PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 18 Jam 56 Menit 10 Detik

Manfaat dan Pentingnya Data Science di Masa Kini

Belajar Data Science di Rumah 29-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-05-2024-01-29-161333_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, tahukah kalian bahwa data science merupakan suatu bidang ilmu yang banyak dibutuhkan pada masa kini? Data science merupakan suatu bidang ilmu yang terdiri dari berbagai dasar ilmu seperti matematika, statistika, sistem informasi, bahasa pemrograman, dan masih banyak lainnya. Saat ini data science bukanlah sesuatu yang asing dan sudah diketahui oleh banyak orang. Pada artikel kali ini kita akan mengenal ragam manfaat data science, mengapa data science penting.


Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini sedang berada di era perkembangan teknologi yang semakin canggih. Hal ini tentunya perlu diseimbangkan dengan update ilmu yang sesuai. Data science merupakan salah satu hal yang perlu dipelajari. Penerapan data science saat ini juga telah banyak dijumpai. Hal ini tentunya menunjukkan seberapa penting data science dan manfaatnya yang banyak.


Lalu apa saja manfaat data science? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Memudahkan Proses Analisis

Analisis data adalah suatu proses pengubahan data yang awalnya berupa data mentah kemudian diolah atau dianalisis dengan metode atau teknik tertentu sehingga menghasilkan suatu kesimpulan. Hasil analisis data ini nantinya akan bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membuat keputusan. Dengan adanya Kombinasi berbagai ilmu dalam data science masing-masing memiliki peranan penting di dalamnya data science yang bisa digunakan untuk memudahkan proses analisis big data.

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Memaksimalkan Pemasaran Produk

Setiap perusahaan atau bisnis tertentu tentu memiliki visi misi serta tujuan yang jelas. Perusahaan tentu memiliki strategi atau cara tertentu untuk meningkatkan profit maupun performa perusahaan. Sebagai contoh pada perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasaran produk akan berusaha untuk memaksimalkan pemasaran produk sehingga keuntungan yang diperoleh semakin banyak. Hal ini bisa direalisasikan dengan penerapan ilmu data science.

Data Science


3. Mengurangi Resiko Penipuan

Pada era kecanggihan teknologi dimana mayoritas aktivitas maupun transaksi dapat dilakukan dengan cara digital memiliki dampak positif dan negatif. Sama halnya dengan transaksi offline, transaksi berbasis digital juga tidak menutup kemungkinan terjadinya penipuan maupun kejahatan cyber lainnya.


Hal ini bisa diproteksi dengan membuat sistem keamanan yang berdasar dengan data science. Dengan membuat sistem kemana  yang baik tentu akan mengurangi i resiko penipuan maupun jenis cyber crime lainnya.

Data Science


4. Profesi Menjanjikan

Seperti yang telah diketahui bahwa data science memiliki banyak manfaat dan penting dalam era perkembangan teknologi seperti sekarang. Profesi yang berkaitan dengan data science juga termasuk ke dalam profesi yang menjanjikan dan banyak dicari oleh para generasi milenial.


Hal ini dikarenakan beberapa alasan seperti pentingnya data science, diperlukannya orang yang ahli dalam data science, gaji dan jenjang karir yang menjanjikan.

Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data science merupakan suatu bidang ilmu yang banyak diperlukan dan perannya penting dalam berbagai keperluan. Kamu bisa belajar dasar-dasar data science di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login