Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Manfaat Data Science & Mengapa Skill Ini Penting

Belajar Data Science di Rumah 14-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b159612d-ae22-4bef-9c89-2cb20663c60f-2023-06-15-030003_x_Thumbnail800.jpeg

Data science adalah ilmu yang bergerak dalam bidang data, data science ini juga tidak berdiri sendirinya tetapi memiliki gabungan dari beberapa bidang ilmu lainnya seperti matematika, statistik, dan komputer. Dengan adanya gabungan dari bidang ilmu lainnya tersebut bertujuan untuk membuat proses pengolahan big data menjadi lebih cepat dan akuratnya. Ilmu komputer disini adalah bahasa pemrograman yang diterapkan pada saat mengerjakan project data science.


Beberapa bahasa pemrograman tersebut adalah Python, R, dan juga SQL. Bahasa-bahasa tersebut membantu praktisi data dalam proses data science seperti mengumpulkan data, analisis data, cleaning data, manipulasi data, sampai dengan visualisasi data. Dalam banyak bidang data merupakan salah satu komponen yang sangat penting terlebih lagi dalam bidang bisnis. Karena data milik perusahaan dapat memperoleh informasi di balik data tersebut seperti meningkatkan strategi marketing, mengetahui perilaku konsumen, dan lain sebagainya. Maka dari itu banyak sekali perusahaan yang sudah menerapkan data science ini untuk meningkatkan performa dari bisnis milik mereka. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas pentingnya data science dan juga manfaat data science ini. Mari kita simak pembahasannya!


1. Menemukan Strategi Bisnis

Dengan kalian memiliki ilmu data science itu akan sangat berguna untuk kalian menentukan strategi bisnis baru. Memiliki keahlian mengolah data dengan menggunakan ilmu data science, kalian akan bisa melihat karakteristik data tersebut dan melihat kecenderungannya. Ketika kalian sudah menemukan model dan kecenderungan tersebut maka akan lebih mudah untuk menentukan strategi bisnis seperti apa yang cocok dengan bisnis perusahaan ataupun dengan bisnis kalian sendiri.

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Memiliki Kesempatan Berkarir yang Cukup Luas

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali perusahaan yang mencari kandidat dengan memiliki kemampuan manajemen data yang baik. Dengan banyaknya permintaan akan calon karyawan dengan skill tersebut, membuat peluang lowongan kerja pada bidang tersebut menjadi lebih besar. Dan pada saat ini data science masih sedikit lulusannya yang berasal dari Universitas. Selain itu, ada banyak sekali jenis perusahaan yang membutuhkan keahlian ini. Seperti perusahaan produksi baju dan juga IT, semuanya membutuhkan pengelolaan data yang baik apalagi jika perusahaan-perusahaan tersebut sudah bergerak di ranah global.

Data Science


3. Menghadapi Trend Masa Depan

Dengan berkembangnya teknologi digital yang sangat pesat membuat data menjadi salah satu hal paling penting. Ilmu data science inilah yang menjadi salah satu solusi untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi ini agar bisa mengolah data secara cepat dan juga akurat. Dalam bidang industri, penerapan data science ini sudah memberikan banyak sekali manfaat salah satunya adalah menghadapi trend yang akan muncul di masa depan. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut kita bisa menerapkan metode data mining. Data mining sendiri adalah sebuah proses pengumpulan informasi-informasi yang berasal dari database dengan menggunakan metode Ai, matematika, statistika, dan ilmu lainnya.

Data Science

Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Prospek Karir Masa Depan

Di bidang data science ini kalian akan belajar tentang bagaimana mengelola data dalam jumlah yang cukup besar untuk bisa melihat pola yang tersembunyi di dalamnya. Dengan kalian mengetahui pola tersebut kalian akan jadi tahu bahwa kecenderungan dari pasar dalam membeli ataupun menyikapi sesuatu dimana ini bisa menjadi sebuah dasar untuk bisa mengantisipasi atau melakukan di masa depan. Dengan memiliki kemampuan seperti itu kalian akan membuat prospek karir di masa depan menjadi lebih luas dan menjanjikan. Kalian bisa mengikuti bootcamp, kursus, ataupun kalian bisa masuk universitas yang menyediakan jurusan berkaitan dengan data seperti IT ataupun statistika.

Data Science

Gimana sahabat DQ? Kamu bisa belajar lebih lanjut terkait data science dan rangkaian skillset untuk menjadi praktisi data. DQLab merupakan salah satu situs belajar online yang tepat kamu pilih terutama jika kamu adalah seorang pemula atau profesional yang ingin beralih profesi sebagai praktisi data. Karena pembelajaran DQLab berfokus dengan pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti python dan R.


Selain itu juga merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasikan fitur ChatGPT. DQLab juga menerapkan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome Based yang dirancang ramah untuk pemula. Sehingga membuat kamu terlatih berdasarkan trial and error. Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login