapat membuat manajemen dari sebuah kota dapat menjadi lebih baik. Konsep smart city menawarkan kemudahan dalam berbagai aspek, seperti pendidikan, kesehatan, pemerintahan, tata kota, transportasi, dll. Dengan adanya big data, birokrasi tidak lagi menjadi sesuatu yang berbelit-belit. Bahkan big data dapat memandu kendaraan untuk mendapatkan tempat parkir yang kosong sehingga tidak perlu lagi berkeliling demi menemukan tempat parkir.

3. Lingkungan Menjadi Bersih Dan Pemanfaatan Energi Dapat Efisien

Smart city ini mengusung konsep kota yang selalu sejuk dan bersih.Sehingga tidak hanya memberikan kemudahan bagi masyarakat, namun juga memperhatikan bagaimana agar lingkungan kota tetap layak huni. Teknologi Big data dapat memungkinkan pengelola kota untuk mengetahui jumlah sampah yang dibuang setiap harinya oleh masing-masing orang, dan membuat pengelolaan sampah menjadi lebih ramah lingkungan. Tentunya hal ini bertujuan untuk mengurangi gas emisi dan polusi.

4. Tertarik? Yuk, Belajar Data Science Gratis sekarang!!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab.

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!