[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 49 Menit 40 Detik 

Manfaat dan Fungsi Microsoft Excel Sebagai Tools Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 26-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/93b5fb62c008cc9b6349b27a10e2f9f6_x_Thumbnail800.png

Semua perusahaan perlu berevolusi dan mendorong maju untuk tetap kompetitif di dunia saat ini. Salah satu cara untuk meningkatkan profitabilitas adalah dengan mengimplementasikan program development sehingga karyawan dapat terus tetap mengikuti teknologi terbaru dan bekerja seefisien mungkin. Selain itu, para pebisnis juga harus bisa memanfaatkan derasnya arus data saat ini. Caranya dengan mengolah dan menganalisis data-data tersebut agar dapat memiliki nilai guna untuk memajukan bisnis dan perusahaan. Salah satu tools untuk menganalisis data yang powerful dan user friendly serta sangat cocok digunakan untuk pemula adalah microsoft excel. Manfaat dan fungsi microsoft excel sangat membantu dalam proses pengolahan data dan analisis data, meskipun kamu belum pernah ngoding sekalipun.


Selain interface excel yang user friendly tetapi juga format file excel kompatibel di berbagai program lain. Hal ini tentu membuat excel masih menjadi andalan untuk semua atau berbagai profesi dan kegiatan akademisi. Dan yang terpenting adalah excel memiliki rumus yang sangat lengkap untuk mempermudah pekerjaan kita. Kira-kira manfaat dan fungsi microsoft apalagi yang dapat memudahkan kamu untuk proses analisis data? Jangan khawatir karena artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut. Yuk, langsung saja kita simak!


1. Cepat dan Mudah untuk Transform dan Cleaning Data

Jika kamu adalah salah satu dari orang-orang yang profesinya selalu bersinggungan dengan data banyak atau kamu tau orang yang berprofesi sebagai praktisi data, pasti ada banyak situasi dimana kamu perlu berurusan dengan data yang berantakan, yang mengandung missing value, punctuation, dll sebagainya. Tentunya, sebelum kamu menggunakan data tersebut kamu akan melakukan cleaning data dan transform data. Biasanya untuk melakukan cleaning dan transform data akan memakan waktu yang cukup lama dan cenderung membosankan. Buat kamu yang kebetulan bukan berasal dari background STEM terutama IT dan belum familiar dengan codingan mungkin akan takut duluan. Tapi, jangan takut, jangan khawatir karena microsoft memiliki produk yang bisa melakukan cleaning data dan transforming dengan baik. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fitur Analysis ToolPak

Selain itu, microsoft excel juga memiliki manfaat dan fungsi yang baik untuk statistik karena memiliki fitur analysis toolpak. Adapun fungsi-fungsi yang disediakan pada tools Analysis ToolPak antara lain: Anova: penggunaan fungsi ini bergantung pada jumlah faktor dan sampel yang anda miliki berdasarkan populasi yang ingin anda uji, lalu ada Correlation dan Covariance :kedua tools ini dapat digunakan untuk melihat hubungan antar variabel, Descriptive Statistic: untuk melihat tendensi sentral dan variabilitas data anda, Exponential Smoothing, F-Test Two Sample of Variances, Fourier Analysis, Histogram, Moving Average, Random Number Generation, Rank and Percentile, Regression, Sampling, t-Test, dan z-Test.


3. Produktif dan Efisien untuk Mengorganisir Data

Dengan microsoft excel dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas penggunanya. Semakin efisien pekerjaan kamu, tugas-tugas yang lebih cepat, dan proyek akan cepat selesai, sehingga memungkinkan kamu untuk menyediakan layanan yang lebih baik dan lebih bisa bersaing di lini bisnis. Excel adalah salah satu tools vital untuk mempercepat produktivitas dan memungkinkan pekerjaan lebih efisien ketika berhadapan dengan sejumlah besar data dan perhitungan. Ketika kamu memahami excel pada tingkat yang lebih atau advanced, kamu akan memiliki kemudahan untuk menyelesaikan tugas dan menganalisis data kamu yang lebih cepat juga. 


4. Mudah untuk Melakukan Visualisasi Data

Microsoft Excel kita bisa dengan cepat membuat berbagai visualisasi data, dari tabel dan matriks ke line chart, pie chart, bar chart, radar, maps dan masih banyak lagi. Untuk setiap visualisasi yang ingin kita buat, kita memulai pada lembar Power View dengan membuat tabel, yang kemudian kita dengan mudah mengonversi ke visualisasi lain, untuk menemukan yang terbaik mengilustrasikan data kita. Salah satu contoh kita dapat memvisualisasikan dengan peta di Power View menggunakan petak peta Bing, jadi kita dapat memperbesar, memperkecil dan menggerakkan seperti pada peta Bing lainnya. Menambahkan lokasi dan bidang meletakkan titik pada peta. 


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Kepoin Modul Belajar Excel Lengkap dari Nol Hingga Advanced di DQLab

Untuk berkarir sebagai data scientist salah satu teknikal skill yang perlu dikuasai adalah excel. Jika, kebetulan kamu pemula yang ingin belajar seputar data analyst dan data scientist dengan memulainya dari materi excel. Tetapi, tidak punya waktu untuk pergi ke lembaga kursus dan memilih untuk belajar otodidak, dan malah overdosis informasi? Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita







Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!